Brilio.net - Apa yang kamu makan ternyata juga berimbas terhadap kecerdasan. Jangan sampai makanan yang sering kamu konsumsi membuat kepintaranmu turun. Salah satu jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari adalah fast food.

Dikutip brilio.net dari sciencedaily.com, Sabtu (2/5), berdasarkan penelitian, siswa yang sering makan fast foodmemiliki kecerdasan lebih rendah. Riset ini dilakukan oleh asisten profesor dari Ohio State University bernama Kelly Purtell.

Untuk melakukan penelitiannya, Kelly juga menggandeng Elizabeth Gershoff dari Universitas Texas. Jumlah siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 11.740 anak. Untuk menguji kecerdasan tersebut, para siswa diuji dalam tiga mata pelajaran, yaitu bahasa (membaca), matematika, dan IPA.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa siswa yang mengonsumsi fast food 4-6 kali dalam seminggu menunjukkan skor yang rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan fast food sama sekali. Sedangkan siswa yang mengkonsumsi satu hingga tiga kali dalam seminggu, mempunyai nilai matematika yang rendah dibandingkan yang tidak mengkonsumsi fast food.

Penelitian ini merupakan riset jangka panjang. Untuk membandingkan kecerdasan dalam tiga mata pelajaran, semua peserta dites pada saat kelas lima dan kelas delapan. Meskipun begitu, kelemahan penelitian ini adalah tidak menganalisis faktor lain seperti latar belakang keluarga untuk mengukur kecerdasan.