Brilio.net - Batuk merupakan respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan partikel dan zat dari dalam saluran pernapasan. Dengan batuk, tubuh dengan sendirinya membersihkan lendir atau faktor yang bisa menyebabkan iritasi keluar dari paru-paru.

Pada umumnya, batuk bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu tiga minggu. Sangat jarang mengindikasikan penyakit tertentu.

Namun kondisi sekarang ini, yakni adanya virus corona COVID-19, orang menjadi takut ketika dirinya mengalami batuk. Pasalnya, salah salah satu ciri seorang terinfeksi COVID-19 adalah batuk.

Namun, ini tidak bisa menjadi patokan untuk mengindikasikan seseorang terinfeksi virus corona. Hasil akurat tetap harus melalui tes medis.

Jika kamu mengalami batuk, pastikan untuk tidak panik. Cobalah mengobatinya dengan bahan-bahan alami.

Loading...

Selain mudah didapat dan bisa diracik sendiri, bahan-bahan alami tidak memiliki efek samping.

Nah berikut ini beberapa obat batuk paling manjur dari bahan-bahan alami seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (24/3).

1. Teh herbal dan madu.

Obat batuk paling manjur dari bahan alami Istimewa

foto: comvita.com.au

Jika kamu sekarang ini sedang mengalami batuk berdahak, maka minum teh herbal dengan madu bisa menjadi solusi terbaik. Pasalnya dengan mengonsumsi teh herbal dengan madu dalam kondisi hangat membuat tenggorokan menjadi lebih lega, mengurangi iritasi dan juga mengencerkan dahak di saluran pernapasan.

Dilansir dari merdeka.com, hal ini telah disampaikan oleh kepala medis American Lung Association, Norman H Edelman. Teh yang dapat kamu konsumsi ketika sedang mengalami batuk berdahak adalah teh yang tidak mengandung kafein.

2. Mengonsumsi bawang putih.

Obat batuk paling manjur dari bahan alami Istimewa

foto: medicalnewstoday.com

Bawang putih yang dikenal sebagai bumbu dapur ini ternyata dapat digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Untuk mengobati batuk berdahak, kamu bisa mengonsumsinya beberapa siung bawang putih mentah.

Kandungan antivirus dan antibiotik pada bawang putih mentah dipercaya dapat membantu mengencerkan dahak yang bersarang di saluran pernapasan.

3. Campuran jahe.

Obat batuk paling manjur dari bahan alami Istimewa

foto: womenshealthmag.com

Jahe memang sangat dikenal dalam dunia kesehatan. Ketika kamu dalam kondisi batuk, kamu bisa mengonsumsi campuran jahe yang telah dilarutkan ke dalam air hangat atau teh.

Kandungan bahan alami dari jahe memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat. Sehingga, bisa membantu melawan infeksi dalam saluran pernapasan, sekaligus mencegah perkembangan virus dan bakteri baru.

4. Lemon dan jeruk nipis.

Obat batuk paling manjur dari bahan alami Istimewa

foto: healthline.com

Lemon dan jeruk nipis menjadi paduan yang pas untuk mengatasi batuk. Pasalnya, kedua bahan ini mengandung vitamin C tinggi dan antibakteri.

Kandungan pada jeruk nipis dan lemon itu mampu membunuh bakteri dalam tubuh yang menyebabkan tenggorokan gatal. Jika kamu tidak suka dengan rasa asam, maka kamu bisa mencampurkan sedikit madu.

5. Konsumsi kunyit.

Obat batuk paling manjur dari bahan alami Istimewa

foto: healthline.com

Kunyit dipercaya dapat mengurangi gejala batuk, terutama batuk kering. Kunyit mengandung curcumin bersifat antiradang, sehingga mampu melawan partikel asing yang mengakibatkan infeksi di saluran pernapasan.

Kamu bisa mengonsumsi kunyit dengan cara menghancurkannya terlebih dahulu, kemudian campurkan dalam segelas susu panas.

6. Konsumsi nanas.

Obat batuk paling manjur dari bahan alami Istimewa

foto: medicalnewstoday.com

Nanas merupakan jenis buah yang cukup banyak disukai orang. Nah kamu bisa menjadikan nanas sebagai bahan alami untuk mengatasi batuk.

Dari berbagai referensi kesehatan, nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meredakan gejala yang timbul saat mengalami batuk berdahak.

Kandungan bormelain yang tersusun dari enzim proteolytic dan protease ini memiliki sifat antiinflamasi. Sehingga, dapat memecah dahak yang menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru.

7. Kumur dengan air garam.

Obat batuk paling manjur dari bahan alami Istimewa

foto: theladders.com

Bagi kamu yang mengalami batuk berdahak, kamu bisa mengatasinya dengan berkumur air garam. Hal ini lantaran air garam dipercaya dapat meredakan sakit dan iritasi tenggorokan akibat batuk berdahak.

Garam juga membantu untuk mengeluarkan lendir atau dahak yang ada di belakang tenggorokan, serta membuat rasa gatal pada saluran pernapasan berkurang.

8. Bawang putih dan bawang merah.

Obat batuk paling manjur dari bahan alami Istimewa

foto: splendidtable.org

Bawang putih dan bawang merah bisa kamu gunakan untuk meredakan batuk kering dan rasa gatal di tenggorokan. Kandungan phytochemical pada bawang merah dan antibakteri pada bawang putih mampu mengatasi batuk dengan sangat ampuh.

Kamu bisa mengonsumsinya dalam berbagai cara, dijus atau memakannya langsung. Memang rasanya tidak enak, namun khasiatnya sangat baik.

9. Asam jawa dan gula merah.

Obat batuk paling manjur dari bahan alami Istimewa

foto: allrecipes.com

Bahan dapur satu ini juga bisa menjadi bahan alami mengatasi batuk. Asam jawa dan gula merah memiliki khasiat untuk meredakan gatal pada tenggorokan.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal campurkan asam Jawa dan gula merah ke dalam segelas air hangat. Kemudian kamu tinggal meminumnya.

10 Jahe dan madu.

Obat batuk paling manjur dari bahan alami Istimewa

foto: naturalfoodseries.com

Seperti diketahui, jahe memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Nah kamu bisa mencampurnya dengan madu untuk mengatasi batuk. Mencampurkan keduanya maka akan sangat efektif mengurangi batuk kering maupun berdahak.