Brilio.net - Libur akhir tahun sudah di depan mata. Kapan saja dan di mana saja, momen liburan ini nggak lengkap kalau belum berburu kuliner. Buka mata, di sekitar ternyata banyak hidden gems kuliner menunggu untuk dinikmati.

Sesuai namanya spot ini ibarat permata tersembunyi bagi penggemar kuliner. Dari makanan tradisional hingga kekinian, kuliner hidden gems selalu dicari orang. Kenikmatan sajiannya membuat orang tertarik untuk singgah dan mencicipi.

Sayang, hidden gems seringkali tidak strategis lokasinya. Butuh ketelitian dan kepekaan untuk menemukan. Lokasi umumnya sedikit tersembunyi dan jauh dari keramaian.

Jangan khawatir, ternyata ada tanda-tanda khusus saat sebuah spot kuliner menjadi hidden gems. Penasaran seperti apa tandanya? Berikut taktik mencari hidden gems kuliner seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (10/1).

1. Trending dan menjadi topik perbincangan di media sosial.

Tanda spot kuliner hidden gems © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Instagram, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya tak pernah kehabisan topik tiap detiknya. Rekomendasi lokasi kuliner juga merupakan topik yang seringkali menjadi bahasan. Tak jarang, beberapa spot kuliner yang tadinya tidak banyak dikenal orang, menjadi topik trending di media sosial.

Karena viral dan bikin penasaran, lokasi yang tersembunyi di dalam gang ataupun di dalam pasar pun tidak menjadi hambatan. Asalkan bisa mencoba rasa masakannya yang enak, ataupun menikmati tampilan kreasi masakannya yang unik.

2. Jam buka terbatas tapi selalu ramai.

Tanda spot kuliner hidden gems © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Beberapa tempat makan ada yang memilih untuk membuka resto di jam-jam tertentu saja. Seperti buka saat sarapan pagi, jam istirahat makan siang, ataupun tengah malam. Lantaran jam buka terbatas, biasanya para pengunjung rela antre sebelum jam operasional dimulai.

Mereka rela menunggu berjam-jam demi bisa mencicipi kuliner hidden gems lezat dan populer di resto tersebut. Nggak heran tempat makan seperti ini selalu ramai pengunjung.

3. Selalu ada driver ojol mengantri.

Tanda spot kuliner hidden gems © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Pernah nggak sih lihat spot kuliner yang tiap hari dikerumuni antrean driver ojol? Nah, ini bisa dijadikan salah satu patokan untuk menentukan apakah makanan tersebut enak. Sebelumnya, cek informasi apakah resto tersebut sedang ada diskon besar-besaran sehingga menarik banyak peminat. Jika tidak, bisa jadi memang resto tersebut jualan makanan enak.

4. Hasil review memuaskan di situs ulasan makanan.

Tanda spot kuliner hidden gems © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Saat mencari spot makan di situs ulasan makanan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya dari rating, pilihan menu, suasana, hingga deskripsi atau review. Warganet yang pernah menikmati menu masakan di tempat tersebut juga turut memberikan penilaian di kolom komentar.

Nah, jika banyak orang menanggalkan komentar positif, serta rating 8 dari 10 atau 4.5 dari 5, tentu saja makanan di resto ini layak dicoba.

5. Direkomendasikan oleh food blogger, artis, influencer, ataupun orang terkenal lainnya.

Tanda spot kuliner hidden gems © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sambalindofood

Saat ini sudah banyak food blogger ataupun influencer yang bisa kamu jadikan referensi kuliner. Jika berkunjung ke laman media sosialnya, kamu bakalan menemukan berbagai review dan rekomendasi restoran, tempat nongkrong, maupun sekadar street food yang rasa lezatnya sudah terbukti. Tidak jarang mereka sengaja mencari spot kuliner hidden gems yang belum dikenal banyak orang untuk membantu mempromosikan tempat tersebut.

Kamu pun juga bisa menjadi seperti mereka. Ayo, rekomendasikan spot kuliner hidden gems di sekitar tempat tinggalmu yang selama ini belum banyak dikenal orang. Kamu bisa ikutan challenge seru dari Sambal Pedas Dahsyat Indofood dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik.

Caranya gampang banget, cukup unggah foto kamu saat sedang makan makanan #JelajahSambalIndofood di kota kamu menggunakan Sambal Indofood Pedas Dahsyat sachet atau botol 135 ml. Sambal Pedas Dahsyat Indofood adalah saus sambal baru dan pertama di Indonesia yang menggunakan cabai habanero dan dikombinasikan dengan bahan-bahan pilihan. Udah bikin makan makin nikmat, #PedasDahsyatnyaNagih banget.

Yuk cobain sekarang! Jangan lupa berikan juga alasan kenapa kuliner tersebut akan semakin lezat dengan Sambal Indofood Pedas Dahsyat. Sertakan tagar #JelajahSambalIndofood dan #PedasDahsyatnyaNagih dan juga mention tiga teman untuk ikutan challenge ini. Nah, untuk info lebih lanjut bisa lihat di akun @brilionet dan @sambalindofood.

(brl/lak)

(brl/lak)