Brilio.net - Tingkah manusia memang terkadang aneh, terlebih lagi persoalaan pribadi. Kita jarang membicarakan rahasia pribadi terhadap orang yang dekat dengan kita. Sebaliknya, kita begitu lancar menceritakan persoalan pribadi terhadap orang yang baru saja ditemui. Fenomena ini paling umum ditemui di kereta atau pesawat.

Kamu pasti pernah merasakan hal tersebut. Tiba-tiba saja ada penumpang lain yang curhat persoalan rahasia hatinya. Alhasil, kamu terbius dengan tuturannya, dan saling menanggapi. Secara reflek, kamu juga membeberkan segala sesuatu yang sifatnya begitu personal. Apakah kamu sering menyadarinya?

Dikutip oleh brilio.net dari The Guardian, Kamis (28/5), penyebab dari semua ini adalah situasi sosial. Di era modern ini, sangat susah untuk mencari orang yang benar-benar mau  mendengarkan cerita.  Wajar saja pertemuan singkat di kereta atau pesawat digunakan untuk saling curhat.

Alasan lainnya adalah interaksi seperti ini tidak terlalu intim. Hal ini akan berbeda jika kamu bercerita dengan sang pacar atau teman dekat. Lebih lagi, kamu juga tidak perlu menunjukkan identitas secara detail. Kamu hanya bercerita saja. Hal inilah yang membuatmu untuk berbagi rahasia dengan orang asing.

Selain wajar, fenomena ini juga bermanfaat. Bahkan percakapan tersebut setara dengan terapi psikologi. Keren bukan? Interaksi seperti ini bisa menjelaskan alasan yang lebih tentang rahasia tersebut. Selain itu, secara otomatis kamu akan menerangkan mengapa rahasia itu penting bagi kamu.

Jadi, tidak ada salahnya untuk akrab dengan orang asing bukan? Siapa tahu bisa menjadi jodoh kamu.

(brl/swh)