Brilio.net -  Beberapa hewan memang memiliki kecerdasan, yang tak jarang membuat manusia terkagum-kagum. Biasanya hewan-hewan tersebut telah dilatih manusia. Namun apa jadinya jika hewan memiliki kecerdasan yang dia peroleh sendiri tanpa ada campur tangan manusia? Ini semakin unik bukan?

Seperti yang viral baru-baru ini, terlihat seorang warganet mengabadikan momen ketika seekor burung berusaha memangsa ikan. Tentu harus memiliki siasat, karena ikan tidak akan datang menyerahkan diri begitu saja.

Momen langka dan bikin takjub ini kemudian diunggah ke akun TikTok @rusnatwship. Menilik dari akun tersebut, Selasa (16/11) burung itu tampak cerdas memanfaatkan secuil roti untuk menarik perhatian mangsanya.

Roti didapat saat pengunjung melemparkan ke arahnya. Mungkin maksudnya untuk memberi makan ikan atau memang diberikan pada burung itu. Bisa saja, si burung sudah mengamati gerak-gerik ikan saat dilempari roti, sehingga burung cerdik ini pun memanfaatkan hal serupa.

Saat roto diletakkan ke air, maka ikan akan naik ke permukaan untuk memakan roti tersebut. Di saat itulah si burung melancakan aksinya dengan cepat. Alhasil dia berhasil menangkap seekor ikan.

Melihat hal ini tentu saja banyak orang terheran-heran, dari mana burung mendapat akal secerdik itu untuk bisa memikat ikan agar mendekat. Video mengenai ikan cerdas ini sudah ditonton lebih dari 4 ribu lebih. Serta mendapatkan 23 ribu lebih komentar dari pengguna TikTok lainnya.

@rusnatwship Burung ni cerdik laaa #cute #just Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod

 

"Dikasih roti buat di makan malah dikasih ikan," kata @rexhan_28.

"Masyaallah pintar sekali," ujar @yourbigfans.

"Itulah hidup, mau makan enak haruslah usaha," tulis @muhammademyrul.

"Bijak betul atur strategi," timpal @safowansaridin.