Brilio.net - Bulan puasa itu katanya bulan yang suci, bulan penuh keberkahan. Makanya banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengejar berkah yang banyak selama satu bulan ini dengan berpuasa penuh, melawan godaan hawa nafsu dan lapar.

Tapi karena kurang asupan makanan dan minum selama bulan puasa, tentu ada satu hal yang hampir pasti dialami, yaitu bau mulut yang lebih persis bau naga ketimbang bau surga. Kenapa mulut bisa bau? Sebab bakteri yang ada pada mulut berkembang lebih banyak sehingga menyebabkan mulut menjadi beraroma nggak sedap.

Tapi jangan galau kelamaan, bau mulut sebenarnya bisa dihindari jika kamu mengonsumsi jenis makanan yang tepat. Coba deh konsumsi makanan-makanan ini saat sahur dan berbuka, supaya puasamu tetap lancar tanpa serangan bau tak sedap, seperti dikutip brilio.net dari The Huffington Post, Selasa (7/7):

1. Apel

5 Makanan ini membantu menjaga napas kamu tetap wangi selama Ramadan

Kamu pasti tahu dong, apel memiliki kandungan air yang banyak serta komposisi vitaminnya yang beraneka ragam. Selain itu apel juga punya kandungan gula yang cukup sehingga selain bisa mengenyangkan lebih lama, juga dapat mengikis penyebab bau mulut karena plak. Kandungan antioksidan dan nutrisinya juga bikin kamu menjadi lebih sehat lho!

2. Keju

5 Makanan ini membantu menjaga napas kamu tetap wangi selama Ramadan

Makan keju lebih sering saat sahur dan berbuka ya? Sebab dalam keju terkandung casein yang bikin memperkuat lapisan gigi. Nggak cuma bikin gigi lebih kuat dan sehat, nafas juga jadi mendapat jaminan wangi sampai kamu berbuka nanti.

3. Yogurt

5 Makanan ini membantu menjaga napas kamu tetap wangi selama Ramadan

Sama seperti keju, yogurt punya casein serta kalsium yang tinggi yang mampu membuat sistem pencernaanmu memiliki kerja yang lebih maksimal.

4. Jeruk

5 Makanan ini membantu menjaga napas kamu tetap wangi selama Ramadan

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Mengonsumsi jeruk saat bulan puasa berarti membantu menyingkirkan bakteri yang ada di dalam mulut. Nafas jadi lebih segar, kamu juga terhindar dari berbagai penyakit gusi deh.

5. Seledri dan rempah-rempah

5 Makanan ini membantu menjaga napas kamu tetap wangi selama Ramadan

Makan rempah-rempah bisa bikin nafas lebih segar lho. Contohnya seledri deh. Mengunyah sayuran hijau ini justru akan membuat gusi menjadi terlatih dengan baik. Klorofilnya juga ampuh bikin bau mulut kabur lho. Nggak suka dimakan mentah? Gampang! Kamu bisa mencampur seledri ke dalam makananmu. Lebih banyak seledri lebih baik lho. Coba deh!

Selamat mencoba dan tetap semangat berpuasa ya!

 

BACA JUGA SOAL MAKANAN SEHAT DAN RAMADAN:

Puasa bisa membuat lambungmu 'segar' kembali

Makanan ini nggak seharusnya jadi menu sahur kamu

Jangan langsung santap makanan berat saat berbuka, ini penjelasannya

5 Makanan top yang harus kamu coba di bulan Ramadan

Fakta yang harus kamu tahu, puasa tidak sebabkan sakit maag