Brilio.net - Penyembuhan luka pada kulit adalah proses di mana kulit memperbaiki dirinya sendiri. Pada manusia, kulit akan membentuk regenerasi baru yang nantinya menutup area yang terluka. Secara umum penyembuhan luka kulit dapat dibagi menjadi 4 fase, yaitu hemostasis, inflamasi, proliferasi, dan remodeling.

Namun, penyembuhan kulit secara mandiri membutuhkan waktu yang terkadang sangat lama. Waktu penyembuhan yang tidak menentu membuat sebagian orang tidak sabar ingin segera sembuh. Untuk itu kamu bisa melakukan pengobatan tambahan memakai produk alami, yakni dengan obat-obatan tradisional.

Kamu bisa memanfaatkan tanaman herbal yang ada di sekitar sebagai penanganan tambahan. Mulai dari cocor bebek, daun binahong, dan lainnya. Tanaman obat ini bisa membantu menyembuhkan luka, meringankan rasa nyeri, dan mencegah penyebaran infeksi pada kulit.

Tanaman apa saja yang ampuh untuk menyembuhkan luka luar? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (4/3).

1. Yarrow.

tanaman obat luka luar ©freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Tanaman yarrow atau Achillea millefolium telah digunakan selama ribuan tahun karena punya banyak manfaat kesehatan. Yarrow ini memiliki berbagai manfaat sebagai teh herbal, ekstrak, atau minyak atsiri. Tanaman yang tergolong keluarga achillea ini banyak digunakan untuk mengobati luka.

Tanaman yarrow memiliki ciri bunganya bergerombol dan daunnya berbulu dapat mengeluarkan aroma. Dikutip dari healthline, sejak zaman Yunani kuno, yarrow telah digunakan sebagai bahan tapal dan salep untuk mengobati luka. Ekstrak dari daun yarrow menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang keduanya membantu penyembuhan luka.

2. Lidah buaya.

tanaman obat luka luar ©freepik.com

foto: freepik.com

Lidah buaya terkenal sering dipakai untuk perawatan wajah dan rambut. Tanaman ini memang dikenal sebagai tanaman serbaguna. Selain untuk kecantikan, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka. Kandungan Vitamin B6 pada lidah buaya berperan mengobati rasa sakit dan menciptakan antibodi untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.

Lidah buaya kaya akan senyawa aktif seperti mannans acetate, polymannans, antrakuinon, lektin dan saponin serta senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon sendiri merupakan zat yang bisa mencegah bakteri. Daunnya juga mengandung zat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang dapat mencegah perkembangan luka jadi infeksi.

Cara menggunakannya, ambil beberapa batang lidah buaya. Kemudian potong dan belah. Ambil lendirnya lalu tempelkan pada daerah kulit yang luka.

Tak hanya untuk mengobati luka, lidah buaya juga bisa jadi bahan krim, tabir surya, dan pelembab. Bentuk gelnya adalah obat topikal untuk mengobati luka bakar dan mempercepat penyembuhan luka. Karena lidah buaya adalah anti-inflamasi alami yang meningkatkan sirkulasi darah. Ia juga memiliki sifat antibakteri yang menghentikan pertumbuhan bakteri.

3. Pohon yodium.

tanaman obat luka luar ©freepik.com

foto: freepik.com

Pohon yodium mengandung alpha amirin, kampesterol, 7 alfa diol, stigmaterol, beta sitosterol, dan HCN. Batang pohon yodium juga mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan tanin. Kaya akan kandungan bermanfaat, tanaman ini diyakini bermanfaat untuk sembuhkan luka ringan dan mencegah infeksi.

Cara menggunakannya, petik satu lembar daun yodium. Oleskan getahnya yang ada pada ujung batang ke area kulit yang terluka. Selain mencegah infeksi, yodium juga bisa menghilangkan bekas luka yang sudah menghitam pada kulit.

4. Batang daun talas.

tanaman obat luka luar ©freepik.com

foto: freepik.com

Tanaman talas kaya akan senyawa flavonoid yang bersifat antibakteri. Senyawa flavonoid pada daun talas dapat membantu proses penyembuhan luka luar, dengan cara mencegah kulit terinfeksi bakteri. Batang daun talas juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan rasa nyeri akibat luka.

Senyawa tanin yang ada pada daun talas juga menunjang penyembuhan luka dengan cara membuat pori-pori kulit mengecil, sehingga meminimalisasi pendarahan. Cara menggunakannya pun cukup mudah, petik beberapa daun talas, lalu tempelkan getahnya pada area yang terluka. Diamkan beberapa saat.

5. Lemon timi.

tanaman obat luka luar ©freepik.com

foto: freepik.com

Lemon timi dipercaya sudah berabad-abad dipakai untuk membantu menyembuhkan luka luar. Di dalam tanaman ini mengandung antibiotik yang dapat bekerja mencegah infeksi dan penyebaran bakteri. Selain itu, lemon timi ini juga kerap dipakai sebagai anti jamur terhadap masalah pada kuku kaki.

6. Cocor bebek.

tanaman obat luka luar ©freepik.com

foto: freepik.com

Cocor bebek tidak hanya bisa dikoleksi sebagai tanaman hias, daun hijau tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengganti antiseptik. Cocor bebek mengandung anti-inflamasi dan antibakteri yang bisa menyembuhkan luka kulit luar. Cara menggunakannya, ambil beberapa helai daun cocor bebek, tumbuk sampai halus. Kemudian campur dengan air secukupnya, tempel pada area luka. Diamkan beberapa jam hingga mengering.

7. Daun binahong.

tanaman obat luka luar ©freepik.com

foto: freepik.com

Tanaman herbal ampuh sembuhkan luka luar terakhir adalah daun binahong. Jenis tanaman menjalar ini kerap ditemui di dataran rendah sampai tinggi. Daun binahong mengandung antiseptik yang bisa menyembuhkan luka secara cepat. Di dalamnya juga terdapat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi bengkak dan memar akibat luka.

Cara menggunakannya, ambil beberapa helai daun binahong. Tumbuk hingga halus lalu tempelkan pada area kulit yang terluka. Diamkan beberapa waktu.