Brilio.net - Apakah kamu baru diterima sebagai karyawan di suatu perusahaan? Biasanya nih sebagai karyawan baru suka bingung pilih baju buat dipakai di hari pertama kerja. Apalagi buat para cewek nih, ya nggak?

Tak jarang, ada juga yang sering salah kostum di hari pertama kerja. Misalnya nih, kamu memakai setelan blazer yang sangat rapi, padahal di kantor tempatnya bekerja, gaya berpakaian karyawan cenderung kasual.

Meski salah kostum di hari pertama kerja bukanlah dosa besar, tapi hal ini bisa membuat kamu jadi salah tingkah dan malu. Menurut buku Newcomer in The Office karya Irene J. Meiske, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya kamu tak salah kostum di hari pertama kerja, seperti dilansir brilio.net dari Women's Health, Kamis (28/5).

1. Kenali dress code yang sesuai

Bila di hari pertama kamu belum tau bagaimana dress code yang sesuai untuk di tempat kerja. Kenakanlah pakaian sesuai perusahaan tempat kamu bekerja. Perusahaan yang bergerak di bidang asuransi atau sales pada umumnya mempunyai aturan berpakaian yang lebih formal ketimbang industri media, seperti biro iklan atau penerbitan.

2. Lihat lokasi dan kenali lingkungan tempat kerja

Letak kantor kamu juga bisa memberi petunjuk apa dress code yang lazim dianut karyawannya. Jika tempat kerja kamu adalah industri media, tentunya gaya berbusananya lebih santai ketimbang kantor di gedung bertingkat. Selain itu, berinteraksilah dengan orang-orang di lingkungan kerja kamu.

3. Bertanya atau konsultasi lebih dahulu

Ada beberapa industri yang mengharuskan pegawainya berseragam, seperti hotel dan bank. Kamu bisa bertanya langsung di saat interview untuk lebih memastikan. Biasanya, sebelum mulai bekerja, kamu diminta datang untuk mengukur seragam. Tapi bisa jadi seragam baru dibuatkan setelah kamu bekerja. Apa pun yang terjadi, kamu harus selalu mempersiapkan diri terhadap hal-hal yang di luar prediksi.

4. Sesuaikan gaya busana dengan make-up

Jika tak mau ambil risiko, kamu bisa cari amannya saja. Muncullah di kantor baru dengan riasan gaya natural. Hindari warna yang terlalu menyolok, terutama di bagian mata, penggunaan lipstik juga tidak perlu terlalu berwarna terang.

Nah, itu tadi empat cara supaya kamu tak salah kostum di hari pertama kerja. Semoga bermanfaat dan selamat bekerja ya!

(brl/swh)