Brilio.net - Ambeien atau wasir merupakan istilah dari hemorrhoids. Yakni pembuluh darah yang membengkak di dalam dan sekitar anus. Penyakit ini bisa disebabkan oleh seseorang yang susah buang air besar atau seseorang duduk dalam keadaan yang sama, dalam waktu yang lama. Penyebab lainnya adalah terlalu sering mengangkat beban berat, mengejan terlalu keras, kebutuhan dalam tubuh tidak terpenuhi, bahkan makan makanan terlalu pedas.

Dilansir brilio.net dari healthline, ambeien bisa bersifat internal dan juga eksternal. Ambeien internal berkembang di dalam anus dan rektum. Sedangkan eksternal berkembang diluar anus. Biasanya penyakit ini menyebabkan menyebabkan nyeri, gatal hebat, dan kesulitan duduk.

Tak hanya itu gejalanya juga bisa seperti pembengkakan, gatal, ketidaknyamanan, dan pendarahan saat buang air besar. Jika sudah parah, penderitanya bisa menghilangkan ambeien ini dengan cara operasi.

Namun, jika masih ringan cara alami juga bisa kamu pilih untuk mengatasi ambeien. Yaitu dengan tanaman atau tumbuhan tertentu yang bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dioleskan pada bagian anus.

Ada banyak tanaman obat ambeien yang dapat dimanfaatkan oleh penderita ambeien ini. Selain itu tanaman-tanaman ini mudah dibudidayakan.

Loading...

Apa saja? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 6 tanaman obat ambeien yang ampuh dan mudah dibudidayakan, Rabu (27/01).

1. Lidah buaya.

Tanaman obat ambeien Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Tanaman obat yang pertama yakni lidah buaya atau disebut aloe vera. Tanaman berdaging tebal ini mengandung zat anti inflamasi. Dengan rasa jel yang sejuk, lidah buaya juga dapat menjadi obat ambeien alami yang menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien tersebut.

Untuk membudidayakannya tanaman lidah buaya ini cukup mudah. Sebab tanaman ini memiliki sifat yang tahan di segala cuaca, terlebih di cuaca yang panas.

2. Kangkung.

Tanaman obat ambeien Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@wangilife_

Batang kangkung muda begitu nikmat diolah menjadi beragam masakan. Nah, untuk akarnya ternyata bisa dimanfaatkan untuk obat ambeien loh.

Sebab pada kangkung terdapat zat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, fosfor, kalsium, dan zat besi. Tidak salah lagi dengan adanya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, juga dapat digunakan untuk mengobati ambeien.

Tanaman kangkung ini juga menjadi sayur yang mudah dan cepat ditanam. Bahkan terdapat dua jenis kangkung yakni kangkung darat atau tanah dan kangkung air. Kamu juga bisa membudidayakan dengan teknik hidroponik.

3. Cocor bebek.

Tanaman obat ambeien Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mbah_uti_smr

Tanaman cocor bebek (Bryophyllum pinnatum) dikenal sebagai tanaman hias dengan warna bunga bervariasi, merah, merah muda, kuning, cokelat, jingga, ungu dan lainnya. Tanaman yang memiliki struktur daun mirip paruh bebek ini memiliki kandungan glukosa, damar, kalsium, magnesium malat dan tanin.

Senyawa tersebut dapat difungsikan sebagai anti peradangan. Tanaman cocor bebek dianggap sebagai tanaman invasif karena persebarannya sangat cepat dan mudah. Sebab cocor bebek berkembang biak melalui tunas daun.

4. Bunga pagoda.

Tanaman obat ambeien Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@siti.aliyah.79

Siapa sangka bunga yang memiliki rupa cantik seperti pagoda ini ternyata bisa dijadikan obat herbal. Bukan hanya bunganya saja, melainkan akar dan juga daunnya. Akar bunga pagoda memiliki rasa yang pahit.

Sedangkan bunganya yang memiliki rasa manis ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif. Ada kandungan saponin dan polifenol, alkaloid, dan flavonoid pada bunga pagoda. 3 Kandungan ini dapat berfungsi sebagai anti-peradangan.

5. Daun ungu.

Tanaman obat ambeien Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@herba_indoutama

Daun ungu atau daun handeuleum dengan nama latin Latya Graptophyllum pictum L.Griffith juga dapat digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif. Hal ini karena daun ungu juga berguna sebagai anti-peradangan yang efektif.

Kandungan alkaloid dalam daun ungu mempunyai kemampuan sebagai anti-inflamasi. Caranya rebus daun ungu secukupnya sampai matang. Minum rebusan daun ungu tersebut setiap hari untuk mengempeskan benjolan atau ambeien yang terjadi.

6. Daun sirsak.

Tanaman obat ambeien Instagram ; Freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Nggak hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat, daun buah sirsak ternyata mengandung senyawa anti bakteri. Kandungan tersebut dapat menjadi alternatif untuk mengobati ambeien secara alami. Caranya dengan menyiapkan lima lembar daun sirsak dan dua gelas air mineral, setelah itu rebus hingga airnya tersisa satu gelas, dan minumlah air rebusan tersebut setiap pagi dan malam.