Brilio.net - Sirsak salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat. Setiap 100 gram daging sirsak yang dikonsumsi, mengandung 3,3 gr serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat setiap hari. Selain itu sirsak juga mengandung banyak karbohidrat, vitamin C, B dan banyak lainnya.

Buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Oleh suku Indian yang hidup di Amazon, sirsak dapat dimanfaatkan hampir seluruh bagiannya dari mulai pohon hingga buahnya. Akar, daun, kulit, daging buah, dan biji sirsak dipergunakan selama berabad-abad untuk dijadikan obat.

Kehebatan buah sirsak telah diteliti oleh para ahli, salah satunya The National Cancer Institute yang melakukan penelitian terhadap sirsak sejak tahun 1976. Uji coba itu dilakukan 20 laboratorium independen yang berbeda di bawah pengawasan The National Cancer Institute. Salah satu bagian sirsak yang memiliki banyak manfaat adalah daunnya. Kandungan daun sirsak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh adalah Acetogenin. Ini merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki sifat membunuh racun di dalam tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi bagi kanker untuk berkembang.

Namun, tak banyak yang tau, selain untuk menjaga kesehatan, daun sirsak juga bermanfaat untuk kecantikan lho! Penasaran kan apa saja manfaat dari daun sirsak? Yuk, simak 27 manfaat daun sirsak bagi kesehatan & kecantikan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (13/12)

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

daun sirsak bagi kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Mengobati kolesterol.

Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, harus bisa mengaturnya agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak ini kamu bisa meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya adalah pilih 10 lembar daun sirsak yang agak tua, dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air mineral. Rebus air hingga tersisa setengahnya saja. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat maupun dingin. Minumlah rutin setiap pagi agar dapat merasakan manfaat daun sirsak ini secara cepat.

2. Mengobati kanker.

Manfaat daun sirsak selanjutnya yaitu untuk mengatasi penyakit kanker. Daun sirsak dikenal dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan dengan kemoterapi. Kandungan acetogenin pada sirsak dapat menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker. Fungsi acetogenin adalah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Untuk mengobati kanker, cara aman dan alami dapat kamu rasakan dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelar air mineral. Kemudian rebus dan sisakan hingga 1/2 gelas saja. Agar cepat terasa manfaat daun sirsak, kamu bisa meminumnya setiap pagi.

3. Mengobati kista ovarium.

Kamu pasti pernah mendengar penyakit kista ovarium. Kista ovarium merupakan kantong yang berisi cairan yang tumbuh pada indung telur atau ovarium wanita. Kista juga tergolong tumor jinak dan dapat berkembang menjadi kanker. Untuk mencegah penyakit ini berkembang kamu bisa mengambil manfaat daun sirsak ini untuk mengobati kista ovarium.

Sama seperti cara sebelumnya hanya dengan meminum air rebusan daun sirsak sudah dapat merasakan khasiatnya. Rebus 10 lembar daun dengan 3 gelas mineral. Tunggu hingga daun sirsak mengeluarkan sari patinya. Minum dalam keadaan dingin atau pun hangat.

4. Mengobati diabetes.

Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal. Hal ini dikarenakan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois dan polifenol.

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh. Kamu bisa mengolahnya dengan merebus daun sirsak. Ambil satu gelas kemudian tambahkan sedikit madu.

5. Mengobati asam urat.

Sama halnya untuk mengobati sel kanker kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat.

Bagi kamu yang ingin mencoba manfaat daun sirsak untuk atasi diabetes, kamu hanya perlu minum rebusan daun ini. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pilih 10 daun sirsak yang tua dan rebus dengan 3 gelas. Biarkan hingga sari-sari daun keluar. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat maupun dingin.

6. Mengobati penyakit paru-paru.

Kandungan pada daun sirsak dapat bermanfaat untuk berbagai penyembuhan, diantaranya penyakit paru-paru. Hal ini karena dalam daun sirsak terdapat kandungan acetogenin yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Daun sirsak ini dapat mengatasi penyakit paru-paru basah maupun kering.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ambil 10-15 daun sirsak cuci dan keringkan di bawah matahari. Rebus dengan 3 gelas air mineral. Setelah dingin minum, air rebusan tersebut minum secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

7. Meningkatkan kesuburan.

Jika kamu sedang merencanakan kehamilan sebaiknya mengonsumsi ramuan atau jamu dari daun sirsak ini untuk merangsang kehamilan lebih cepat. Daun sirsak ini juga dapat melancarkan menstruasi bagi wanita, sehingga dengan siklus menstruasi yang lancar akan membuat kehamilan semakin mudah terjadi.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pilih 15 daun sirsak yang agak tua, rebus dengan menggunakan 5 gelas. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa menjadi 2 gelas. Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasanya bisa ditambah dengan gula Jawa atau pun madu secukupnya. Minum secara rutin setiap pagi dan sore hari.

8. Melancarkan sistem pencernaan.

Daun sirsak memiliki kandungan berbagai vitamin, mineral, kalsium yang tinggi. Tapi tak hanya itu saja daun ini juga memiliki sifat antiinflamasi hingga antimikroba. Mengonsumsi teh daun sirsak juga dapat membantu melancarkan dan mencegah terjadinya sembelit, kembung, diare hingga gangguan pencernaan lainnya. Antimikroba yang terkandung dalam daun sirsak juga mampu menyeimbangkan mikroflora pada usus.

9. Obat nyeri punggung.

Nyeri punggung sering terjadi pada orang yang terlalu capek bekerja. Nah biasanya untuk praktis orang-orang lebih memilih obat kimia yang praktis di apotek. Penggunaan obat kimia memang lebih praktis namun memiliki efek samping yang bahaya. Manfaat daun sirsak untuk herbal dapat mengatasi sakit punggung tanpa efek negatif.

Cara penggunaan daun sirsak yaitu, dengan merebus 20 lembar daun sirsak dalam lima gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum 3/4 cangkir ramuan ini sekali sehari.

10. Mengobati eksim dan rematik.

Penyakit rematik umumnya terjadi pada orang tua. Daun sirsak dapat mengatasi dan sebagai obat alami untuk nyeri. Resep untuk mendapatkan manfaat ini yaitu dengan menumbuk daun sirsak sampai halus dan balurkan pada area tubuh yang nyeri rematik atau area yang terdapat eksim. Oleskan dua kali sehari.

11. Bantu obati bisul.

Ulkus atau biasa disebut bisul adalah kelainan kulit yang ditandai dengan rasa sakit dan memiliki risiko terkena infeksi. Bisul dapat muncul di area tubuh mana saja, namun sering terdapat pada badan atau wajah. Untuk mengatasi bisul kamu bisa melumatkan daun sirsak yang masih muda lalu oleskan pada area bisul.

12. Mengobati sariawan.

Manfaat daun sirsak dapat mengobati sariawan. Konsumsilah rebusan daun sirsak yang akan dapat mengurangi sariawan. tumbuk daun sirsak kemudian rebus dan minum air rebusannya. Sariawan akan mengecil dan sembuh secara sempurna.

13. Mengobati darah tinggi.

Tekanan darah tinggi merupakan kondisi cairan darah dalam tubuh yang menekan dinding arteri dengan kuat sehingga berdampak buruk pada kesehatan salah satunya penyakit jantung. Zat antioksidan yang ada pada daun sirsak mampu melenturkan pembuluh darah sehingga dapat berjalan lancar.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa merebus 8 helai daun sirsak kemudian dicampur 3 gelas air. Konsumsi di pagi hari dan malam hari, dan minum 3 kali dalam seminggu.

14. Mengatasi insomnia.

Insomnia merupakan gangguan tidur yang banyak dialami oleh masyarakat. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan daun sirsak. daun sirsak mengandung obat penenang yang membuat otot menjadi rileks. Minum ekstrak daun sirsak secara teratur bisa membantu seseorang tidur lebih cepat.

15. Memelihara kesehatan mulut.

Daun sirsak bersifat bakterisidal dan fungisidal. Daun sirsak bisa menghambat pertumbuhan streptococcus mutans, Streptococcus mitis, Porphyromonas gingivalis, dan Candida albicans.

Ekstrak daun sirsak dapat digunakan untuk melawan melawan bau mulut yang diakibatkan oleh jamur maupun bakteri karena memiliki sifat antimikroba dan fungisida. Kemampuan tersebut menunjukkan potensi daun sirsak dalam mengobati gangguan mulut. Kamu bisa berkumur secara rutin dengan air rebusan daun sirsak untuk menjaga kesehatan mulut.

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan.

daun sirsak bagi kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net



foto: freepik.com

16. Mengatasi gatal pada kulit kepala.

Kulit kepala yang gatal membuat seseorang akan sering menggaruknya. Ini tentu membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Rambut gatal dapat terjadi karena beberapa hal seperti mengikat rambut terlalu kencang, alergi, atau kurang menjaga kebersihan rambut.

Untuk mengurangi rasa gatal, kamu cukup merebus 7 lembar daun sirsak muda dengan air 1,5 liter. Kemudian tunggu hingga air berubah warna, tunggu sampai air dingin dan setelahnya gunakan air tersebut untuk keramas. Jangan lupa bilas dengan air bersih setelahnya.

17. Mengatasi ketombe.

Salah satu masalah kulit kepala yakni ketombe. Ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Ketombe terlihat seperti serbuk putih yang sering terlihat di pundak. Hal ini dapat mengganggu penampilan apalagi ketika memakai pakaian berwarna gelap karena ketombe semakin jelas terlihat.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya ketombe. Perawatan rambut yang tidak tepat dapat memicu timbulnya ketombe, seperti pemilihan sampo yang tidak sesuai dan terlalu sering keramas. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyiapkan beberapa helai daun sirsak. Kemudian tumbuk sampai halus dengan menambahkan sedikit air. Oles secara merata pada rambut sebagai masker. Setelah dibiarkan selama 30 menit, bilas rambut dengan air bersih.

18. Menghilangkan kutu.

Manfaat daun sirsak selanjutnya yakni untuk menghilangkan kutu. Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe. Caranya adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut.

19. Mengurangi rambut rontok.

Kondisi tubuh yang stres menjadi penyebab rontok yang sering ditemukan. Selain itu rambut rontok juga terjadi kepada orang anemia dan pasca persalinan. Obat-obatan, terapi kesehatan yang tidak tepat dapat membuat rambut rontok. Maka hal ini bisa dihindari dengan memperbaiki gaya hidup dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Jika kerontokan masih ditemukan maka cobalah siapkan beberapa daun sirsak, lalu bersihkan dan haluskan dengan cara ditumbuk, kemudian campurkan dengan 5 sendok makan air mawar. Setelah itu, aplikasikan masker ini ke permukaan rambut secara merata. Kemudian biarkan selama 25 menit dengan membungkusnya menggunakan handuk. Terakhir, bersihkan rambut dengan air bersih.

20. Mengurangi flek hitam.

Flek hitam atau hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti bekas jerawat, efek paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan hormon, termasuk genetik. Flek hitam sendiri merupakan bercak, bintik, atau noda berwarna kegelapan yang disebabkan pigmentasi kulit secara berlebihan.

Untuk mengurangi flek hitam, kamu bisa menggunakan daun sirsak sebagai perawatan alami. Kandungan di dalam daun sirsak dapat membantu memudarkan flek hitam, dengan cara menyediakan 6 lembar daun sirsak yang ditumbuk halus, tambahkan sedikit air mawar, kemudian oles pada wajah sebagai masker. Sambil dipijat lembut dan tunggu hingga cukup meresap, baru dibilas bersih.

21. Mengatasi jerawat.

Hampir semua orang pernah mengalami jerawatan. Ketika jerawat muncul, seseorang biasanya akan merasa tidak percaya diri karena jerawat dapat mengurangi penampilan. Untuk perawatan alami, kamu bisa menggunakan daun sirsak untuk mengatasi jerawat hanya dengan mengusapkannya pada kulit yang berjerawat. Kemudian diamkan daun hingga layu baru wajah dicuci bersih.

22. Mencerahkan kulit.

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan selanjutnya yakni mampu mampu membantu mencerahkan wajah. Kandungan vitamin C dapat kamu tambahkan dengan bahan lain untuk menambah manfaatnya, seperti menambahkan madu atau lemon. Untuk mencerahkan kulit, haluskan 3 lembar daun sirsak yang telah dibersihkan. Kemudian, campur dengan madu dan air perasan lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan meresap. Setelah 20 menit, bilas dengan air bersih.

23.Mengencangkan kulit.

Manfaat daun sirsak selanjutnya, yaitu mengencangkan kulit wajah maupun tubuh. Caranya dengan merebus 8-10 lembar daun sirsak dengan tiga gelas air hingga mendidih. Diamkan sejenak, jika air rebusan daun sirsak sudah berkurang dan tinggal tersisa satu gelas, angkat lalu tuangkan dalam gelas. Tunggu hingga suhunya menurun lebih hangat, dan air rebusan daun sirsak pun siap diminum. Untuk hasil yang maksimal, rutinlah mengonsumsi rebusan daun sirsak 1 2 kali seminggu.

24. Menghilangkan komedo.

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan yang ketiga adalah menghilangkan komedo. Komedo juga merupakan salah satu permasalahan wajah yang cukup mengganggu dan bisa menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Kamu bisa menggunakan manfaat daun sirsak dengan menjadikannya masker wajah. Caranya, siapkan daun sirsak. Kemudian tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air mawar. Oleskan sebagai masker wajah.

25. Bantu turunkan berat badan.

Manfaat daun sirsak yang terakhir bisa membantu turunkan berat badan, sehingga tubuh terlihat langsing. Daun sirsak sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak, bisa membuat sistem pencernaan kamu menjadi lebih sehat. Dengan pencernaan yang lancar akan meningkatkan metabolisme sehingga bisa membantu melangsingkan tubuh.

26. Menghilangkan komedo.

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan yang ketiga adalah menghilangkan komedo. Komedo juga merupakan salah satu permasalahan wajah yang cukup mengganggu dan bisa menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Kamu bisa menggunakan manfaat daun sirsak dengan menjadikannya masker wajah.

Caranya, siapkan daun sirsak. Kemudian tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air mawar. Oleskan sebagai masker wajah.

27. Bantu turunkan berat badan.

Manfaat daun sirsak yang terakhir bisa membantu turunkan berat badan, sehingga tubuh terlihat langsing. Daun sirsak sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak, bisa membuat sistem pencernaan kamu menjadi lebih sehat. Dengan pencernaan yang lancar akan meningkatkan metabolisme, sehingga bisa membantu melangsingkan tubuh.

Penulis:mg/Annisa Dheaning Triprasiwi