Brilio.net - Musik bisa menjadi salah satu cara meredam kemarahan. Akan tetapi, kebanyakan orang memilih musik yang soft untuk mengatasi emosi negatif ini. Orang-orang tidak memilih musik heavy metal atau aliran ekstrem untuk meluruhkan rasa marah. Padahal aliran musik ini bisa bikin kamu lebih kalem saat marah lho.

Dikutip oleh brilio.net dari The Guardian, Jumat (26/6), stereotip bahwa musik ekstrem identik dengan hal yang terlalu keras membuat susah untuk menerima pendapat ini. Padahal pendapat ini sudah dibuktikan secara ilmiah oleh Genevieve Dingle dari University of Queensland dari Australia. Studi tersebut membuktikan bahwa mendengarkan musik ekstrem seperti punk, hardcore, dan scream bisa membantu meredakan rasa marah.

Dalam studinya, Genevieve melibatkan 39 orang yang hobinya mendengarkan musik aliran ekstrem. Rentang umur dari para responden berusia antara 18 hingga 34 tahun. Dalam penelitiannya, setiap responden diminta untuk menceritakan keluh kesahnya dalam berbagai topik selama enam menit. Setelah itu, mereka mendengarkan musik metal selama 10 menit.

Hasilnya menunjukkan bahwa musik metal ternyata bisa membantu para responden merasakan semua perasaan tentang keluh kesahnya. Tetapi mereka juga merasa terinspirasi. Selain itu, kadar kemarahan dan juga stres mereka kadarnya juga menurun setelah mendengarkan musik metal.

Hal yang menarik dari penelitian ini adalah meskipun isi lagu metal mempunyai lirik kesedihan dan kemarahan, tetapi bisa membuat pendengarnya lebih kalem. Bahkan para responden menggunakan musik keras untuk meningkatkan kebahagiaan dan juga rasa cinta.

Loading...

Gimana? Kalau kamu lagi galau mungkin bisa kamu coba dengerin musik punk sampai metal. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!

BACA JUGA SOAL MUSIK YANG WAJIB KAMU TAHU:

Mengintip konser rock cerdas ala Captain Jack, menggandeng 8 seniwati

Merayakan kembalinya 'serigala' Jogja bersama para 'koboi kota'

Lingsir Wengi lagu buat manggil kuntilanak? Baca dulu sejarahnya dong!

Mengingat sejarah musik keroncong, dulu ngehits tapi kini dilupakan

Suka mendengarkan musik pakai earphone? Begini cara membersihkannya

Rahasia di balik pemutaran musik di supermarket, bikin betah belanja

10 Fakta tentang musik dangdut yang tak banyak kamu tahu

SOAL GOLONGAN DARAH DAN MUSIK KESUKAAN KAMU:

Ini aliran musik yang paling klik buat kamu bergolongan darah A

Kamu berdarah O, cek aliran musik 'sadis' ini buatmu

Ini 5 genre musik yang cocok didengerin golongan darah AB

Ini aliran musik yang oke punya buat golongan darah B