×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami

Banyak orang mengalami kepanikan saat sadar punya kutu rambut.

05 / 11 / 2019 09:01

Brilio.net - Kutu rambut yang bersarang di kepala membuat gatal. Kalau sudah bersarang di kepala, kutu akan sulit untuk dihilangkan. Sebab kutu betina dengan mudah menghasilkan telur yang menempel di rambut. Hanya membersihkan rambut dengan sampo biasa tidak akan bisa menghilangkan kutu. Banyak orang mengalami kepanikan saat sadar punya kutu rambut. Parahnya lagi kutu rambut ini mudah menular ke orang lain. Biasanya kutu banyak dialami oleh anak-anak. Namun tak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terkena.

Dilansir dari goodhousekeeping, kutu adalah parasit kecil bersayap yang hidup dengan jumlah darah yang sangat kecil untuk bertahan hidup. Karena mereka tidak dapat terbang atau bahkan berjalan di tanah, serangga ini hanya dapat hidup dari inang selama 24 hingga 48 jam. Nama latinnya pediculus humanus capitis, kutu hanya memakan kulit kepala manusia.

Kutu dapat menular melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau yang memiliki kutu dan telur, disebut nits. Bisa juga tertular melalui topi, sisir, sikat, syal, dan selimut. Meskipun kutu tidak membawa dampak penyakit serius, namun punya kutu itu dapat mengurangi keindahan rambut.

"Berita baiknya adalah kutu tidak berbahaya dan tidak membawa penyakit," kata Mike Patrick, M.D., dokter pengobatan darurat dan dokter anak umum di Rumah Sakit Anak Nasional sekaligus pembawa acara PediaCast Amerika Serikat.

Kutu dewasa bisa berwarna cokelat muda atau abu-abu, panjangnya dua hingga tiga milimeter, dan punya umur sekitar 30 hari. Kutu betina dapat bertelur rata-rata enam hingga sepuluh telur per hari. Telur akan menempel seperti lem di setiap helai rambut. Setelah delapan hingga sembilan hari telur akan menetas. Kemudian kutu akan mulai besar dalam 9 hingga 12 hari.

Loading...

Untuk bisa menghilangkan kutu, kamu harus sepenuhnya menghilangkan organisme dan telur yang akan menetas. Kalau tidak, kutu yang masih hidup akan bertelur lebih banyak lagi. Cepatlah basmi kutu rambut sejak dini hingga akarnya. Lantas bagaimana cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan alami? Berikut 11 cara menghilangkan kutu dari kulit kepala dengan bahan alami, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (5/11).

1. Minyak adas manis.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: freepik.com

Minyak adas manis dapat melapisi dan mencekik kutu. Dilansir dari medicalnewstoday, sebuah studi tentang obat alami untuk kutu pada anak-anak menemukan bahwa minyak adas manis adalah salah satu obat alami paling efektif. Meskipun obat alami lain juga efektif, namun minyak adas manis adalah salah satu obat yang dapat menghilangkan kutu secara permanen. Orang-orang yang menggunakan obat herbal lain biasanya melaporkan reinfestasi dalam beberapa bulan.

Caranya siapkan 2 sdm minyak adas manis, hangatkan sebentar. Oleskan pada kepala dan pijatlah selama 15 menit. Pasang penutup kepala, diamkan selama semalaman. Bilas keesokan harinya dengan sampo biasa.

2. Minyak zaitun.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: pixabay.com

Minyak zaitun memiliki manfaat serupa dengan minyak adas manis, berpotensi kutu mati lemas dan mencegahnya kembali. Minyak zaitun termasuk salah satu solusi paling efektif untuk membasmi kutu rambut. Minyak zaitun juga dapat menjaga kecantikan rambut dan kulit kepala. Caranya keramaslah terlebih dulu, lalu keringkan rambut dengan handuk bersih. Oleskan minyak zaitun secukupnya ke kulit kepala sembari dipijat. Pakai penutup kepala, diamkan minyak zaitun selama semalaman. Setelah bangun tidur, bilaslah rambut sampai bersih.

3. Minyak kelapa.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: pixabay.com

Minyak kelapa adalah perawatan umum yang cukup populer untuk kulit dan rambut kering. Minyak kelapa murni diyakini satu-satunya pengobatan yang efektif untuk kutu rambut. Menggunakan minyak kelapa pada rambut selama 4 jam, bisa membuat 80% kutu mati. Hangatkan 2 sdm minyak kelapa. Oleskan pada kulit kepala sembari dipijat sebentar sekitar 15 menit. Tutup kepala, diamkan selama semalaman. Basuh rambut saat pagi hari.

4. Minyak pohon teh.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: freepik.com

Minyak pohon teh adalah obat rumahan yang populer untuk menjaga kondisi kulit dari mikroba. Beberapa penelitian mengatakan campuran minyak pohon teh dan minyak lavender dapat membasmi kutu dengan cepat. Setelah tiga kali perawatan selama beberapa minggu, menghasilkan hasil efektif. Caranya campurkan satu sendok teh minyak pohon teh dengan satu ons sampo herbal, dan tiga sendok minyak kelapa atau lavender. Aplikasikan pada rambut, bungkus selama satu setengah jam. Setelah selesai, bilas bersih rambut dengan air hangat.

5. Petroleum jelly.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: freepik.com

Petroleum jelly dapat membunuh kutu dengan mencekik serangga dan mungkin telurnya. Walaupun petroleum jelly dapat membuat rambut berminyak dan perlu berulang kali mencuci rambut untuk menghilangkan bekas minyaknya, namun petroleum jelly diyakini dapat berperan penting membasmi kutu rambut. Caranya oleskan petroleum jelly pada rambut, diamkan selama semalaman dengan membungkus kepala. Keesokan harinya bersihkan petroleum jelly dengan baby oil.

6. Mayonnaise.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: pixabay.com

Mayonnaise ternyata nggak hanya lezat dimakan, tapi juga terkenal dapat menghilangkan kutu. Mayonnaise dapat membunuh kutu secara permanen dan alami. Mayonnaise juga dapat meredakan gatal dan iritasi kulit kepala yang disebabkan kutu. Siapkan mayonnaise secukupnya, oleskan pada kulit kepala sambil dipijat lembut. Tutup kepala dengan shower cap, biarkan selama 5 sampai 6 jam. Setelah itu bilas rambut dengan sampo. Sisir rambut dengan serit.

7. Asam cuka.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: pixabay.com

Asam cuka mampu menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Kendati demikian karena sifatnya yang sangat asam, gunakan asam cuka dengan hati-hati supaya tidak menimbulkan iritasi kulit. Bisa juga campurkan sedikit air untuk mengurangi keasamannya. Campurkan 2 sdm cuka, 2 sdm minyak kelapa, aduk rata. Oleskan pada rambut sebelum tidur. Tutup kepala dengan pembungkus, diamkan selama semalaman. Saat bangun tidur, keramaslah seperti biasa.

8. Lemon.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: pixabay.com

Lemon memiliki kandungan asam yang tinggi sama seperti cuka asam, maka bisa juga digunakan untuk menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan lebih aman. Caranya peras air 2 buah lemon, campurkan dengan 100ml air. Oleskan pada rambut sambil dipijat secara lembut. Diamkan selama 30 hingga 40 menit. Kemudian keramaslah dengan air hangat.

9. Bawang putih.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: freepik.com

Bawang putih sudah dikenal punya manfaat banyak untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satunya adalah untuk menghilangkan kutu rambut secara alami. Caranya cukup mudah, haluskan 10 siung bawang putih, campurkan dengan 3 sdt air jeruk nipis. Oleskan pada kepala sampai rata. Tutup kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah selesai, bilas rambut hingga bersih.

10. Minyak wijen.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: freepik.com

Minyak wijen kaya akan kandungan antibakteri, anti-jamur hingga insekstisida. Bahan-bahan di dalamnya dapat digunakan untuk membasmi kutu rambut. Caranya campurkan 1/4 cup minyak wijen, 1/8 minyak daun neem, satu sendok teh tea tree oil, 1/2 sendok teh minyak eukaliptus, minyak rosemary, dan sepuluh tetes minyak lavender. Bilas rambut dengan cuka apel terlebih dulu. Setelah kering, oleskan campuran tadi pada kulit kepala dan rambut, bungkus selama semalaman. Keesokan harinya, sisir rambut untuk menghilangkan kutu dan keramas hingga bersih.

11. Garam dapur.

11 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami pixabay

foto: pixabay.com

Satu lagi bahan alami yang dapat menghilangkan kutu rambut dengan cepat, yakni garam dapur. Cara menggunakannya mudah, campurkan setengah cup garam dapur dengan setengah cup cuka. Aduk rata, masukkan ke spray bottle. Semprotkan pada rambut hingga basah. Bungkus kepala dengan shower cap selama kurang lebih dua jam. Setelah selesai, bilas hingga bersih dan lumuri conditioner. Ulangi langkah tersebut selama tiga hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil optimal.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more