Brilio.net - Insomnia adalah keadaan yang didefinisikan sebagai masalah tidur. Kondisi itu termasuk saat susah tertidur, masalah tetap tertidur, tidur terfragmentasi (berulang kali terbangun di malam hari), atau terbangun sebelum waktu di pagi hari. Kesulitan dalam tidur ini akan menyebabkan rasa lelah saat tubuh dipakai aktivitas pada siang hari.


Beberapa jenis obat penenang sintetik digunakan untuk menangani perubahan sistem saraf ini. Namun mengonsumsi obat-obatan secara berlebihan dan terus menerus, dapat menyebabkan ketagihan serta berdampak buruk pada kesehatan. Karena setelah beberapa saat, penderita insomnia harus minum obat penenang dosis tinggi agar bisa merasakan kantuk.


Tak ingin membuat tubuh justru terserang penyakit berbahaya karena sering pakai obat penenang, kamu bisa mengatasi insomnia dengan tanaman herbal alami. Tanaman obat semakin mendapat perhatian sebagai agen penenang karena tumbuhan ini mengandung berbagai jenis metabolit bioaktif alami.


Selain itu, tanaman obat mempunyai nilai ekonomis, khasiat tinggi dan mudah didapat. Berikut beberapa jenis tanaman obat mampu mengatasi insomnia, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (2/3).


1. Daun pandan.

obat mengatasi insomnia © freepik.com

foto: freepik.com

Daun pandan mudah dijumpai di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Pandanus Amaryllifolius ini bisa tumbuh hingga 1-2 meter. Daun pandan kerap digunakan sebagai penambah aroma wangi dan rasa manis masakan serta minuman.

Dikutip dari Health Benefit, daun pandan dapat dimanfaatkan sebagai penangkal kesulitan tidur. Kandungan tanin pada daun pandan efektif untuk menenangkan saraf. Seduh daun pandan jadi teh, kemudian konsumsi secara rutin. Rasakan ketenangan relaksasi dalam tubuh.


2. Peppermint.

obat mengatasi insomnia © freepik.com

foto: freepik.com

Daun peppermint juga dapat dijadikan obat mengatasi masalah tidur. Meski daun ini tidak bisa langsung menyembuhkan insomnia, namun kamu akan merasakan ketenangan sebelum tidur. Bagi para insomnia, seduh daun peppermint lalu minum secara rutin. Selain efektif buat insomnia, peppermint juga dipercaya dapat membantu mengatasi sakit kepala, masalah pencernaan, kembung, stres, hingga cemas.


3. Bunga lavender.

obat mengatasi insomnia © freepik.com

foto: freepik.com

Atasi masalah tidur dengan mencium aroma bunga lavender. Sebuah jurnal PubMed Central Korean Society of Nursing Science yang dikutip dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, dengan mencium bau segar lavender, pikiran akan lebih rileks dan nantinya tubuh akan merasa mengantuk.


Selain dihirup, kamu juga bisa menjadikan bunga lavender jadi teh. Seduh beberapa lembar daun lavender, kemudian minum secara rutin setiap harinya. Teh bunga lavender punya kekuatan memberi sinyal pada otak untuk menyuruh tubuh segera beristirahat dan menjauhkan stres.


4. Lemon balm.

obat mengatasi insomnia © freepik.com

foto: freepik.com

Daun lemon balm berbentuk bundar menyerupai hati. Daun hijaunya ini bisa mengeluarkan bau segar saat dihancurkan. Dilansir dari Boldsky, lembar balm memiliki efek menenangkan dan bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih gembira. Bagi penderita insomnia, obati gangguan tidur dengan campuran lemon balm dengan ramuan dari akar valerian.


5. Citrus.

obat mengatasi insomnia © freepik.com

foto: freepik.com

Tanaman selanjutnya adalah buah citrus seperti lemon, jeruk nipis, atau jeruk yang punya cita rasa asam. Buah citrus kaya akan vitamin C, bagus untuk sistem kekebalan tubuh, menenangkan saraf, menghilangkan stres, dan kecemasan. Untuk mendapatkan manfaatnya, seduh buah jeruk dengan air hangat.


6. Bunga chamomile.

obat mengatasi insomnia © freepik.com

foto: freepik.com

Teh bunga chamomile terkenal dengan khasiatnya yang membuat tubuh lebih rileks. Sementara insomnia biasanya dialami karena seseorang merasa terlalu tegang, bunga chamomile pun bisa jadi solusinya. Nikmati teh bunga chamomile yang menenangkan agar tidur menjadi lebih nyenyak.


7. Daun selada.

obat mengatasi insomnia © freepik.com

foto: freepik.com

Daun selada salah satu sayuran favorit sebagai menu lalapan. Di balik kesegarannya, selada dapat menjauhkan kegelisahan dan mengurangi kecemasan. Untuk mengatasi insomnia, konsumsi secara rutin 1-2 lembar daun selada. Efeknya, selain mampu menyingkirkan insomnia, sayuran ini juga bisa meredakan sakit kepala, nyeri otak, dan sakit sendi.


8. Jahe.

obat mengatasi insomnia © freepik.com

foto: freepik.com

Jahe sudah terkenal sedari dulu dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Jahe juga bisa merangsang sistem reseptor hormon serotonin, sehingga otak akan merasakan ketenangan. Alangkah baiknya untuk mengatasi insomnia, sebelum tidur minum secangkir jahe hangat terlebih dulu.


9. Bunga passion flower.

obat mengatasi insomnia © freepik.com

foto: freepik.com

Passion flower adalah sejenis bunga dengan khasiat menenangkan sistem saraf demi membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Minum teh bunga passion flower juga dipercaya seseorang tertidur dengan mimpi. Meskipun agak sulit ditemukan, namun jangan ragu meminumnya jika Anda menemukannya di supermarket.


10. Kayu manis.

obat mengatasi insomnia © freepik.com

foto: freepik.com

Saat tubuh terbangun secara tiba-tiba dan susah tidur saat malam hari, ada kemungkinan itu karena tingkat gula darah tiba-tiba turun. Nah, kayu manis diyakini bisa meningkatkan gula darah. Rempah-rempah ini juga ampuh menenangkan sistem saraf secara alami.