Brilio.net - Perkembangan kota yang ditandai tingginya pembangunan menggusur beberapa habitat satwa seperti burung. Kawanan burung awalnya tinggal nyaman di pepohonan rindang, kini kehilangan rumahnya akibat dibangunnya banyak bangunan.

Seorang seniman dan desainer bernama Thomas Dambo membuat proyek "Happy City Birds." Sejak tahun 2006 ia membuat 3.500 rumah burung yang tersebar di beberapa negara. Thomas yang kini tinggal di Denmark pun kerap mengajak orang lain seperti komunitas dan anak-anak bergabung menciptakan rumah burung.

Ide membuat rumah burung timbul dari keinginan menciptakan street art yang juga bermanfaat. Dengan membuat rumah burung, karyanya pun dapat menghias kota sekaligus bermanfaat untuk kawanan burung yang rumahnya mulai hilang perlahan.

Nah mari kita lihat karya Thomas dilansir brilio.net dari thomasdambo.com, Senin (27/11).

1. Daun-daun mulai gugur sehingga burung sulit berteduh. Rumah burung di ranting kering ini rasanya cocok sebagai tempat tinggal burung menggantikan teduhnya dedaunan.

Loading...

pagupon ©thomasdambo.com

2. Rumah burung dengan warna gabungan bendera negara Nordik. Rumah burung ini sengaja dibuat selain sebagai tempat tinggal burung juga untuk memperingati festival malam di Denmark.

pagupon ©thomasdambo.com

3. Mural rumah burung ini dibuat pada sebuah bangunan di Denmark. Mural ini pun dijadikan cover buku berjudul 'Birdhouses of The World'.

pagupon ©thomasdambo.com

4. Rumah burung yang dibangun bersama anak-anak di kota Aarhus Denmark.

pagupon ©thomasdambo.com

5. Rumah burung ini ditempatkan di sebuah rumah dengan desain mirip tembok.

pagupon ©thomasdambo.com

6. Di tembok pinggir jalan juga bisa menjadi tempat berlindung burung.

pagupon ©thomasdambo.com

7. Burung juga bisa tinggal di rumah kaca lho. Cool banget rumah burung di tengah kota ini.

pagupon ©thomasdambo.com

8. Di kota sering ada pembangunan jalan. Burung-burung di lokasi pembangunan pun disediakan rumah burung mirip penanda jalan.

pagupon ©thomasdambo.com

9. Sekilas dari kejauhan hanya tampak penanda arah. Setelah dilihat lebih dekat, penanda arah tersebut sekaligus menjadi rumah burung.

pagupon ©thomasdambo.com

10. Rumah burung dibuat di pohon. Susah ya membedakan mana batang pohon dan mana rumah burung.

pagupon ©thomasdambo.com