Brilio.net - Burung Beo itu lucu banget. bisa niruin omongan manusia. Eh, tapi kok bisa sih?

Kalau kita ngomong, suara kita dihasilkan oleh larynx, pangkal tenggorokan, dan ini dapat diubah-ubah sesuai pergerakan lidah di dalam mulut. Karena hal inilah, kita bisa mengucapkan huruf vokal maupun konsonan meskipun huruf-huruf itu rumit untuk diucapkan.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, burung Beo sendiri memang menggunakan larynx dan syrinx sama seperti burung-burung lainnya, namun burung beo menggerakkan lidahnya ke depan dan ke belakang untuk berbicara. Kalau burung yang lainnya sih nggak.

Berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Gabriel Beckers, dari Universitas Leiden, Belanda, pergerakan lidah kurang dari satu milimeter saja akan menimbulkan perbedaan besar terkait kualitas vokal burung beo. Perbedaannya itu bahkan lebih besar ketimbang perbedaan antara huruf 'o' dan huruf 'a' yang diucapkan manusia.

Jadi, menurut Beckers, kemampuan burung beo berusara dengan memainkan lidahnya itu disebabkan oleh bakat burung yang suka meniru. Itulah makanya, kalau ada orang yang suka meniru, pasti deh disebut "membeo".