Brilio.net - Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan hampir dialami oleh semua orang. Batuk sendiri merupakan reaksi tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan.

Namun, batuk juga bisa menjadi gejala awal untuk penyakit-penyakit tertentu. Oleh karenanya batuk tidak bisa disepelekan.

Batuk pada umumnya bisa sembuh dalam waktu tiga minggu, meski begitu batuk harus tetap diatasi dengan obat-obat tertentu. Salah satunya kamu bisa menggunakan ramuan tradisional dengan memanfaatkan tanaman obat.

Ramuan tradisional ini mudah dijumpai bahkan bisa diracik sendiri dengan mudah. Dengan bantuan obat tradisional, batuk akan cepat reda, baik itu kering maupun berdahak.

Nah buat kamu yang sekarang ini sedang mengalami batuk, berikut tanaman obat batuk yang bisa kamu manfaatkan. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (2/2).

Loading...

1. Jahe.

Tanaman obat batuk freepik.com

foto: freepik.com

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan batuk dan juga asma. Dilansir dari medicalnewstoday.com, penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat meredakan batuk. Para peneliti masih terus mempelajari efek jahe pada sel manusia dan hewan, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian.

Kamu bisa meminum seduhan jahe. Kamu juga bisa menambahkan teh dan madu untuk membuat rasa menjadi lebih enak.

2. Bawang putih.

Tanaman obat batuk freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih juga sangat ampuh dalam meredakan batuk, baik kering maupun berdahak. Pasalnya, kandungan antivirus dan antibiotik pada bawang putih mentah dipercaya dapat membantu mengencerkan dahak yang bersarang di saluran pernapasan.

3. Lemon dan jeruk nipis.

Tanaman obat batuk freepik.com

foto: freepik.com

Lemon dan jeruk nipis bisa menjadi paduan yang pas dalam mengatasi batuk. Dilansir dari thehealthy.com, lemon cenderung mengurangi lendir, jika kamu mengalami batuk berdahak, maka lemon akan sangat membantu meredakan batuk.

Cukup peras lemon dan jeruk nipis. Lalu tambahkan sedikit madu agar tidak terasa begitu asam atau kecut.

4. Kunyit.

Tanaman obat batuk freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Kunyit bisa mengatasi batuk kering dengan sangat baik.

Dilansir dari healthline.com, kunyit telah dipercaya bisa mengatasi masalah pernapasan, bronkitis, dan asma dalam pengobatan Ayurveda selama berabad-abad. Kamu bisa menambahkan 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman, kemudian minum ramuan tersebut.

5. Peppermint.

Tanaman obat batuk freepik.com

foto: freepik.com

Peppermint mengandung mentol yang membantu melegakan tenggorokan yang teriritasi karena batuk. Peppermint juga bisa mengatasi nyeri dan meredakan batuk dengan cepat.

Dilansir healthline.com, peppermint juga membantu mengurangi hidung tersumbat. Selain itu, peppermint mengandung antibakteri dan antivirus. Cobalah minum teh peppermint tepat sebelum tidur untuk membantu meringankan batuk di malam hari.

6. Nanas.

Tanaman obat batuk freepik.com

foto: freepik.com

Nah kamu bisa menjadikan nanas sebagai bahan alami untuk mengatasi batuk. Menurut, healthline.com nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meredakan gejala yang timbul saat mengalami batuk berdahak.

Kandungan bormelain yang tersusun dari enzim proteolytic dan protease ini memiliki sifat antiinflamasi. Sehingga, dapat memecah dahak yang menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru.

7. Asam jawa.

Tanaman obat batuk freepik.com

foto: freepik.com

Asam jawa dan gula merah memiliki khasiat untuk meredakan gatal pada tenggorokan. Caranya cukup mudah, kamu tinggal campurkan asam Jawa dan gula merah ke dalam segelas air hangat. Kemudian kamu tinggal meminumnya.