Brilio.net - Guys, makanan yang masuk ke dalam tubuhmu segera setelah olah raga itu lebih penting daripada waktu lainnya. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan asupan makanan tersebut.

Para ahli mengatakan bahwa makanan sempurna setelah berolah raga adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, air, dan beberapa protein. Pasalnya, tubuh kita cenderung membakar glukosa ketika olah raga sehingga butuh penggantinya. Namun tidak boleh secara berlebihan, melainkan bertahap saja.

Dilansir brilio.net dari laman timesofindia.indiatimes.com, Kamis (30/4), berikut makanan yang perlu kamu hindari setelah olah raga.

1. Keju
Keju memiliki sejumlah besar minyak jenuh dan garam. Nah, kandungan tersebut tidak baik dimakan setelah berolah raga.

2. Daging olahan
Daging olahan ini mengandung banyak lemak dan garam sehingga memperlambat pencernaanmu. Sebut saja bacon, salami, dan sosis merupakan produk daging olahan. Kamu bisa menggantinya dengan daging ayam rebus bila ingin makan.

3. Sereal
Walaupun sereal itu sehat, tapi beberapa sudah dicampur gula, terutama sereal instan dalam kemasan.

4. Roti
Pati dalam roti berubah cepat menjadi gula. Namun tubuh bukan hanya butuh gula, melainkan juga nutrisi. Jadi, pilihlah saja roti gandum, namun jangan berlebihan.

5. Minuman buah
Minuman buah memiliki kandungan gula tinggi, yang bisa secara bertahap meningkatkan kadar gula dalam darah. Untuk menggantinya, kamu bisa minum es teh herbal atau air kelapa.

6. Telur goreng
Telur memang bagus dikonsumsi setelah olah raga karena mengandung protein, asalkan jangan menggorengnya, sebab akan banyak lemak di dalamnya. Jadi, rebus saja telur kesukaan kamu itu.

7. Milkshake buah
Kalau milkshake kamu buat bercampur buah, maka kandungan gulanya juga tinggi. Kecuali jika buah kamu ganti dengan almond atau teh hijau, itu bagus.

8. Sayuran mentah
Sayuran memang mengandung banyak nutrisi, tapi belum tentu bisa mengembalikan energi setelah olah raga. Kalau memang makan sayuran mentah, kamu bisa mencampur dengan yoghurt yang mengandung protein.

Well guys, memakan makanan di atas bukan berakibat fatal, tapi bisa saja tidak memaksimalkan hasil olah ragamu. Selalu hidup sehat, ya!