Brilio.net - Salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin adalah buah-buahan. Ada banyak macam buah yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Salah satu buah yang bisa kamu pilih yakni sirsak.

Buah yang seringkali dipandang sebelah mata karena memiliki kulit berduri ini, rupanya memiliki banyak vitamin di dalamnya seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Folate, Calcium Iron, Potassium, Magnesium, Phosphorous, Zinc dan Copper. Setiap 100 gram daging sirsak yang dikonsumsi, mengandung 3,3 gr serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat setiap hari.

Mulai dari melawan bakteri sampai pencernaan bisa dijaga oleh buah sirsak. Kamu bisa mengonsumsi buah sirsak dengan dimakan langsung ataupun disajikan sebagai jus untuk mendapatkan kenikmatannya. Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah sirsak juga memiliki manfaat untuk kecantikan lho! Berikut 23 manfaat sirsak untuk kesehatan dan kecantikan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (26/7).

-Manfaat sirsak untuk kesehatan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: freepik.com

1. Membantu melawan bakteri.

Bakteri bisa menjadi penyebab dari berbagai penyakit. Maka dari itu, melindungi tubuh dengan asupan sehat, salah satunya dengan buah sirsak. Sebab, buah yang satu ini memiliki sifat antibakteri lho.

Satu studi menemukan bahwa ekstrak mungkin dapat membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk strain yang menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang.

Studi lain menemukan bahwa ekstrak sirsak dapat membantu melawan kolera dan bakteri Staphylococcus. Meskipun ini adalah studi tabung reaksi, hasilnya menjanjikan, dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

2. Meredakan nyeri.

Aktivitas yang padat kerap menguras energi dalam tubuhmu. Nggak jarang kondisi ini menimbulkan nyeri di beberapa bagian tubuh. Manfaatkan buah sirsak untuk mengatasi keadaan ini. Sirsak mengandung antioksidan, yang mana sel tersebut mampu melawan radikal bebas, mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Salah satu efek stres oksidatif adalah peradangan. Oleh karena itu, antioksidan dalam sirsak dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

3. Mengatasi maag.

Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah mengatasi permasalahan maag. Terdapat kandungan antiulserogenik karena adanya senyawa aktif seperti flavonoid, tanin, dan triterpene.

Manfaat dari kandungan tersebut mampu membantu mengurangi lesi ulseratif atau tukak lambung pada perut dan meningkatkan fungsinya.

4. Mengatur tekanan darah tinggi.

Tak hanya penderita tekanan darah rendah yang bisa merasakan nyeri pada kepala, penderita tekanan darah rendah pun juga. Untuk kamu yang mengalami permasalahan ini, kenali penyebab yang bisa menimbulkan gejala pada tubuhmu. Cara itu dapat membuatmu lebih mudah untuk melindungi diri sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa menjaga dengan mengonsumsi buah sirsak. Terdapat sifat antihipertensi di dalam buah sirsak yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, buah ini bisa membantu dalam mengontrol tekanan darah tinggi dan pencegahan komplikasi.

5. Mencegah kerusakan sel.

Kandungan antioksidan di dalam buah sirsak juga bisa mencegah kerusakan sel. Pasalnya, antioksidan merupakan senyawa yang membantu menetralkan senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Dengan demikian akan sangat bermanfaat untuk menjaga tubuhmu.

6. Menghindarkan dari risiko penyakit kronis.

Nggak kalah menarik, manfaat buah sirsak selanjutnya yaitu meminimalisir risiko penyakit kronis. Dan manfaat ini bisa kamu dapatkan juga dari kandungan antioksidan di dalam buah sirsak.

Nah, jadi nggak ada salahnya nih untuk kamu memasukkan buah sirsak dalam daftar belanjaan bulan ini. Selain praktis dimakan, manfaatnya pun berlimpah.

7. Membantu membasmi sel kanker.

Risiko kanker juga bisa ditekan dengan buah sirsak. Penelitian ekstensif telah melakukan senyawa organik unik dari sirsak, kandungan yang ada pada sirsak merupakan cara alternatif untuk mengurangi risiko kanker.

Buah sirsak mampu menghentikan pertumbuhan dan pembentukan sel kanker. Sementara itu, dalam sel kanker payudara, buah ini juga mampu mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

8. Mengatasi diabetes.

Tak hanya darah tinggi, diabetes juga bisa dikontrol dengan buah sirsak. Perlu kamu ketahui, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sirsak bisa membantu menurunkan konsentrasi glukosa darah bila diminum setiap hari selama dua minggu.

Selain itu, sirsak memiliki sifat antidiabetes dan hiperlipidemia. Efek antioksidan dari sirsak juga bisa melindungi sel beta pankreas dari kerusakan oksidatif yang merupakan penyebab utama diabetes tipe 1.

9. Melancarkan pencernaan.

Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Satu buah sirsak mengandung sekitar 83% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu meningkatkan keteraturan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

10. Mencegah kerusakan hati.

Kadar bilirubin yang tinggi mengindikasikan kerusakan atau penyakit hati. Sebuah penelitian menyebutkan sifat sirsak yang bisa menurunkan hepatoprotektif dan bilirubin. Hal ini dapat bermanfaat untuk melindungi hati dari toksisitas karbon tetraklorida dan asetaminofen.

11. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh memang sangat penting untuk tubuh kalian, karena sistem kekebalan tubuh yang lemah akan membuat tubuh gampang terkena penyakit. Dan nyatanya buah sirsak mampu mencegah penyakit akibat serangan virus seperti flu, herpes dan lainnya.

Penelitian dari BioMed Research International menunjukkan bahwa, kandungan vitamin C yang ada pada buah sirsak mampu meminimalkan flu. Dengan mengonsumsi buah sirsak secara rutin dipercaya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh sehingga kalian tidak mudah jatuh sakit.

12. Memperkuat tulang.

Nggak hanya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh saja, nyatanya buah sirsak juga mampu memperkuat tulang di dalam tubuh lho! Hal ini karena di dalam buah sirsak terdapat kandungan kalsium serta fosfor yang dapat membantu pertumbuhan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis.

13. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat buah sirsak yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini karena di dalam buah sirsak terdapat kandungan berupa vitamin A, vitamin E, serta betakaroten. Dan kandungan ini dipercaya efektif mengurangi risiko penyakit mata.

Selain itu, ketiga kandungan tersebut juga mampu mengurangi stres oksidatif yang memicu katarak dan degenerasi makula terkait usia.

-Manfaat sirsak untuk kecantikan.

foto: freepik.com

14. Mencegah penuaan dini.

Buah sirsak mengandung asam askorbat dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan itu berfungsi antioksidan dalam tubuh kita yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi pada kulit.

Nggak hanya buahnya saja, daun sirsak juga dapat mengatasi berbagai macam masalah dalam kulit. Daun sirsak memiliki kualitas penyembuhan yang efektif, karena itu cocok digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Jika kalian menempelkan daun sirsak segar pada kulit yang bermasalah, maka penyakit kulit akan lebih cepat sembuh.

15. Menjaga keindahan rambut.

Buah sirsak dapat mencegah kerontokan, mengatasi kutu, hingga mencegah ketombe. Hal tersebut karena di dalam buah sirsak terdapat kandungan anti parasit dan juga vitamin C yang cukup banyak sehingga dapat mencegah kutu, rambut rontok, hingga ketombe. Selain itu buah sirsak juga dapat mengatasi minyak di rambut yang bisa mengakibatkan ketombe.

Bila kalian mengalami hal-hal di atas, maka kalian bisa membuat buah sirsak sebagai conditioner atau dimakan secara langsung untuk mendapatkan hasil yang baik. Kalian juga bisa menerapkan cara ini minimal 1 minggu 1 kali agar ketombe, rambut rontok, dan kutu dapat cepat menghilang.

16. Mencerahkan kulit.

Memiliki wajah cerah adalah impian bagi setiap wanita. Nah, mengonsumi buah sirsak dapat membantu kamu untuk mendapatkan kulit yang cerah. Hal ini karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dalam sirsak, dapat membantu produksi kolagen di dalam tubuh, membantu menjaga elastisitas kulit, dan mencerahkan kulit.

17. Mengatasi jerawat.

Selain mencerahkan kulit, buah sirsak juga dapat mengatasi masalah jerawat. Kandungan antibakteri di dalam buah sirsak dapat mendukung regenerasi sel sehingga dapat menyembuhkan jerawat secara alami.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa membuat masker dari buah sirsak dengan cara menyiapkan 2 sendok daging buah sirsak, 2 sendok susu, 1 sendok gel aloe vera, dan setengah jumput kunyit. Campurkan semua bahan dan aplikasikan di bagian yang berjerawat. Setelah itu, biarkan mengering dan cuci wajah sampai bersih.

18. Mencegah rambut rontok.

Rambut rontok sering kali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Kerontokan rambut ini biasanya disebabkan oleh stress, gangguan masalah kesehatan, produk perawatan rambut yang tidak cocok, usia, dan masih banyak lagi.

Daripada menggunakan perawatan salon yang mahal, lebih baik anda menggunakan bahan-bahan alami yang lebih terjangkau dan aman. Salah satu bahan yang terkenal mampu menyuburkan dan mencegah kerontokan rambut adalah buah sirsak. Hal tersebut dikarenakan buah sirsak memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang mampu menjaga kesuburan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, siapkan satu buah sirsak berukuran sedang dan 5 lembar daun sirsak, kupas kulit buah sirsak dan cuci daun sirsak hingga bersih. Setelah itu, tumbuk daun sirsak hingga halus, dan campurkan dengan buah sirsak yang telah dilumat. Gunakan campuran tersebut untuk masker rambut. Diamkan selama 30 menit, kemudian keramas dengan air hangat.

19. Mengatasi ketombe.

Selain mencegah rambut rontok, buah sirsak juga dapat membantu mengatasi ketombe. Kemunculan masalah ketombe ini biasanya disebabkan oleh kulit kepala kering atau berminyak, stress, iritasi kulit kepala, hormon yang tidak seimbang, reaksi terhadap suatu produk perawatan rambut, jarang keramas, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi ketombe secara alami, kamu dapat menggunakan buah sirsak karena memiliki kandungan anti parasit yang mampu membunuh bakteri penyebab ketombe dan kulit kepala gatal. Caranya, haluskan daging buah sirsak bersama daunnya. Kemudian pijatkan pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan shampo yang biasa kamu gunakan.

20. Melembapkan kulit.

Kulit kering dapat membuat tampilannya menjadi tidak cantik. Kamu bisa mengonsumsi buah sirsak dan menggunakan masker dari buah sirsak untuk melembapkan kulit. buah sirsak memiliki kandungan asam askorbat, antioksidan, dan vitamin C yang dipercaya sangat ampuh dalam mengembalikan minyak alami kulit sehingga terasa lebih lembab dan elastis.

Caranya, haluskan daging buah sirsak lalu campurkan dengan 2 sdm madu. Oleskan ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Perawatan kecantikan menggunakan buah sirsak ini dapat anda lakukan setiap hari karena berasal dari bahan alami sehingga cukup aman.

21. Mengurangi flek hitam.

Flek hitam atau hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti bekas jerawat, efek paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan hormon, termasuk genetik. Flek hitam sendiri merupakan bercak, bintik, atau noda berwarna kegelapan yang disebabkan pigmentasi kulit secara berlebihan.

Untuk mengurangi flek hitam, kamu bisa menggunakan daun sirsak sebagai perawatan alami. Kandungan di dalam daun sirsak dapat membantu memudarkan flek hitam, dengan cara menyediakan 6 lembar daun sirsak yang ditumbuk halus, tambahkan sedikit air mawar, kemudian oles pada wajah sebagai masker. Sambil dipijat lembut dan tunggu hingga cukup meresap, baru dibilas bersih.

22. Menghilangkan komedo.

Komedo merupakan salah satu permasalahan wajah yang cukup mengganggu dan bisa menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Kamu bisa menggunakan manfaat daun sirsak dengan menjadikannya masker wajah. Caranya, siapkan daun sirsak. Kemudian tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air mawar. Oleskan sebagai masker wajah.

23. Mengatasi gatal pada kulit kepala.

Kulit kepala yang gatal membuat seseorang akan sering menggaruknya. Ini tentu membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Rambut gatal dapat terjadi karena beberapa hal seperti mengikat rambut terlalu kencang, alergi, atau kurang menjaga kebersihan rambut.

Untuk mengurangi rasa gatal, kamu cukup merebus 7 lembar daun sirsak muda dengan air 1,5 liter. Kemudian tunggu hingga air berubah warna, tunggu sampai air dingin dan setelahnya gunakan air tersebut untuk keramas. Jangan lupa bilas dengan air bersih setelahnya.

(brl/tin)