Brilio.net - Bingung menentukan warna riasan yang cocok untuk kulit kamu? Pakar konsultan warna asal Korea Selatan, Su Jin-bae punya tipsnya. Dia menyarankan untuk mencari warna personal sebelum memilih warna makeup.

Secara garis besar, tipe warna kulit dibagi menjadi dua, warna hangat untuk kulit gelap dan warna dingin untuk kulit cerah. Salah satu cara mudah untuk menentukan warna personal adalah dengan memakai lipstik atau blusher warna pink dan oranye.

"Lihat mana yang lebih cocok, kalau cocok warna pink berarti warna kulitnya dingin, kalau cocok warna oranye berarti kulitnya warna hangat," katanya dalam konferensi pers My Palette innisfree di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara Makeup artist asal Negeri Ginseng, Eunji Kim menjelaskan pemilik kulit berwarna hangat disarankan memakai riasan dengan warna-warna gelap dan mencolok, misalnya eyeshadow cokelat dan lipstik merah menyala. Jika memakai riasan warna dingin, wajah akan terlihat pucat dan terkesan tidak segar.

Sedangkan pemilik kulit berwarna dingin dinilai lebih cocok memakai riasan warna-warna pastel. Kalau memakai warna gelap, kulit juga jadi kelihatan gelap.

Meski demikian, tentu sah-sah saja bila kamu ingin mencoba warna yang lebih cocok dengan skin tone kulit lain. Jika kamu berkulit cerah dan ingin mencoba riasan dengan warna hangat, pastikan untuk memakainya di satu bagian wajah saja.

"Misalnya wajah yang kulitnya gelap tapi ingin coba warna dingin, pakai di-lipstik saja. Sisanya disesuaikan sama warna kulit jadi kelihatannya lebih natural," pungkas dia.