×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

0

N/A

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Jika kamu penggemar genre fighting game, kamu akan memilih judul apa sebagai favoritmu?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

09 / 02 / 2021 10:45

Apa genre video game terpopuler? Akan sulit untuk mendapatkan jawaban pasti dari pertanyaan ini. Beberapa penggemar video game akan menjawab ‘RPG’ alias Role-Playing Game. Genre ini memang stabil dalam popularitasnya dan sedikit banyak itu berkat Final Fantasy VII Psone/PS1 pada akhir era 90-an dulu. Dari genre yang relatif besar hanya di Jepang, FF VII menciptakan gelombang saat dirilis di Amerika Serikat dan trending di seluruh dunia.

Kemudian beberapa kelompok penggemar game lain akan menjawab FPS atau First Person Shooter seperti Call of Duty. Game tembak-tembakan bergaya simulasi militer ini memang populer dan jadi pilihan banyak gamers dunia, terutama di Amerika. Ada juga genre MMO alias Massively Multiplayer Online, Action Adventure dan beberapa jenis game lain.

Di Indonesia? Mungkin genre "sepak bola"? Karena sejak era persewaan PS1 dua dekade lalu, rasanya game bola menguasai lapak rental di banyak kota di Indonesia. Mungkin kamu malah salah satu "alumni rental PS" yang dulu doyan main game sepak bola di tempat itu?

Genre lain yang tidak kalah seru adalah genre fighting alias berantem. Dan ini lebih keren karena kamu bisa menyalurkan energi "ingin nabok orang" ke dalam video game tanpa melukai siapa-siapa. Fighting games alias game perkelahian juga melatih kesabaran, kemampuan taktis, membaca strategi dan emosi lawan, sehingga kita bisa meraih kemenangan dalam sebuah kondisi perkelahian tanpa merasakan pukulan atau tendangan beneran di tubuh.

Game fighting ada banyak diproduksi (terutama pada era 90-an) sejak nenek moyang genre ini lahir di arcade center dunia. Banyak judul lahir dan kemudian mati tanpa menciptakan gelombang maupun pengikut besar. Beberapa bertahan dalam popularitas dan melahirkan atlet-atlet eSport, bahkan yang memiliki keterbatasan fisik seperti Brolylegs. Sehingga genre fighting ini masih akan populer ke depannya karena belum menunjukkan tanda-tanda kejenuhan di pasar.

Loading...

Hingga tahun 2021 ini ada ratusan atau bahkan mungkin ribuan judul fighting games yang dirilis di pasaran. Beberapa di antaranya yang populer dan terkenal antara lain sebagai berikut.

1. Serial Dead or Alive. Terkini ada Dead or Alive 6. Platform: PlayStation, Xbox, PC Windows.

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Foto: The Xbox Hub

Sejak lahir perdana di arcade cabinet tahun 1996, Dead or Alive dikenal karena tiga faktor: grafis cakep, gameplay cepat, dan desain karakter yang seksi. Beberapa menyebut game DoA seperti main suit atau jan-ken-pon atau batu-gunting-kertas namun dalam format game berantem. Kalau kamu belum pernah coba satu pun game Dead or Alive, kamu melewatkan salah satu judul game seru yang pernah diciptakan.

2. Serial Tekken. Terkini ada Tekken 7. Platform: PlayStation, Xbox, PC Windows.

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Foto: The Lazy Net

Siapa tidak kenal Tekken? Rasanya ini game yang juga laris di rental PS dulu selain game sepak bola. Game pertarungan realistis karena menggunakan empat tombol yang mewakili dua tangan serta dua kaki. Lahir sejak 1994, serial Tekken adalah satu dari sedikit judul fighting games yang popularitasnya tetap tinggi di tengah persaingan.

3. Serial Super Smash Bros. Terkini ada Super Smash Bros Ultimate. Platform: Nintendo.

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Foto: AR Critic

Sedikit tricky karena beberapa golongan penggemar game fighting mengatakan Super Smash Bros tidak terlalu cocok digolongkan ke dalam fighting game karena cara bermainnya yang lebih cenderung ke "jatuhkan lawan ke jurang ketimbang dipukuli sampai K.O". Tapi bagaimanapun, konsep Super Smash Bros bergaya game pertarungan dan bahkan sempat berada di jajaran game fighting lain dalam turnamen eSport seperti EVO Series.

4. Serial The King of Fighters. Terkini ada The King of Fighters XV. Platform: Arcade, PlayStation, Xbox, PC Windows.

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Foto: YouTube

Game keren yang menggabungkan karakter-karakter dari berbagai judul games SNK ke satu game berantem. Konsep ini dimulai sejak 1994 dan terus bertahan hingga kini. Bahkan menjadi inspirasi game sejenis, di mana satu game berisi kumpulan karakter dari berbagai judul game lain. Sempat meredup sesaat, namun kini KoF / King of Fighters siap kembali bersinar dengan game terkini di PS5.

5. Serial Samurai Shodown. Terkini ada Samurai Shodown “Reboot”. Platform: Arcade, PlayStation, Xbox, PC Windows.

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Foto: Toptier.GG

Jepang era abad ke-18 jadi linimasa game perdana Samurai Shodown yang dirilis tahun 1993. Sesuai judul, karakter utama game adalah seorang Samurai bernama Haohmaru dengan boss terakhir dalam game terinspirasi tokoh sejarah Jepang yang dinamai Amakusa Shiro. Jika game fighting lain karakternya memakai tinju, tendangan, maupun bola api yang berasal dari tangan atau kaki maka di Samurai Shodown semua karakter dalam game menggunakan senjata di tangan.

6. Serial Tobal. Terakhir ada Tobal 2. Platform: PlayStation.

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Foto: Giant Bomb

Bisa dibilang game ini "terlalu cepat untuk masanya". Grafis super keren (untuk kelas PS1) dan kecepatan game yang mendekati 60fps (termasuk sulit dipercaya bisa diraih PS1) serta desain karakter dari Akira Toriyama (kreator manga fenomenal Dragon Ball) menjadikan Tobal sebuah game yang sayang untuk tidak diketahui / tidak pernah dimainkan. Kamu pemilik PlayStation perlu main game ini dan nikmati keajaiban teknologi SquareSoft pada masa-masa awal PlayStation.

7. Serial Killer Instinct. Terkini ada Killer Instinct “Reboot”. Platform: Arcade, Nintendo, Xbox, PC Windows.

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Foto: Event Hubs

Saat Nintendo merilis game ini di konsol Super Nintendo banyak yang heran karena waktu itu Nintendo seperti anti game kekerasan sementara Killer Instinct merupakan game fighting dengan elemen seperti cipratan darah serta Fatality khas game kontroversial Mortal Kombat. Saat ini Killer Instinct dirilis di Xbox serta PC Windows, namun sayang sepertinya kurang mendapat sambutan meriah seperti game-game fighting era 90-an dulu. Killer Instinct perdana lahir di arcade tahun 1994.

8. Serial Mortal Kombat. Terkini ada Mortal Kombat 11. Platform: Arcade, PlayStation, Xbox, PC Windows.

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Foto: Polygon

Game ini bersejarah karena membawa elemen brutal kekerasan seperti percikan darah, finishing move / fatality yang memaksa Amerika menciptakan badan rating khusus yang mengklasifikasikan video game berdasarkan umur (seperti tayangan film dan televisi). Terlepas dari elemen kekerasannya, game Mortal Kombat memang seru banget. Dan ada filmnya! Nantikan film terbaru Mortal Kombat yang dibintangi aktor Indonesia Joe Taslim sebagai Sub Zero.

 

9. Serial Marvel vs Capcom. Terkini ada Marvel vs Capcom: Infinite. Platform: Arcade, PlayStation, Xbox, PC Windows.

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Foto: GameFragger

Dua nama besar: Marvel yang perkasa di komik serta Capcom di video game bersatu menciptakan game ini. Kapan lagi fans komik dan video game bisa mengadu Ryu vs Spider-Man kalau tidak di game-game Marvel vs Capcom (yang sudah ada sejak 1996 lewat game X-Men vs Street Fighter)? Sayangnya sejak Marvel dibeli Disney, sepertinya sulit mendapatkan game baru Marvel vs Capcom pasca penjualan buruk Marvel vs Capcom: Infinite tahun 2017 tempo hari.

10. Serial Street Fighter.  Terkini ada Street Fighter V. Platform: Arcade, PlayStation, Xbox, PC Windows.

10 Games fighting pilihan yang seru dan menantang

Foto: Pinterest

Dan tentu saja tidak mungkin untuk melupakan "mbah"- nya game fighting yang berjasa besar memopulerkan genre ini di pasaran. Street Fighter adalah game fighting yang luar biasa. Walau tidak merubah konsep terlalu jauh dari awal kelahirannya namun setiap game Street Fighter yang dirilis sejak 1987 selalu bisa memberikan ‘rasa baru’ dalam permainan.

Tidak hanya seru buat pemain casual/santai, Street Fighter bahkan punya selebritas sendiri berupa atlet pemain eSport yang setiap tahun beradu tanding dalam turnamen berhadiah puluhan ribu dollar dan jadi hiburan tersendiri melihat saat jagoan-jagoan ini bertanding. Kamu bisa lihat sendiri di YouTube dengan searching "Street Fighter eSport athletes".

Tentu saja ada banyak lagi judul game fighting pilihan yang seru dan menarik. Kita akan bahas lain waktu. Dari judul-judul di atas yang mana favoritmu?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red