×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Buah-buahan yang sebaiknya dihindari wanita hamil

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

9 Buah-buahan yang sebaiknya dihindari wanita hamil

Boleh kok makan tapi ya jangan banyak-banyak...

21 / 02 / 2019 09:30

Brilio.net - Menjadi seorang ibu adalah dambaan setiap wanita. Ketika seorang wanita sudah menikah, tentu ingin sekali segera memiliki momongan. Jadi tak heran jika seorang wanita dinyatakan positif hamil akan merasakan kebahagiaan.

Dalam kondisi hamil, seorang wanita dituntut untuk bisa menjaga kondisinya. Sebab pada masa kehamilan, kondisi tubuh sangat rawan dengan berbagai penyakit. Selain itu juga kondisi kehamilan dapat berpengaruh pada tumbuh kembang bayi di kandungan.

Dilansir brilio.net dari brighamhealthhub pada Rabu (20/2), seorang dokter kandungan di Brigham and Women's Hospital, Audra Meadows, MD, MPH menghabiskan banyak waktunya menasihati wanita hamil. Dirinya banyak menasihati tentang bagaimana mengoptimalkan kesehatan mereka sebelum, selama, dan setelah kehamilan untuk mencegah berat badan lahir rendah dan masalah lainnya.

Saat kamu hamil, tubuhmu akan mengalami perubahan dari kelebihan hormon produksi hingga menjadi stres. Ketika tubuhmu berubah untuk mengakomodasi janin, penting bagimu untuk merawat diri sendiri dengan mengikuti diet ketat. Diet yang mencakup buah, sayuran, dan zat bergizi lainnya.

Sangat penting untukmu memilih diet yang sehat karena dapat berdampak pada kesehatan bayi dan juga kehamilanmu. Kamu harus berhati-hati untuk memastikan bahwa kamu mengonsumsi buah-buahan yang tepat selama kehamilanmu. Sebab ada buah-buahan tertentu yang tidak direkomendasikan untuk wanita hamil. Buah-buahan tersebut dianjurkan untuk dihindari oleh ibu yang sedang hamil.

Loading...

Nah, buah apa saja yang perlu dihindari itu? Simak daftar buah yang harus dihindari selama kehamilan, yang sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (21/2).

1. Anggur.

buah tidak boleh hamil pixabay-foto: pixabay

Buah anggur sebaiknya dihindari ketika kamu hamil. Sebab saat orang makan anggur, mereka cenderung tidak mengupas dan mencucinya. Anggur yang tidak dicuci dan dikupas berbahaya bagi ibu hamil. Selain itu anggur mengandung senyawa Resveratrol, yang dapat menjadi racun bagi ibu hamil. Keasaman yang ada pada anggur dapat meningkatkan rasa mual bahkan diare untuk ibu hamil di pagi hari. Selain itu, ketika kamu hamil, kamu mungkin kesulitan mencerna kulit anggur hitam karena sistem pencernaanmu melemah.

2. Nanas.

buah tidak boleh hamil pixabay

foto: pixabay

Nanas termasuk buah yang harus dihindari oleh ibu hamil, setidaknya pada kehamilan trimester pertama. Nanas mengandung bromelain, enzim yang dapat melunakkan dinding serviks. Nanas dapat menyebabkan kontraksi rahim yang tajam, bahkan dapat menyebabkan pendarahan. Lebih parahnya lagi, nanas bisa menyebabkan keguguran.

3. Pisang.

buah tidak boleh hamil pixabay-foto: pixabay

Kamu mungkin tidak akan menyangka kalau pisang adalah salah satu buah yang perlu dihindari saat hamil. Pisang mengandung kinitase, zat yang mirip dengan lateks yang dikenal dengan alergen. Zat yang ada pada pisang dapat meningkatkan panas pada tubuh. Selain itu pisang juga mengandung gula yang tinggi. Jadi, bagi wanita yang alergi dan yang menderita diabetes wajib menghindari buah pisang saat hamil.

4. Kurma.

buah tidak boleh hamil pixabay-foto: pixabay

Kurma kaya akan vitamin dan nutrisi penting, tetapi wanita hamil sering disarankan untuk tidak mengonsumsi kurma. Alasan utamanya adalah kurma dapat menyebabkan tubuhmu memanas dan dapat menyebabkan kontraksi rahim dengan merangsang otot-otot rahim.

5. Semangka.

buah tidak boleh hamil pixabay-foto: pixabay

Semangka umumnya menjadi buah yang baik untuk tubuh manusia. Semangka mampu mengeluarkan semua racun sambil mengatur hidrasi dalam tubuh. Tetapi ada sisi lain dari semangka, semangka tidak baik dikonsumsi saat hamil. Semangka dapat membahayakan janin dengan berbagai racun yang dikeluarkan semangka.

6. Pepaya.

buah tidak boleh hamil pixabay

foto: pixabay

Meskipun pepaya kaya akan makronutrien dan vitamin yang sangat penting bagi tubuhmu, namun semangka tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Pepaya dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat, dan itu tidak baik ketika kamu sedang hamil. Selain itu, semangka kaya akan lateks yang dapat menyebabkan kontraksi rahim, pendarahan, bahkan bisa menyebabkan keguguran.

7. Asam.

buah tidak boleh hamil pixabay-foto: pixabay

Asam sangat kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi pada asam dapat menekan produksi progesteron dalam tubuhmu. Kadar progesteron yang rendah, dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan sel pada janin. Jadi pastikan kamu tidak mengonsumsi terlalu banyak asam, terutama selama trimester pertama.

8. Beri beku.

buah tidak boleh hamil pixabay-foto: pixabay

Bagi ibu hamil, sebaiknya menghindari segala macam makanan yang telah dibekukan cukup lama. Salah satunya adalah buah beri beku. Karena beri yang telah dibekukan dalam waktu yang lama, semua rasa dan nutrisi asli telah lama hilang. Kalau kamu memakannya bisa menjadi racun pada tubuhmu dan bayimu.

9. Tomat kalengan.

buah tidak boleh hamil pixabay-foto: pixabay

Ketika kamu sedang hamil, lebih baik menghindari segala macam makanan kalengan. Salah satunya adalah tomat kalengan. Terkadang kamu bisa mencampurkan tomat kalengan saat membuat sambal. Semua makanan kaleng mengandung pengawet dalam jumlah tinggi. Pengawet ini beracun bagimu dan bayi dalam kandunganmu.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more