Brilio.net -  Keladi tikus merupakan genus tumbuhan berbunga di keluarga Araceae. Tanaman ini juga sering disebut telinga gajah. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki nama latin Caladium sp. Tanaman tikus varigata ini memiliki memiliki daun yang berwarna hijau dan kuning.

Sejarah keladi tikus varigata Berbagai sumber

foto: Instagram/@mufida.uliyah

Tak hanya sebagai tanaman hias saja, keladi tikus juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari agromedia, berdasarkan beberapa kali penelitian, seperti yang dilakukan oleh Huang pada tahun 2004, kandungan phenylpropanoid glikosida, sterol, dan cerebrosida yang terdapat dalam umbi keladi tikus. Kandungan ini dapat digunakan sebagai antihepatotoksik untuk menghambat kerusakan sel hati.

Sementara menurut penelitian Choon (2008), ekstrak keladi tikus mampu mencegah terjadinya kanker hati akibat adanya karsinogen. Begitu juga dari hasil penelitian Mohan, S et al, (2010), kandungan asam linoleatnya dapat menghambat perkembangan sel kanker secara selektif.

Loading...

Keladi tikus sangat mudah ditemui di pulau Jawa. Sifat tumbuhnya berada di tanah lembab dan sedikit paparan sinar matahari. Karena bunganya yang mirip ekor tikus, tanaman ini dinamakan keladi tikus.

Jika kamu ingin menanam keladi tikus varigata, sangat disarankan menggunakan tanah humus atau tanah kompos. Kamu juga harus memperhatikan tempat meletakkannya, karena jenis tanaman hias ini tidak baik jika terkena sinar matahari secara langsung.

Manfaat keladi tikus varigata.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, keladi tikus varigata memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan, mulai dari batuk, sesak napas, hingga infeksi paru-paru (pneumonia). Berikut beberapa kelebihan kelebihan keladi tikus dari segi kesehatan, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (22/2).

1. Mengatasi peradangan.

Sejarah keladi tikus varigata Berbagai sumber

foto: freepik.com

Keladi tikus bersifat antiinflamasi. Di mana antiinflamasi merupakan kandungan pada obat-obatan yang memiliki aktivitas mengurangi atau menekan peradangan. Kondisi peradangan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti luka fisik, infeksi, dan interaksi antigen-antibodi.

2. Mengurangi gejala batuk.

Sejarah keladi tikus varigata Berbagai sumber

foto: freepik.com

Keladi tikus bekerja sangat baik untuk menghilangkan batuk. Tak hanya itu saja, keladi tikus juga bisa mengatasi gejala flu, jantung, paru, atau terkait dengan sistem saraf.

3. Melawan sel kanker.

Sejarah keladi tikus varigata Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tanaman keladi tikus mengandung Riboseme Inactiviting Protein (RIP), dimana kandungan ini dipercaya dapat melawan sel kanker. Tak hanya itu saja, keladi tikus juga mengandung antioksidan tinggi dan zat kurkumin. Kedua kandungan itu penting dalam terapi kanker serta untuk pencegahan penyakit mematikan tersebut.

4. Mengobati bisul.

Sejarah keladi tikus varigata Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bisul menjadi penyakit kulit yang kerap dialami oleh kebanyakan orang. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan keladi tikus, hal ini dikarenakan keladi tikus mengandung zat hepatoprotector yang mampu mengatasi bengkak pada bisul yang disertai nanah.

5. Mengatasi nyeri.

Sejarah keladi tikus varigata Berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun keladi tikus bersifat analgesik. Kandungan serta sifat tersebut dapat menghilangkan rasa sakit akibat nyeri otot, radang sendi, kram menstruasi, sakit kepala, sakit gigi, operasi, dan cedera.

6. Meredakan stres.

Sejarah keladi tikus varigata Berbagai sumber

foto: freepik.com

Stres bisa menjadi masalah serius jika tidak diatasi. Pasalnya ketika stres, kamu mengalami susah tidur, tidak fokus, sehingga menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Cara mengatasi stres, kamu bisa menggunakan keladi tikus. Hal ini dikarenakan keladi tikus hampir sama halnya dengan obat penenang.