×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar PlayStation 5

0

Gadget

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar PlayStation 5

Setelah informasi soal Xbox Series X & Series S, sekarang saatnya melihat informasi seputar PlayStation 5.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

10 / 11 / 2020 12:43

Beberapa waktu yang lalu saya menulis informasi seputar Xbox Series X & Xbox Series S yang akan diluncurkan bulan ini. Walau masih dalam suasana pandemi dan situasi politik di Amerika Serikat pasca Pilpres, hal-hal tersebut tidak mengurangi antusiasme fanboys dan fangirls Sony PlayStation menyambut versi kelima konsol PlayStation yang legendaris.

Kali ini cukup unik karena PlayStation terbaru akan langsung berhadapan dengan Xbox terbaru juga pada bulan peluncurannya; sebuah situasi yang dulu tidak pernah terjadi. Sehingga baik fans Xbox dan fans PlayStation akan mati-matian membela jagoan mereka dan meledek saingan dengan berbagai cara seperti komentar, review, dan tentu saja internet meme.

Setelah sebelumnya mendapatkan informasi Xbox Series X & Series S, sekarang mari kita lihat sekilas apa saja informasi soal PS5 yang sudah valid dan bukan gosip menjelang perilisannya pada November 2020 ini.

1. “Jadi sebenarnya PS5 itu ada berapa model sih? Yang mana yang cocok untuk saya beli?”

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar PlayStation 5

Loading...

Foto: Tech Radar

Ini mudah dan tidak perlu bingung. Berbeda dengan Xbox Series X dan Series S yang memiliki beberapa perbedaan signifikan di komponen dalam, dua model PlayStation 5 identik satu sama lain. Semua komponen di dalam persis sama antara “PlayStation 5 Model Standar” dan “PlayStation 5 Edisi Digital”. Hanya ada satu komponen yang membedakan mereka: yaitu Blu-ray Disc Drive.

Edisi Digital tidak punya Blu-ray Disc Drive. Sehingga harganya lebih murah sedikit yaitu US$ 399.99 jika dibandingkan versi Standar US$ 499.99. Yang mana cocok dibeli? Ini masalah selera.

Beberapa gamers malas ribet dengan CD/Disc game yang berserakan, bisa rusak atau hilang. Untuk mereka, PS5 Edisi Digital akan cocok sekali. Semua games harus di-download dan akan disimpan dalam SSD internal PS5. Disc tidak diperlukan. Tapi tidak sedikit gamers yang memilih disc games karena faktor-faktor seperti untuk dikoleksi atau malah dijual kembali setelah bosan dimainkan. Buat kelompok ini, PS5 Model Standar adalah pilihan yang harus diambil. PS5 Model Standar memiliki Blu-ray Disc Drive sehingga disc bisa dimainkan disana. Apakah game digital bisa dimainkan di PS5 Model Standar? Jawabannya adalah bisa.

Jadi pilihannya jelas ada di tangan kamu sebagai calon pemilik PS5: mau bisa pakai disc atau nggak.

2. “Katanya PlayStation 5 masih bisa memainkan semua games PlayStation 4, kan?”

Hampir semua! Setidaknya dari uji coba internal Sony sendiri. Detailnya kamu bisa lihat di sini. Tapi menurut saya, kalau kamu masih punya PS4, mendingan disimpan saja. Sebagus-bagusnya fitur backward compatibility, tidak bakal sesempurna memainkan game di mesin yang sebenarnya. Alias lebih baik memainkan game PS4 di PS4 beneran.

3. “Katanya PS5 sanggup memainkan game dalam mode 4K 120fps seperti PC Gaming? Itu seriusan?”

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar PlayStation 5

Foto: What Hi-Fi

Secara teknis iya. PS5 memiliki port HDMI 2.1 yang dibutuhkan untuk menjalankan tampilan 4K dengan kecepatan 120fps (frame-per-second). Tapi kuncinya tetap di TV-nya yang juga wajib punya HDMI 2.1 sebagai input. Dan saat ini sangat sedikit televisi dengan socket HDMI 2.1 di pasaran. Jika ada harganya masih sangat tidak merakyat (di atas US $ 1.000). Dua game yang diuji reviewer game situs Polygon, 'Dirt 5' dan 'Devil May Cry 5 Special Edition' secara teknis mendukung 4K 120fps, namun mereka sendiri tidak bisa memastikan karena tidak ada satu pun staf Polygon punya TV dengan HDMI 2.1

Tidak disarankan meng-upgrade TV demi mendapatkan tampilan 4K kecepatan 120fps sekarang berhubung PS5 masih baru, TV-nya mahal dan masih banyak games yang belum keluar dan memanfaatkan HDMI 2.1 sebagai tampilan. TV kamu yang sekarang (terutama jika sudah 4K namun belum memiliki socket HDMI 2.1) sudah memadai untuk bermain PS5.

4. “Saya punya banyak games PS4 di dalam HDD Eksternal. Apa bisa dibaca di PS5 nanti?”

Bisa banget! Tapi ini tentu berlaku untuk HDD eksternal berisi game PS4 original alias asli dan bukan hasil hacking atau modifikasi. Belakangan memang ada teknik membajak game PS4 original agar bisa dipasang di HDD eksternal. Game demikian dipastikan tidak akan berjalan di PS5. Tapi jika kamu memiliki HDD eksternal berisi games PS4 resmi dan asli, tidak ada masalah. Kamu cukup colokin HDD itu ke port USB di PS5 dan game-game di dalamnya siap dimainkan.

5. “Kalau HDD Eksternal PS4 bisa langsung dimainkan di PS5, berarti saya bisa dong menginstal games PS5 di HDD Eksternal juga?”

Sayangnya tidak bisa. Setidaknya sekarang. PS5 mengadopsi sistem SSD super cepat untuk games dan tidak ada HDD eksternal di pasaran yang sanggup mengimbangi kecepatan SSD PS5. Sehingga game PS5 wajib dan hanya bisa diinstal di SSD PS5 sendiri. PS5 memiliki slot di dalam mesin untuk penambahan SSD (karena ruang kosong SSD internal PS5 sangat kecil atau kurang dari 1TB yang bisa digunakan) namun saat ini belum ada SSD yang direkomendasikan Sony untuk dipasang di PS5.

Jika kamu berpikir beli SSD sendiri untuk dipasang di PS5, itu ide buruk. Sabar saja dulu sampai Sony memberikan informasi soal SSD (dan mungkin HDD eksternal) apa yang cocok dipasang di PS5.

6. “PS5 itu kan besar banget. Sebaiknya saya letakkan berdiri atau tidur? Apa ada perbedaan nanti di panas mesin? Soalnya kalau dibuat berdiri vertikal, PS5 tidak makan tempat terlalu banyak.”

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar PlayStation 5

Foto: Polygon

Jika melihat bagian belakang PS5 (yang secara esensial adalah lubang pembuangan hawa panas berukuran besar) sepertinya aman mengatakan tidak ada masalah PS5 diletakkan vertikal atau horizontal untuk urusan panas/hawa mesin. Pemilik PS5 hanya perlu memastikan kalau PS5-nya berada di lingkungan adem, tidak sempit/terkurung, dan berjarak antara bagian belakang mesin dengan dinding atau permukaan lain agar hawa yang dikeluarkan sistem pendingin mesin bisa menguar di udara bebas. Menurut saya sih idealnya PS5 berada dalam posisi vertikal agar tidak makan tempat, namun pada akhirnya selera pemilik yang menentukan seperti apa meletakkan PlayStation 5 mereka.

7. “Joystick DualSense dan PS5 Camera kayaknya keren juga kalau dipasang di PC. Bisa nggak?”

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar PlayStation 5

Foto: Engadget

Maaf mengecewakan tapi dua benda keren tadi—setidaknya untuk sekarang—hanya berfungsi jika dipasang di PS5. Berbeda dengan joystick PS4 ‘DualShock 4’ yang bisa diakali agar bekerja di komputer Windows, 'DualSense' tidak berfungsi saat dipasang di komputer dengan sistem operasi Windows 10 Pro. PS5 Camera bahkan tidak terdeteksi saat dicolok ke komputer. Memang ada solusi lewat Steam menurut artikel ini, tapi mungkin perlu sabar sampai ada hacker yang bisa menciptakan driver agar kedua benda itu dapat berfungsi di PC dengan sempurna. Jangan harap Sony sendiri yang mengeluarkan driver karena jika melihat kasus DualShock 4, DualShock 3 maupun PS3 Camera “PS Eye” Sony tidak pernah merilis driver Windows untuk benda-benda itu sampai hacker yang melakukannya.

Bagaimana? Apa kamu semakin bersemangat punya PlayStation 5? Jika kamu belum memiliki PS4 sepertinya tidak rugi jika melewatkan benda itu dan langsung beli PS5 saja. Toh, hampir semua games PS4 bisa dimainkan di PS5. Jadi hemat, kan?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red