Brilio.net - Biasanya kalau pas tidur malam kamu suka pakai selimut nggak? Kalau iya, kebiasaan itu baik lho untuk membantumu agar mudah untuk tertidur. Apalagi kalau selimut yang kamu pakai cukup tebal. Makin gampang deh buat lekas tertidur pulas.

Beberapa studi yang dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat menunjukkan bahwa semakin berat dan tebal selimut yang kamu pakai, semakin bikin kamu ngantuk dan cepat tidur. Kok bisa ya?

Alasannya ternyata karena simulasi sentuhan yang diberikan selimut tebal mampu memberikan rasa aman dan nyaman. Sentuhan ini sama halnya dengan sentuhan yang biasa diberikan dengan menepuk halus punggung kamu yang lagi sedih sehingga kamu merasa tenang dan tak ingin menangis lagi.

Bisa juga sama dengan sentuhan yang kamu rasakan ketika memeluk erat orang yang kamu sayang atau mengelus hewan peliharaan dan lain sebagainya.

Selimut berat dan tebal seperti bed cover mampu merangsang pelepasan hormon serotonin atau hormon kebahagiaan yang dalam kegelapan ruangan secara bertahap berubah menjadi melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk pengaturan waktu tidur.

Loading...

WAJIB BACA: Terlalu lama tidur ternyata berpotensi bikin manusia mati muda, waduh!

Sehingga cara ini dirasa efektif buat kamu yang sering mengalami insomnia. Sentuhan yang dirasakan saat memakai selimut tebal seolah memeluk seseorang yang mengalami insomnia sehingga mereka merasa terlindungi dan hangat selama tidur.

Rendahnya tingkat serotonin juga jadi salah satu faktor penyebab depresi, kecemasan, agresivitas dan perilaku kompulsif. Jadi inilah alasan lain untuk tidur memakai selimut tebal itu bagus. Terlebih untuk anak-anak hiperaktif dan anak-anak dengan autisme, selimut tebal bisa menenangkan dan membuat mereka jadi cepat tidur.

Masih ada lagi manfaat memakai selimut tebal, nih. Temuan sebuah penelitian tahun 2008 dalam Occupational Therapy in Mental Health menunjukkan bahwa selimut tebal dan berat efektif memberikan rasa aman dan menurunkan rasa cemas pasien.

Tak heran kalau banyak rumah sakit yang menggunakan selimut tebal sebagai obat murah dan mudah bagi para pasien.

Nah, setelah kamu mengetahui manfaat penggunaan selimut tebal saat tidur, lantas harus seberat apa selimut yang harus dipakai? Sebenarnya, berat selimut tergantung pada selera dan berat badan kamu sendiri. Namun sebagai rekomendasi yang dikutip brilio.net dari Brightside, Kamis (12/5), berat selimut untuk orang dewasa adalah 6-15 kg.

Jadi sesuaikan selimut tebal yang kamu butuhkan, ya. Biar kamu bisa cepat tidur dan lebih nyenyak saat tidur malam nanti.