Brilio.net - Vertigo bisa dikatakan mirip seperti kepala pusing pada umumnya. Namun sebenarnya, vertigo adalah sensasi di mana tubuh tidak bisa seimbang dan kepala terasa berputar-putar. Dikutip dari webmd.com, penyakit ini berpusat pada masalah telinga bagian dalam.

Beberapa penyebab paling umum meliputi BPPV yaitu ketika partikel kalsium kecil yang terlepas dari lokasi normalnya di telinga. Tidak diketahui apa alasan pasti BPPV bisa muncul, namun faktor ini dipercaya terkait dengan usia. Selanjutnya, vertigo bisa disebabkan karena kelainan telinga bagian dalam dan infeksi pada telinga.

Penyakit vertigo dapat muncul kapan saja, tapi paling sering dipicu karena perubahan posisi kepala bangun tidur. Selain pusing kepala berputar, penderita juga merasakan mual, gerakan mata tidak normal, berkeringat, hingga gangguan pendengaran seperti berdengung.

Vertigo dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Tapi tak jarang penderita akan merasa terganggu dan tidak tahan dengan vertigo. Oleh sebab itu, beberapa perawatan vertigo secara herbal memakai obat alami bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berikut beberapa jenis tanaman obat ampuh meringankan vertigo, Brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (24/2).

Loading...

1. Blessed Thistle.

tanaman obat vertigo ©freepik.com

foto: freepik.com

Blessed Thistle atau Cnicus benedictus adalah tanaman dari daerah Mediterania yang sekarang banyak ditemukan tumbuh di Amerika Utara. Tanaman ini bisa tumbuh setinggi dua kaki dan menghasilkan bunga kuning dipenuhi oleh duri kecil. Bukan rahasia lagi kalau tanaman ini telah digunakan untuk pengobatan vertigo sejak dulu.

2. Lemon Balm.

tanaman obat vertigo ©freepik.com

foto: freepik.com

Lemon balm merupakan sebuah tanaman yang bentuknya menyerupai daun mint bundar berbentuk hati, namun baunya seperti lemon. Dilansir dari Boldsky, tanaman lemon balm dapat memberikan efek ketenangan pada hati dan pikiran.

Maka dari itu, lemon balm dipercaya memiliki khasiat membantu mengatasi kegugupan dan vertigo. Karena vertigo berkaitan erat dengan sistem peredaran darah, pengiriman sinyal saraf dari telinga secara konstan. Lemon balm dianggap sebagai salah satu pengobatan rumah tercepat.

Selain bisa mengobati vertigo, tanaman ini dipercaya efektif membantu mengatasi migrain, insomnia, ketegangan saraf, dan bahkan depresi.

Cara menggunakannya, ambil beberapa lembar daun lemon balm, kemudian gosokkan hingga aroma khasnya keluar. Cium dan hirup aroma mint lemon balm dengan lembut. Rasakan ketenangan dan rileks secara perlahan. Atau kamu juga bisa mengolah lemon balm diseduh jadi teh.

3. Butcher’s Broom.

tanaman obat vertigo ©freepik.com

foto: freepik.com

Butcher’s Broom kerap disebut aneh lantaran buahnya tumbuh dari daun, bukan pada batang. Tak hanya unik dan cantik, tanaman ini rupanya punya khasiat mengobati penyakit vertigo. Efek vasodilator dari tanaman ini dapat secara alami meringankan gangguan saraf.

4. Cayenne.

tanaman obat vertigo ©freepik.com

foto: freepik.com

Cayenne adalah tanaman cabai pedas yang bisa dipakai sebagai ramuan mengobati vertigo. Senyawa capsaicin aktif dalam cabai bisa merangsang agregasi trombosit dan meningkatkan aliran darah ke otak. Itulah sebabnya tanaman ini biasa digunakan untuk dukungan peredaran darah.

5. Basil.

tanaman obat vertigo ©freepik.com

foto: freepik.com

Daun, bunga, dan biji tanaman basil atau ocimum kerap dipakai sebagai salah satu obat perawatan vertigo. Ramuan yang terbuat dari tanaman basil mengandung sifat antiseptik yang mengurangi kelemahan dan pusing. Nggak heran jika tanaman ini termasuk salah satu obat herbal vertigo andalan saat di rumah.

Tambahkan 10 sampai 12 tetes ekstrak basil ke dalam air panas. Letakkan wajah ke uap basil. Kemudian tutupi kepala menggunakan panci, supaya kamu bisa menghirup uap ekstrak basil lebih tenang. Supaya mendapatkan hasil maksimal, lakukan terapi uap basil setidaknya dua kali sehari.

6. Ginkgo Biloba.

tanaman obat vertigo ©freepik.com

foto: pixabay.com

Ginkgo Biloba memiliki kegunaan sebagai obat yang sangat besar. Efektif dalam mengurangi gejala vertigo seperti sakit kepala, mual dan pusing. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah telinga tengah yang menjaga keseimbangan tubuh. Ini adalah salah satu pengobatan rumah herbal terbaik untuk gejala vertigo. Cara menggunakannya, seduh daun ginko biloba menjadi teh.

7. Jahe.

tanaman obat vertigo ©freepik.com

foto: pixabay.com

Jahe merupakan obat tradisional untuk penangkal rasa mual dan muntah. Tak hanya berfungsi sebagai pencegah, namun jahe juga dapat efektif dalam mengobati vertigo saat menyerang. Jahe dapat meningkatkan aliran darah di otak dan dengan demikian membebaskanmu dari rasa pusing dan berputar.

8. Bayam.

tanaman obat vertigo ©freepik.com

foto: pixabay.com

Bayam juga menjadi salah satu menu makanan yang mengandung vitamin B6 tinggi. Karena itulah bayam menjadi menu sayur yang cocok untuk bisa mencegah vertigo muncul. Meskipun terlihat sepele, namun daun hijau ini memiliki kandungan manfaat tinggi bagi kesehatan tubuh.

9. Peppermint.

tanaman obat vertigo ©freepik.com

foto: freepik.com

Peppermint dianggap sebagai salah satu ramuan terbaik yang berguna untuk mengobati vertigo. Daunnya dikenal dengan aroma aromaterapi yang bisa menenangkan. Gejala vertigo seperti mual dan pusing dapat berkurang saat kamu hirup atau minum ekstrak teh dari daun peppermint.