×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Cara mencegah kanker payudara secara alami dan efektif

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

6 Cara mencegah kanker payudara secara alami dan efektif

Salah satu faktor penyebab kanker payudara diketahui akibat obesitas.

07 / 11 / 2019 08:32

Brilio.net - Kanker, mendengar kata itu bisa membuat siapa saja khawatir dan was-was. Pasalnya penyakit kanker menjadi permasalahan yang serius di seluruh dunia. Salah satu jenis kanker yang begitu berbahaya bagi perempuan setelah kanker serviks yaitu kanker payudara. Kanker payudara adalah kanker yang terbentuk di sel-sel payudara. Kanker payudara dapat terjadi pada pria maupun wanita, namun hal ini lebih umum terjadi pada wanita.

Pada mulanya kanker payudara terjadi ketika sel-sel di payudara tumbuh di luar kendali. Sel-sel ini kemudian membentuk tumor dan terasa sebagai benjolan. Tumor yang sudah tumbuh ganas itu akhirnya kemudian menjadi kanker. Kanker payudara dapat menyebar ketika sel-sel kanker menyebar ke dalam darah atau sistem getah bening dan dibawa ke bagian lain dalam tubuh.

Sejauh ini tidak ada yang tahu penyebab pasti kanker payudara. Namun satu hal yang diketahui kanker payudara selalu disebakan oleh kerusakan pada sel DNA dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara. Nah, beberapa faktor penyebab kanker payudara diketahui akibat obesitas atau wanita dengan kelebihan berat badan. Ada pula karena kebiasaaan merokok, nikotin pada rokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Seseorang juga akan bisa terkena penyakit ini jika dalam keluarganya juga memiliki riwayat kanker payudara. Tentunya penyakit ini begitu menyeramkan hingga banyak wanita yang mencari tahu cara mencegah kanker payudara secara alami dan efektif. Penting bagi kamu mengetahui cara mencegah kanker payudara sebelum terlambat. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (7/11) 6 cara mencegah kanker payudara secara alami dan efektif.

1. Jaga berat badan.

Loading...

6 Cara mencegah kanker payudara secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Umumnya wanita selalu risau dengan urusan berat badan. Mereka cenderung tak ingin memiliki berat badan yang berlebih. Hal tersebut juga selaras untuk menghindari salah satu penyebab kanker payudara. Dengan mempertahankan berat badan yang sehat, dan terhindar dari obesitas juga akan menurunkan risiko berbagai kanker, termasuk kanker payudara, terutama setelah menopause.

2. Makan buah dan sayur.

6 Cara mencegah kanker payudara secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Buah dan sayur merupakan salah satu makanan yang penting bagi tubuh. Buah dan sayur mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. Nutrisi yang terkandaung dalam saturan dan buah-buahan diantaranya yakni, vitamin dan mineral. Zat-zat itu sangat penting untuk melakukan metabolisme. Apabila zat-zat tersebut tidak terpenuhi maka dapat menjadi gangguan, salah satu penyebab kanker payudara.

Selain itu dengan mengatur pola makan sehat dengan buah dan sayur juga dapat membuat perut menjadi kenyang. Kandungan serat yang tinggi pada buah dan sayur juga dapat dijadikan salah satu menu diet untuk penderita obesitas.

3. Hindari merokok.

6 Cara mencegah kanker payudara secara alami freepik.com

foto: pixabay

Seperti kita tahu, zaman sekarang tidak hanya pria yang merokok, tetapi wanita juga ada yang merokok. Untuk terhindar dari kanker payudara salah satunya dengan menjaga pola hidup, seperti menghindari bahkan berhenti merokok. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, semakin dini kamu berhenti semakin baik untuk kesehatan.

4. Pemeriksaan payudara sendiri.

6 Cara mencegah kanker payudara secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Kanker payudara dapat dideteksi sejak awal kemunculannya salah satunya dengan metode pemeriksaan. Pemeriksaan ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan dokter. Wanita dianjurkan untuk rutin memeriksa atau mengecek kondisi payudara mereka setiap bulan untuk mengenali perubahan yang mungkin terjadi. Pemeriksaan payudara sendiri ini biasa dikenal dengan SADARI.

Cara memeriksa ini bisa dilakukan di kamar mandi, berdiri di depan cermin ataupun berbaring. Jika SADARI dilakukan sebelum mandi, pegang, sentuh dan raba seluruh area payudara kamu dengan tiga jari utama, telunjuk, tengah dan jari manis. Raba dengan gerakan melingkar mulai dari luar dekat ketiak hingga ke tengah puting. Rasakan apakah ada benjolan ataupun tekstur tak biasa pada payudara.

5. Berolahraga cukup.

6 Cara mencegah kanker payudara secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan otak. Wanita yang aktif melakukan gerak fisik atau olahraga 30 menit setiap harinya akan menurunkan risiko lebih rendah terhadap kanker payudara. Para peneliti meyakini bahwa pengaruh olahraga dan pencegahan kanker payudara disebabkan hormon insulin. Olahraga tidak hanya dapat membakar kalori tubuh, namun juga bisa mengurangi kadar hormon estrogen, testosteron, insulin dadan faktor pertumbuhan.

Dengan cara menurunkan kadar hormon dan mengatur kadar insulin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cukup luangkan waktu 10-30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga seperti aerobik, jalan kaki maupun lari.

6. Hindari alkohol.

6 Cara mencegah kanker payudara secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Semakin banyak alkohol yang kamu minum, semakin besar pula risiko kamu terkena kanker payudara. Potensi terkena kanker payudara akan lebih tinggi jika biasa minum satu gelas alkohol setiap harinya. Hal ini dapat terjadi karena ada kaitanya antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah. Oleh karena itu berhenti mengonsumsi alkohol merupakan cara mencegah kanker ini menjangkiti tubuh kamu.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more