Brilio.net - Biasanya pameran produk seni mainan (art toy) di Jakarta selalunya menampilkan karakter/tokoh action figure global. Seperti dari Marvel, Star Wars dan sebagainya.

Padahal produk action figure atau mainan lokal sebenarnya tak kalah hebatnya. Banyak produk mainan dari desainer lokal yang keren-keren. Apalagi desainer ini tergabung dalam Sotoy (Self Original Toy). Sotoy merupakan kumpulan anak-anak muda Bandung dengan berbagai profesi berbeda yang berkarya melalui karya 3D dalam bentuk mainan.

Nah, berkolaborasi dengan Sotoy, Catalyst Arts menggelar event pameran produk mainan bertajuk Urban Toy Stage 4-5 Maret mendatang. Acara digelar Sabtu-Minggu, 4-5 Maret 2017, pukul 13.00-21.00 WIB di lantai GF Kuningan City, Jakarta Selatan.

“Pada umumnya art toy fair di Jakarta menampilkan action figure dan toy dengan karakter/tokoh populer di ranah global, seperti Marvel atau Star Wars. Kali ini Urban Toy Stage akan menampilkan karakter toy lokal dari desainer lokal,” kata Patricia Patricia Wulandari, founder Catalyst Arts .

Meski belum banyak diketahui publik, sebenarnya tidak sedikit desainer lokal yang namanya sudah dikenal dan pernah menyelenggarakan pameran di luar negeri, salah satunya adalah Paulus Hyu yang akan ikut menjadi peserta pameran di Urban Toy Stage ini.

Paulus Hyu pernah melakukan pameran di Toy Art Gallery, Amerika Serikat. Selain itu ia juga adalah seorang fotografer di Axioo. Secara keseluruhan, Urban Toy Stage 2017 akan menghadirkan 41 visual artists dari berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Pekanbaru, Banjarmasin, dan Surabaya.

Masing-masing visual artists ini akan membawa karakter toy yang menjadi ciri khas mereka maupun yang mereka custom dari karakter toy desainer lain. Ada pula kolaborasi antara Addy Debil, seorang ilustrator yang juga penggiat urban toys dan merupakan salah satu anggota Sotoy, dengan sembilan ilustrator, yaitu Arief Witjaksana, Crack, Elmondo, F21ST, Hey Teman Baik, Isapanicmonsta, Mediocrux, Muchlis Fachri, dan Reza Dwi Setiawan.

Kesembilan ilustrator ini akan menuangkan ilustrasi mereka ke karakter urban toy buatan Addy Debil bernama “The Lucky Felix” yang akan diluncurkan saat Urban Toy Stage.

Selain pameran dari karya-karya visual artists, juga akan ada toy makers market yang mana para desainer urban toys yang terlibat bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli karyanya.

Juga ada berbagai workshop kreatif seputar dunia urban toys, seperti Mini Skull Jewelry, Character Modelling, How to Perfectly Apply Decal to Your Toys, dan DIY Toys using Kitchen Ingredients.

Pengunjung pun dapat merasakan langsung pengalaman seru dalam membuat karakter toy sendiri dengan mencoba berbagai medium yang biasa digunakan oleh para desainer.