Brilio.net - Bukan menjadi rahasia umum lagi bila seekor binatang memiliki kecerdasan seperti manusia. Mereka bisa menirukan suara, ekspresi, bahkan kemampuan yang dimiliki seorang manusia seperti melukis, menendang bola, atau mengayuh sepeda. Sebut saja salah satunya burung beo. Burung tersebut bisa menirukan suara manusia, atau suara lain yang ada di sekitarnya.

Bicara tentang burung beo, bukan hanya jago menirukan suara yang berada di sekelilingnya. Burung ini ternyata juga punya daya ingat yang luar biasa lho. Bahkan daya ingatnya melebihi manusia. Kemampuan burung beo mengingat suatu objek ini dibuktikan dari hasil uji coba daya ingat burung beo terhadap manusia oleh para peneliti di Universitas Harvard.

Melansir dari indiatimes.com pada Kamis (9/7), seekor burung beo Afrika Kelabu yang disebut juga dengan Psittacus erithacus, mampu mengalahkan mahasiswa yang berasal dari Universitas Harvard. Tes ini menuntut para pesertanya untuk menebak warna objek yang tertutup gelas, setelah penguji memintanya.

Tes ini menggunakan empat pompom dengan warna yang berbeda, yang ditutup oleh empat gelas berwarna hitam dengan bentuk yang identik, dan menggesernya secara acak. Peserta uji daya ingat ini diikuti oleh 42 peserta manusia melawan satu ekor burung beo jenis Afrika Kelabu. 42 orang tersebut terdiri dari, 21 peserta anak-anak berusia 6 sampai 8 tahun, dan 21 peserta dewasa.

Hasilnya sungguh membuat takjub, kemampuan burung beo mengingat objek dalam gelas ini sama seperti manusia pada umumnya. Dia bahkan tampil lebih baik dalam serangkaian tes yang terdiri dari 12 sampai 14 putaran, dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

Loading...

Masih dari sumber yang sama, pemimpin studi Hrag Pailian Departemen Psikologi Harvard mengungkapkan kekagumannya dengan mengatakan, "Coba pikirkan, burung beo kelabu mengungguli mahasiswa Harvard. Itu sangat luar biasa," tuturnya.

Walaupun otak burung tersebut hanya sebesar biji kenari, tapi bagaimana burung tersebut mampu mengalahkan manusia dalam tes kognitif ini sangat luar biasa.

Hal itu disampaikan oleh Dr. Irene Pepperberg, seorang rekan peneliti di Departemen Psikologi Harvard, dia mengatakan "Alasan mengapa burung-burung ini melakukannya dengan baik pada tugas kognitif yang kita berikan kepada mereka sangat mengejutkan, meskipun otak mereka sebesar ukuran buah kenari yang dikupas, namun padat akan neuron sehingga kepadatannya ini sebanding dengan primata non-manusia," tambah Dr. Irene.

Dr. Irene juga menambahkan dalam pernyataannya, bahwa penelitian ini menunjukkan bagaimana kemampuan menghafal benda atau objek secara visual adalah evolusi dari kemampuan kuno yang kembali ke masa dimana manusia dan burung beo memiliki nenek moyang yang sama.

Jadi bagaimana apakah kamu punya daya ingat yang luar biasa juga seperti burung beo ini?