Brilio.net - Kata orang sehat itu mahal. Padahal sih, sebenarnya untuk menjaga tubuh tetap sehat itu gampang banget. Bahkan nggak ada deh yang namanya menghambur-hamburkan uang untuk selalu tetap sehat. Rahasianya adalah dengan mengatur pola makan yang baik serta rutin berolahraga minimal tiga kali seminggu. Tapi ingat, jangan terlalu keras berolahraga, melakukannya secara berlebihan ternyata malah bisa menyebabkan bau tidak sedap pada mulut. Lha, kok bisa ya?

Kesimpulan ini dipaparkan oleh Luke Thorley, seorang dokter gigi sekaligus juru bicara CB12, seperti dilansir brilio.net dari Daily Mail, Sabtu (1/8). Menurut Torley, olahraga yang melebihi batas normal sebenarnya hanya akan memberi dampak dehidrasi. Ketika mengalami kekurangan cairan di dalam tubuh, maka akan menyebabkan jumlah air liur menjadi lebih sedikit, sehingga tidak bisa membersihkan plak di dalam mulut. Hal inilah yang akhirnya membuat mulutmu bikin teman-teman kamu melambai-lambaikan tangan ke kamera saking nggak enaknya.

Nggak cuma berlebihan dalam berolahraga, diet yang terlalu diforsir termasuk di dalamnya dengan melewatkan sarapan juga adalah penyebab lain bau mulut tak sedap. Asal tahu nih, makanan yang kita konsumsi pertama kali yaitu pada pagi hari ternyata memiliki fungsi membantu merangsang air liur yang habis pada saat tidur lho.

Beberapa jenis diet, diungkapkan Thorley, dapat mengakibatkan fenomena napas unta atau yang biasa kita sebut dengan bau naga. Salah satu contohnya adalah diet atkins, dimana jenis diet ini dilakukan dengan mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang sangat rendah sehingga tubuh mengalami ketosis, sebuah keadaan metabolik dimana pasukan energi tubuh berasal dari jumlah senyawa asam dalam darah yang akhirnya membuat bau busuk di mulut.

"Segala aksi apapun yang bikin tubuh dehidrasi atau mengubah keseimbangan oH dalam mulut dapat memicu bau mulut," ujar Thorley.

Loading...

Selain itu, Thorley juga mengungkapkan bawa naik pesawat juga dapat menyebabkan napas menjadi tidak sedap. Hal ini disebabkan karena perubahan tekanan serta kelembaban udara memicu pengurangan aktivitas kelenjar ludah, sehingga hal ini mengakibatkan bakteri betah 'bermain-main' di area tersebut yang ada akhirnya bikin mulut bau deh. Tuh dengerin, yang berlebihan itu justru nggak baik! Kesehatanmu lho!