Brilio.net - Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang dipercaya masyarakat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Buah mengkudu pun mudah dijumpai di berbagai tempat, bahkan buah ini terkadang tumbuh liar di pinggir jalan atau persawahan.

Untuk merasakan manfaat dari buah mengkudu, masyarakat biasanya merebus atau memblender buah tersebut untuk diminum. Rasa buah mengkudu yang sangat pahit ini membuat beberapa orang menambahkan banyak gula atau meminum air buah mengkudu dengan cepat supaya tidak terasa pahit.

Ternyata sejumlah manfaat dari buah mengkudu bukan mitos. Ada berbagai penelitian yang membuktikan bahwa buah dengan nama latin Morinda citrifolia ini memang berkhasiat.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/6), manfaat buah mengkudu untuk kesehatan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Menghadang radikal bebas.

Manfaat buah mengkudu © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dikutip dari laman healthline.com, buah mengkudu mengandung tinggi antioksidan yang baik untuk mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh sebagai akibat dari radikal bebas.

Radikal bebas ini biasanya dijumpai dalam polusi, asap rokok, radiasi UV, dan pestisida. Paparan radikal bebas tak hanya menyebabkan kerusakan sel, tetapi juga stres oksidatif. Adanya stres oksidatif sering dikaitkan dengan kemunculan penyakit, seperti jantung, diabetes, dan kanker.

Akan tetapi, potensi terjadinya kerusakan sel dan stres oksidatif dapat diminimalisasi dengan konsumsi buah yang tinggi antioksidan, salah satunya mengkudu.

2. Mencegah kanker.

Manfaat buah mengkudu © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Seperti telah disebutkan sebelumnya, stres oksidatif pun dapat menyebabkan terjadinya kanker. Salah satu pemicu berbahaya dari terjadinya stres oksidatif dan kanker adalah asap tembakau.

Penelitian pun membuktikan bahwa terdapat bahan kimia tertentu dalam asap rokok yang dapat mengikat sel dalam tubuh dan menyebabkan kanker. Meskipun demikian, dikutip dari healthline.com, bahan kimia berbahaya yang memicu kanker tersebut dapat diminimalisasi dengan mengonsumsi jus mengkudu.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat buah mengkudu © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Buah mengkudu yang kaya vitamin C ini baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh para penduduk yang tinggal di Kepulauan Pasifik. Sebelum melakukan aktivitas memancing atau melaut dalam jangka waktu panjang, mereka mengonsumsi buah mengkudu supaya tubuhnya tetap fit.

Penelitian pun membuktikan bahwa kebiasaan dari penduduk Kepulauan Pasifik tersebut memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, para peneliti pun menganjurkan bagi orang-orang yang berolahraga agar mengonsumsi buah mengkudu supaya tubuh menjadi lebih fit dan selalu ternutrisi.

Selain kaya vitamin C, buah mengkudu juga mengandung banyak antioksidan, salah satunya beta karoten yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Meredakan nyeri sendi.

Manfaat buah mengkudu © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Bagi penderita radang sendi, nyeri pada sendi tentu saja menjadi hal yang sangat menyakitkan. Akan tetapi, hal tersebut dapat diatasi dengan konsumsi buah mengkudu.

Melansir healthline.com, buah mengkudu terbukti efektif mengurangi rasa sakit pada penderita radang sendi. Buah mengkudu dapat mengurangi nyeri karena bisa meminimalisasi peradangan dan stres oksidatif.

5. Menurunkan risiko penyakit kronis.

Manfaat buah mengkudu © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dengan tingginya kandungan antioksidan dalam buah mengkudu, maka dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Dikutip dari laman National Center for Biotechnology Information, buah mengkudu juga baik untuk mengontrol tekanan darah. Apabila tekanan darah terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

6. Mempercepat pembentukan energi.

Manfaat buah mengkudu © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Konsumsi buah mengkudu dapat mempercepat pembentukan energi yang didapatkan dari makanan. Hal ini dapat terjadi karena buah mengkudu mengandung biotin dan folat yang termasuk ke dalam vitamin B.

Vitamin B memang baik untuk mempercepat proses pembentukan energi tubuh yang didapatkan dari makanan. Dengan cepatnya terjadi pembentukan energi, maka tubuh lebih siap menjalani aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, bekerja, dan berolahraga.

7. Mempercantik kulit.

Manfaat buah mengkudu © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Tak hanya meminimalisasi potensi terkena penyakit serius, buah mengkudu juga dapat mempercantik kulit karena mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan.

8. Baik untuk kesehatan tulang.

Manfaat buah mengkudu © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Melansir laman National Center for Biotechnology Information, ternyata buah mengkudu juga baik dikonsumsi bagi penderita osteoporosis dan gangguan pendengaran. Ketika seseorang mengalami osteoporosis, maka akan terjadi penurunan fungsi pendengaran.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada perempuan yang telah mengalami menopause membuktikan bahwa jus mengkudu dapat mengatasi keluhan tersebut. Setelah mengonsumsi jus mengkudu, perempuan tersebut memiliki tulang yang jauh lebih sehat dan pendengarannya semakin membaik.

(brl/pep)