×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pengertian, jenis, dan kelebihan aspal hotmix sebagai pelapis jalan

0

N/A

Pengertian, jenis, dan kelebihan aspal hotmix sebagai pelapis jalan

Aspal hotmix adalah material aspal yang tersusun dari beberapa campuran, yaitu agregat kasar, agregat halus, dan juga filler atau bahan pengisi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Laksana Karya

29 / 03 / 2022 16:49

Akses jalan menjadi kebutuhan penting untuk menunjang aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Tanpa ada jalan, orang akan kesulitan mengakses suatu lokasi. Maka dari itu, semakin berkembangnya zaman, dunia konstruksi ini juga ikut berkembang.

Aspal menjadi material yang paling banyak dipakai di mana pun. Salah satu aspal yang paling banyak dipakai adalah aspal hotmix. Kelebihan aspal hotmix membuat orang, khususnya kontraktor banyak menggunakan material ini.

Sebelum jauh membicarakan tentang kelebihan melakukan pengaspalan dengan menggunakan material aspal hotmix, kamu perlu tahu tentang definisi aspal hotmix serta jenis-jenisnya.

Definisi aspal hotmix.

Aspal hotmix atau biasa disebut dengan aspal beton adalah material aspal yang tersusun dari beberapa campuran, yaitu agregat kasar, agregat halus, dan juga filler atau bahan pengisi. Di mana bahan-bahan tersebut dicampurkan ke dalam suhu yang cukup tinggi. Pencampuran tersebut akan menghasilkan material aspal hotmix yang siap untuk dijadikan bahan dalam pengaspalan.

Jenis aspal hotmix berdasarkan fungsi konstruksi jalan.

Dilihat dari kegunaan atau fungsinya, ada 6 jenis aspal hotmix, di antaranya sebagai berikut.

Loading...

- Asphalt Treated Base (ATB).

Jenis aspal hotmix yang pertama adalah asphalt treated base atau disingkat menjadi ATB. Jenis ini umumnya digunakan untuk kebutuhan pengaspalan permukaan bagian paling atas pada sebuah konstruksi jalan. Rata-rata ketebalan untuk jenis ini yaitu 5 cm.

- Lapis Beton (Laston 3) / Hot Roller Sheet (HRS).

Jenis kedua ini adalah lapis beton atau biasa disingkat menjadi laston 3 atau juga biasa disebut dengan hot roller sheet (HRS). Jenis kedua ini umumnya dipakai untuk jalanan dengan lapis sedang.

- Asphalt Concrete Wearing Course (AC WC).

Jenis yang ketiga adalah asphalt concrete wearing course atau disingkat menjadi AC WC. Jenis ini umumnya dipakai di daerah yang memiliki lalu lintas cukup tinggi. Kelebihan aspal hotmix jenis ini ada banyak makanya paling banyak dipakai.

- Asphalt Concrete Binder Course (AC BC).

Jenis yang keempat adalah asphalt concrete binder course, yaitu sebuah lapis yang dipakai sebelum jenis AC WC.

- Sand Sheet (SS).

Jenis yang kelima ada sand sheet atau biasa disingkat menjadi SS, yaitu jenis aspal yang dipakai untuk halaman rumah atau tempat-tempat parkir.

- Fine Grade.

Jenis aspal hotmix yang terakhir adalah fine grade. Ini termasuk jenis aspal yang ringan di mana umumnya dipakai untuk daerah yang memiliki lalu lintas rendah seperti jalan-jalan di perumahan.

Kelebihan aspal hotmix.

Sebagai salah satu material yang paling sering dipakai untuk kebutuhan prasarana jalan, aspal hotmix adalah salah satu hal yang utama dalam sebuah konstruksi. Apalagi dibandingkan dengan cara-cara lama seperti pengecoran dan lainnya yang dirasa merepotkan di zaman sekarang.

Nah beberapa kelebihan dari aspal hotmix ini antara lain sebagai berikut.

- Cepat untuk proses pekerjaannya sehingga jenis aspal hotmix ini banyak disukai serta diminati oleh orang-orang, khususnya kontraktor dan jasa pengaspalan.

- Jenis aspal hotmix ini memiliki daya tahan yang paling kuat terhadap berbagai macam suhu, bahkan suhu ekstrem sekalipun.

- Hemat jika dilihat dari segi waktu dan juga segi biaya serta tidak terlalu memerlukan perawatan khusus secara terus menerus.

- Memiliki sifat yang fleksibel, tidak cenderung renggang dan stabil.

- Tidak hanya dari proses pengerjaan yang cepat, juga tidak memerlukan waktu yang lama sesudah dihamparkan di jalan. Sudah bisa dipakai untuk lalu lintas. 

Itulah beberapa kelebihan aspal hotmix yang perlu kamu ketahui. Beberapa kelebihan tersebut dirasa cukup efektif untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat atau pengguna jalan.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red