Brilio.net - Sejak dulu di dunia ini sungguh banyak memiliki jenis burung yang tersebar di mana-mana. Namun sayangnya, banyak pula burung yang sudah punah karena memang populasinya sudah berkurang, dan tak lagi bisa bersahabat dengan alam zaman sekarang.

Tapi lupakan sejenak soal problem kepunahan burung-burung itu. Karena kali ini brilio.net tak akan membahas persoalan itu. Pertanyaannya adalah, pernahkah kamu tahu kalau ada jenis burung yang sangat berbahaya?

Meski mereka mayoritas berperawakan kecil dan terlihat ramah, lucu, menggemaskan, ternyata ada beberapa jenis hewan bersayap itu yang berbahaya. Saking berbahayanya, burung ini dianggap sebagai burung yang mematikan.

Bebek burung paling mematikan di dunia ini memiliki kemampuan untuk membunuh manusia. Burung-burung ini bisa membunuh manusia baik dengan kekuatan, sifat agresifnya maupun toksisitasnya. Nah, kamu pasti penasaran, kan?

Simak langsung ulasannya di bawah ini, deretan burung paling mematikan di dunia seperti dilansir brilio.net dari list amaze, Kamis (10/8).

Loading...

1. Red-Tailed hawk (elang merah).

Burung mematikan sumpah nek iki ngeri tenan © 2017 brilio.net

Red-Tailed Hawk adalah salah satu elang merah terbesar di Amerika Utara. Namun di Amerika Serikat, mereka juga dikenal sebagai chickenhawk.

Elang ini cukup ampuh membunuh raptor, reptil, kalkun, ayam dan hewan kecil lainnya yang tentu saja lebih kecil daripada dirinya. Pada tahun 2014, seekor anjing keluarga dibunuh oleh elang ini.

Burung yang dikenal dengan nama ilmiah Buteo jamaicensis ini memang memiliki kuku tajam dan berbahaya yang digunakan untuk memangsa korban.

2. African Crowned Eagle.

Burung mematikan sumpah nek iki ngeri tenan © 2017 brilio.net

African Crowned Eagle adalah salah satu elang terbesar di dunia. Mereka juga merupakan salah satu jenis elang paling kuat di dunia.

Crowned Eagles memiliki kemampuan untuk membunuh mangsanya sebelum memberi makan pada mereka. Elang dengan nama ilmiah Stephanoaetus coronatus ini dulunya ditemukan di sub-Sahara Afrika dan Afrika Selatan.

Sejak dulu sudah banyak laporan tentang African Crowned Eagles yang membunuh anak sapi dan monyet. Mangsanya sering terbunuh karena terkaman kuat, luka dalam hingga mati lemas.

3. Harpy Eagle.

Burung mematikan sumpah nek iki ngeri tenan © 2017 brilio.net

Mirip dengan elang Afrika yang disebutkan di atas, Harpy Eagle adalah salah satu elang paling kuat dan terbesar di dunia. Paruhnya adalah salah satu senjata yang paling mematikan di antara jenis elang lainnya.

Mereka kadang-kadang disebut sebagai Harpy Eagle Amerika karena memang bisa banyak ditemukan di benua Amerika. Elang dengan nama ilmiah Harpia harpyja ini dapat dengan mudah dan cepat membunuh monyet, jaguar, dan mamalia kecil lainnya.

4. Magpie Australia.

Burung mematikan sumpah nek iki ngeri tenan © 2017 brilio.net

Magpie Australia adalah burung Australia yang paling berbahaya. Burung dengan nama ilmiah Cracticus tibicen ini disebut kerap menyerang para pesepeda di Australia, dan dianggap sangat menyukai aroma daging.

Tak cuma para pesepeda, beberapa laporan berita mengatakan bahwa Magpie juga pernah membunuh anak-anak kecil dan hewan peliharaan. Ngeri.

5. Angsa.

Burung mematikan sumpah nek iki ngeri tenan © 2017 brilio.net

Mungkin sebagian kamu ada yang belum tahu betul apa bahayanya burung imut nan cantik ini. Iya kan?

Angsa ternyata sangat berbahaya dan agresif jika kamu mencoba mendekati sarangnya di sungai. Sang ibu angsa bisa marah besar dan mengibaskan sayapnya dengan membabi buta ke arah siapa saja.

Ada beberapa kejadian tragis tentang anak-anak dan orang tua yang tulangnya patah seketika oleh serangan angsa. Batang angsa memang sangat kuat dan bisa menggigit dengan cepat saat mereka merasa dalam keadaan bahaya. Padahal secara historis, angsa telah menjadi burung ramah bagi manusia.

6. Pitohui.

Burung mematikan sumpah nek iki ngeri tenan © 2017 brilio.net

Pitohi adalah endemik dari Papua Nugini. Bulu dan kulit disebut mengandung alkaloid neurotoxic kuat dari jenis batrachotoxin. Burung ini dianggap mematikan karena mempunyai mekanisme pertahanan diri melawan ular, raptor atau manusia.

Pitohui juga tak pernah disarankan untuk dimasak dan dimakan, sebab kandungan tubuhnya punya bahan kimia beracun itu sendiri. Toksin Pitohui itu kemungkinan besar berasal dari genus Choresine kumbang, bagian dari makanan unggas yang sudah dimangsanya.

7. Elang.

Burung mematikan sumpah nek iki ngeri tenan © 2017 brilio.net

Elang adalah burung pemburu yang luar biasa untuk memangsa tikus, hewan dan bahkan manusia. Elang dianggap mampu menghancurkan sumsum tulang belakang manusia dan menyerang mata manusia saat berdiri di jalan mangsanya, karena paruhnya yang sangat tajam.

Elang jenis ini ada di semua benua kecuali Antartika. Gerakannya juga terbilang cepat dan selalu mengeksekusi mangsanya dengan kejam.

Selain dianggap kejam, Elang juga dapat terbang dengan kecepatan 320 km/jam, sehingga menjadikannya burung yang bergerak paling cepat di bumi. Keterampilan berburu serta kecakapan visual yang hebat membuat mereka menjadi salah satu hewan paling berbahaya di planet ini.

8. Little Shriekthrush.

Burung mematikan sumpah nek iki ngeri tenan © 2017 brilio.net

Little Shriekthrush adalah burung kecil dan beracun. Burung ini juga dikenal sebagai Shrikethrush rufous, yang masuk spesies burung di keluarga Colluricinclidae.

Mereka bisa ditemukan di beberapa bagian di Australia, Indonesia, dan Papua Nugini. Sebuah studi tentang toksisitas burung-burung ini dianggap mengandung batrachotoxins (BTXs), yang serupa dengan katak panah yang ditemukan Amerika Tengah dan Selatan.

Burung ini punya nama ilmiah Colluricincla megarhyncha.

9. Ostrich (burung unta).

Burung mematikan sumpah nek iki ngeri tenan © 2017 brilio.net

Ostrich atau dikenal dengan burung unta ini adalah spesies burung hidup terbesar di dunia. Burung ini dianggap sebagai predator yang sangat kuat untuk membunuh, bahkan sampai singa sekalipun.

Burung unta juga disebut pelari hebat karena memiliki kaki yang kuat. Saat menyerang seseorang, burung unta menendang dengan kaki mereka yang kuat, dipersenjatai dengan cakar panjang, dan sanggup melepaskan atau membunuh seseorang dengan satu pukulan saja.

10. Kasuari.

Burung mematikan sumpah nek iki ngeri tenan © 2017 brilio.net

Kasuari adalah burung paling berbahaya di dunia yang dikenal dengan tendangan kuat mereka. Burung-burung ini cukup mematikan untuk membunuh manusia dan hewan peliharaan melalui tendangan agresifnya.

Jika kamu melihat lebih dekat ke hewan ini, kamu dapat menemukan kemiripannya dengan beberapa jenis dinosaurus. Guinness Book of World Records mencantumkan kasuari sebagai burung paling berbahaya di dunia.

Hewan-hewan ini berasal dari hutan tropis Papua Nugini dan Indonesia, pulau-pulau terdekatnya, serta timur laut Australia. Kasuari bisa tumbuh setinggi 6,6 kaki dan beratnya bisa mencapai 58,5 kilogram.

Mereka dikenal mempunyai kuku kuat dan tajam yang bisa memutus lengan atau menghancurkan perut dengan mudah. Ada beberapa catatan tentang Kasuari membunuh penduduk asli daerah-daerah yang sudah disebutkan di atas.