13. Menjaga elastisitas kulit.

Kulit yang kenyal dan sehat menjadi dambaan banyak orang. Kondisi ini juga akan membuat penampilanmu tampak semakin segar. Kamu bisa merawat kulit dengan mengonsumsi buah plum. Sebab sumber nutrisi baik itu mengandung banyak sekali vitamin, di antaranya vitamin E dan C. Dua jenis vitamin ini mampu membuat kulit lebih halus dan elastis.

14. Merangsang pertumbuhan rambut.

Manfaat buah plum © pexels.com

Manfaat buah plum © pexels.com

foto: pexels.com

Mengonsumsi buah plum secara teratur akan membantu pertumbuhan rambut yang sehat, kuat, dan tebal. Buah plum memiliki kandungan vitamin E. Vitamin E bisa memperkuat membran sel dan mencegah radikal bebas dari menyerang folikel kulit kepala. Radikal bebas dapat membuat rambut lemah, rapuh, tipis dan menghambat pertumbuhan rambut.

15. Mengurangi ketombe.

Jangan biarkan ketombe hinggap terlalu lama di kulit kepalamu. Kandungan vitamin C pada buah plum dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Buah plum dapat membantu melawan bakteri di kulit kepala dan menyingkirkan puing-puing folikel serta mendorong pertumbuhan rambut baru. Folikel rambut sering tersumbat karena ketombe dan kondisi kulit yang terkelupas, sehingga menghambat pertumbuhan rambut.

16. Mengatasi rambut rontok.

Selain menyuburkan rambut, buah plum dapat menjadi pilihan untuk menjaga rambut dari kerontokan. Buah plum membantu menghentikan kerontokan rambut dengan membalik kondisi pada kelenjar adrenal. Buah plum bisa membuat rambut tumbuh lebih subur karena kandungan zat besi dan kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah.

17. Membantu menghilangkan bekas luka.

Plum mampu meningkatkan sirkulasi darah ke bagian bekas luka. Plum mampu membantu perkembangan kulit baru dan mengurangi tampilan bekas luka. Ini membantu kulit untuk sembuh lebih cepat dengan cara mengganti kulit rusak dengan kulit yang baru. Tak hanya itu saja, mengonsumsi buah plum juga bisa meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit. Sehingga bisa mengurangi munculnya bintik-bintik hitam pada kulit.

18. Mengatasi depresi.

manfaat buah plum © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Plum buah yang multifungsi, dengan kandungan anxiolytic, asam chlorogenic dan antioksidannya membantu menghilangkan depresi. Kecemasan yang berlebihan pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah plum.

19. Sistem saraf menjadi lancar.

Bagi kamu yang memiliki penyumbatan di sistem saraf dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi plum. Kandungan vitamin di dalam plum diantaranya Vitamin B6 membantu saraf dalam bertransmisi sehingga bisa membantu fungsi dari kelancaran sistem saraf.

Triptofan dan asam amino di dalam buah plum bermanfaat untuk memproduksi neurotransmitter serotonin dimana zat itu berperan penting dalam membantu tidur menjadi nyenyak, meningkatkan konsentrasi dan juga menambah nafsu makan.

20. Meningkatkan daya ingat.

Senyawa flavonoid yang ada dalam kandungan buah plum juga efektif dalam memberikan perlindungan terhadap gangguan kognitif yang berkaitan dengan usia (neurodegeneratif). Apabila kamu rutin mengkonsumsi buah plum mampu meningkatkan daya ingat pada fungsi belajar dan memori.

21. Meringankan gejala flu.

manfaat buah plum © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Peneliti dari College of Life dan Ilmu Kesehatan Universitas Chubu, Jepang menunjukkan bahwa kandungan molekul lektin dalam buah plum dapat menghambat gejala dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus influenza.