×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Fakta tentang anjing yang tak kamu sadari, punya hidung ganda

View Image

0

BRILIO » Binatang

7 Fakta tentang anjing yang tak kamu sadari, punya hidung ganda

Di balik karakternya yang setia, terdapat banyak fakta unik yang mungkin belum banyak orang ketahui.

12 / 10 / 2018 00:02

Brilio.net - Dalam setiap kehidupan seseorang pasti membutuhkan teman. Sebagai makhluk sosial, interaksi antarteman menjadi hal penting sebagai sarana bertukar cerita dan pengalaman. Teman mengobrol sebenarnya tidak hanya sesama manusia, hewan pun terkadang bisa kita jadikan sebagai teman.

Selain kucing, salah satu hewan yang kerap dijadikan teman sekaligus peliharaan adalah anjing. Anjing menjadi pilihan sebagian orang karena terkenal dengan kepatuhan dan kesetiaannya.

Kedekatan emosi antara anjing dan tuannya yang mengagumkan ini bahkan kerap dijadikan sebagai jalan cerita utama industri perfilman. Sebut saja film Hachiko yang sangat fenomenal itu.

Di balik karakternya yang setia, ternyata terdapat banyak fakta unik yang mungkin belum banyak orang ketahui. Apa saja fakta tersebut? Dilansir dari brightside.me, berikut brilio.net telah himpun informasinya, Kamis (11/10).

1. Paling bervariasi dalam hal ukuran dan bentuk.

fakta anjing mnn.com

foto: bbc.co.uk

Proses perkembangbiakan dari anjing membuat kita jadi mengenal banyak tipe anjing yang berbeda. Mulai dari warna, bentuk, ukuran, bulu, dan juga karakter fisik. Ternyata, jumlah perkembangbiakan anjing ini lebih banyak dari mamalia lainnya. Ternyata ada lebih dari 400 ras anjing di dunia. Diperkirakan jumlah ini terus bertambah.

 

2. Punya hidung ganda

fakta anjing mnn.com

foto: mnn.com

Hidung kedua anjing dikenal dengan organ vomeronasal atau juga biasa disebut Organ Jacobson. Organ Jacobson adalah reseptor penciuman yang hipersensitive dan tidak menerima bau biasa seperti yang bisa dirasakan manusia.

Dengan kata lain, anjing memiliki hidung ganda, yang sensitif dan yang sangat sensitif. Meski begitu, bentuk hidung kedua anjing ini tidak nampak layaknya hidung yang biasa kita lihat.

 

3. Hidung anjing berfungsi layaknya sidik jari manusia.

fakta anjing mnn.com

foto: petsworld.in

Bentuk hidung anjing sama fungsinya dengan sidik jari manusia yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara akurat. Sama halnya dengan sidik jari manusia, tidak ada dua anjing yang memiliki bentuk hidung sama persis.

 

4. Pura-pura sakit untuk mendapat perhatian.

fakta anjing mnn.com

foto: barkpost.com

Terkadang anjing belajar berpura-pura sakit atau terluka untuk mendapatkan perhatian dari sang majikan. Mereka tergolong cepat dalam belajar untuk bisa memperoleh perhatian ini.

 

5. Dapat mengenali warna.

fakta anjing mnn.com

foto: medicaldaily.com

Telah dipercaya selama bertahun-tahun bahwa anjing melihat semua benda layaknya TV hitam putih. Mereka tidak dapat mengenali warna selain dua itu. Sebenarnya, anjing dapat melihat beberapa warna, tetapi tidak sebanyak kita. Mereka melihat warna hijau, kuning, dan biru. Tetapi mereka tidak dapat mengenali warna merah yang mereka lihat sebagai abu-abu gelap.

 

6. Tidur terlentang ketika merasa aman.

fakta anjing mnn.com

foto: cuteness.com

Anjing akan tidur terlentang dengan perut menghadap ke atas ketika ia merasa aman. Ini biasa dilakukan oleh anjing peliharaan pada umumnya. Anjing peliharaan biasanya tidak akan memperlihatkan perutnya ketika ia tidak merasa aman dan nyaman. Namun, bukan berarti anjing yang tidak pernah melakukan ini maka ia tidak merasa aman.

 

7. Mencari kontak dengan orang.

fakta anjing mnn.com

foto: vactualpapers.com

Sering kali naluri seekor anak anjing mengatakan bahwa cara terbaik bertahan hidup adalah dekat dan bersinggungan dengan manusia, terutama pemiliknya. Itu lah mengapa banyak anjing merasa sangat tidak tenang ketika ditinggalkan sendirian di rumah. Anjing seakan merasa telah ditinggalkan selamanya oleh sang majikan dan tidak ada yang akan merawatnya lagi.




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more