Brilio.net - Rokok mengandung nikotin yang berasal dari tembakau. Nikotin ini dianggap menjadi zat paling berbahaya atau racun dari rokok sendiri. Nikotin ini dapat menyebabkan kecanduan atau ketergantungan. Nikotin juga dapat menimbulkan kesenangan sementara di otak.

Berdasarkan riset dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, selain menimbulkan masalah kesehatan, merokok juga dapat menimbulkan beban ekonomi dan sosial. Pasalnya efek samping rokok tak hanya akan dirasakan perokok itu sendiri (aktif), melainkan juga bisa berdampak pada orang lain yang menghirup asapnya (pasif).

Sedangkan untuk masalah ekonomi, jika orang tersebut sangat kecanduan dengan rokok, ia bahkan rela mengganti uang belanja atau kebutuhan lainnya demi sebungkus rokok. Kebanyakan perokok aktif dalam sehari bisa menghabiskan satu bungkus rokok atau bahkan lebih.

Sebab itulah ada perokok yang ingin menghentikan kebiasaannya itu. Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah. Tapi bukan berarti juga sebuah kemustahilan. Brilio.net sudah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/6), makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi kecanduan merokok.

1. Susu.

makanan cegah rokok pixabay

foto: pixabay

Menurut penelitian dari Duke University, Amerika Serikat, perokok yang minum segelas susu sebelum merokok akan membuat rokok memiliki rasa yang sangat pahit. Jadi, bagi kamu yang ingin mencoba mengatasi kecanduan rokok, minumlah susu setiap kali kamu mengalami ketagihan.

2. Ginseng.

makanan cegah rokok pixabay

foto: pixabay

Ginseng dapat mencegah pelepasan neurotransmitter dopamin "kesenangan" saat kamu merokok. Jadi apabila kamu meminum ginseng setiap minggunya, itu bisa membantu mengurangi tingkat kenikmatan yang kamu dapatkan dari rokok.

3. Jeruk.

makanan cegah rokok pixabay

foto: pixabay

Dilansir dari healthypanda, jeruk memiliki antioksidan yaitu vitamin C sangat baik untuk membersihakan zat-zat berbahaya dalam tubuh, tak terkecuali adalah nikotin. Nikotin sendiri merupakan zat kimia yang membuat orang ketagihan merokok. Sehingga jeruk, lemon, delima yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi rasa ingin merokok.

4. Permen karet mint dan bebas gula.

makanan cegah rokok pixabay

foto: pixabay

Alih-alih mengisap rokok, kamu bisa menyibukkan mulutmu dengan mengunyah permen karet mint. Permen mint dan bebas gula merupakan cara yang bagus untuk membantumu mencegah keinginan merokok. Selain itu permen mint juga dapat menghilangkan bau mulut akibat rokok yang sudah pernah kamu hisap.

5. Wortel.

makanan cegah rokok pixabay

foto: pixabay

Cara mengonsumsi makanan ini dengan cara dijadikan jus. Jus wortel dapat membantumu menghentikan keinginan merokok. Sama halnya dengan efek yang diberikan susu, saat kamu meminum jus wortel sebelum merokok, maka rokok akan terasa mengerikan dan tidak senikmat biasanya.

6. Smoothie.

makanan cegah rokok pixabay

foto: pixabay

Sensasi manis yang dihasilkan rokok akan kamu rindukan saat kamu ingin berhenti merokok. Kamu bisa memuaskan hasrat itu dari minuman yang memiliki rasa manis alami. Misalnya seperti smoothie dari buah segar. Kamu bisa mengombinasikannya dengan buah yang kaya akan vitamin C.

7. Makanan ringan yang asin.

makanan cegah rokok pixabay

foto: pixabay

Dilansir dari thedailymeal, beberapa orang mengatakan bahwa makan sesuatu yang asin seperti keripik asin, popcorn asin, atau yang lainnya, dapat membantu menangkal keinginan merokok. Pasalnya makanan asin ini dapat menghilangkan nikotin di dalam tubuh. Namun pastikan kamu tidak memiliki tekanan darah tinggi atau bisa dikonsultasikan terlebih dulu kepada dokter.

8. Kacang.

makanan cegah rokok pixabay

foto: pixabay

Segenggam kacang dapat memberimu energi, protein, dan banyak nutrisi. Daripada sibuk mengisap rokok, kamu bisa menyibukkan mulutmu dengan memakan kacang secara perlahan. Saking asyiknya mengunyah kacang, kamu akan mulai melupakan rasa ingin merokok.

9. Snack sayur.

makanan cegah rokok pixabay

foto: pixabay

Sayuran seperti seledri, mentimun, labu, dan terong juga membuat rokok terasa tidak enak di mulut. Selain itu juga, apabila kamu memang sedang berusaha berhenti merokok, kamu dapat menipu otakmu untuk berpikir bahwa tongkat sayuran terlihat seperti rokok, dan mengunyahnya memberimu suatu manfaat yang lebih dibanding dengan merokok.

10. Yogurt.

makanan cegah rokok pixabay

foto: pixabay

Bagi kamu yang tidak ingin atau tak suka meminum susu, yogurt merupakan alternatif pilihan baik lainnya. Yogurt yang dibuat dengan pemanis alami juga tetap berguna merubah rasa rokok menjadi tidak enak. Sebab yogurt merupakan menu olahan dari susu.