Brilio.net - Mencukur bulu kaki tampaknya tak hanya dilakukan oleh para wanita, namun tidak sedikit pula para pria yang mencukur bulu kaki mereka. Saat ini, seperti dilaporkan dari Men's Health, lebih dari satu orang di gym yang melakukan cukur bulu kaki. Apakah ini sebuah tren? Apakah orang-orang di mana-mana mulai melakukannya sekarang? 

Tapi, sebenarnya haruskah para pria mencukur bulu kaki mereka?

Memang sih, bulu-bulu di tubuh seperti bulu kaki yang panjang dan tebal sering menjadi gangguan dalam penampilan. Selain itu juga bikin rasa percaya diri berkurang. Tak heran kalau pada akhirnya banyak orang yang melakukan sejumlah perawatan tubuh demi meningkatkan kualitas penampilan.

Kemungkinan besar hal ini disebabkan adanya tren bagi pria untuk menggunakan sandal atau sandal jepit. Sehingga pria mulai menyadari pentingnya penampilan kaki mereka, seperti dilansir dari Daily Mail.

"Kebanyakan pria tidak tertarik untuk mencukur habis bulu kaki mereka, namun mereka akan memberikan panjang tertentu. Yang penting, bulu kaki mereka tidak tumbuh gila-gilaan, lebat, dan panjang. Mencukur hanya semacam tindakan mengatur kondisi bulu," ujar Aaron Marino, seorang konsultan penampilan pria dari Atlanta, Amerika Serikat, seperti dilansir brilio.net dari Men's Health, Sabtu (13/6).

Loading...

Marino juga menambahkan bahwa mencukur bulu kaki di kalangan kaum pria sepenuhnya adalah untuk alasan estetika. Dalam dunia kebugaran (fitness) pun, ini bukanlah jadi sebuah hal yang tabu bagi pria untuk mencukur bulu-bulu pada tubuhnya, misalnya pada tangan, kaki, atau ketiak. Marino mengatakan, dengan bulu yang dicukur maka akan menghasilkan penampilan yang lebih bersih.

Saat ini pun sudah terdapat beberapa salon yang melayani penghilangan bulu atau waxing yang tak hanya diperuntukkan bagi kaum wanita saja, tapi juga untuk kaum pria. Dan salah satu metode yang banyak digunakan untuk menghilangkan bulu kaki adalah dengan waxing. Waxing sendiri merupakan cara menghilangkan bulu kaki dengan proses menempelkan selembar kertas yang telah diberi perekat.

Tapi menurut Marino, ketimbang mencukur dengan pisau cukur, waxing akan memberikan efek yang lebih bertahan lama. Meskipun kadang terasa sakit, waxing dapat dipilih untuk mencegah bulu kembali tumbuh dalam waktu cepat.

"Kalau ingin mencukur bulu kaki dengan pisau cukur, pastikan sesuai dengan kenyamanan kamu. Perhatikan juga mata pisaunya. Sebelum mencukur, aplikasikan krim dan pastikan mata pisau cukup tajam namun tidak melukai kulit," jelas Marino.

Cukup mudah kan caranya, boys? Sekarang tinggal pilihanmu nih mau mencukur bulu kaki dengan metode apa atau malah memilih untuk membiarkan bulu kaki tetap tumbuh?

BACA JUGA:

Kisah teladan dari pensiunan TNI AD yang jadi sopir angkot

Cerita keberanian F-16 TNI AU cegat pesawat tempur AS

Cerita kehebatan pilot TNI AU terbang pakai pesawat rongsokan Jepang

5 Wanita Kopassus harumkan Indonesia lewat olahraga

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah 

Mahasiswa ini temukan tabungan sampah, cara cerdas peduli lingkungan

7 Hal menyedihkan yang hanya bisa dirasakan orang-orang cerdas 

Hikmah si kakek tua buat gadis cerdas ber-IPK 3,7

Ladies, pria ingin pasangan hidup yang cerdas, bukan ukuran fisik saja