Brilio.net - Guard rail adalah rambu pembatas tepi jalan yang sering kamu temui di sisi luar atau bahu jalan raya. Fungsinya adalah sebagai pagar pengaman yang meminimalisir kerusakan kendaraan atau supaya kendaraan nggak keluar badan jalan sehingga menelan korban.

Nah, kalau umumnya guard rail itu keras, kaku, dan statis, karena terbuat dari besi baja, maka kali ini perusahaan ETI CO LTD dari Korea Selatan membuat guard rail khusus bernama Road Roller System. Guard rail ini diklaim bisa menyelamatkan kehidupan masyarakat dan mengurangi kemungkinan pengemudi atau penumpang terluka, seperti dikutip brilio.net dari laman brightside, Sabtu (17/12).

Terbuat dari rol plastik yang dipasang di antara sela-sela besi pembatas, membuat guard rail ini lentur.  Bagian besi pembatas sendiri berfungsi menyerap kekuatan tabrakan kendaraan, kemudian rol plastik akan menahan mobil dan memastikannya tidak terbalik atau bablas keluar badan jalan. Dengan begitu, bisa mengurangi potensi kerusakan mobil dan memakan korban jiwa.

Pengen tahu seperti apa cara kerja Road Roller System ini? Berikut videonya yang dikutip dari akun YouTube Fun Point:

Loading...