Brilio.net - Sampah plastik selalu menjadi momok masyarakat, kehadirannya yang cenderung over kapasitas seringkali menimbulkan masalah bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa di lain sisi, masyarakat belum sepenuhnya mampu untuk mengontrol produksi sampah yang dihasilkan baik dari rumah tangga maupun produksi limbah yang berasal dari pabrik-pabrik.

Hal ini mendorong kepedulian berbagai pihak untuk terus menyuarakan tentang bahaya polusi sampah yang akan membawa dampak buruk bagi masa depan lingkungan. Dalam hal ini plastik menjadi salah satu jenis sampah yang mendominasi limbah di lingkungan sekitar.

Berbagai macam cara dan kampanye untuk mendorong kepedulian masyarakat terhadap bahaya plastik ini terus diserukan hingga saat ini. Salah satunya dalam karya seni, media sampah plastik menjadi salah satu alternatif untuk membangun budaya kepedulian tersebut. Selain itu, karya seni dari plastik juga dapat merepresentasikan kondisi lingkungan kita yang semakin hari semakin krisis dan semakin tertimbun oleh sampah plastik.

Berbagai karya seni mengagumkan dari plastik ini kemudian dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (1/11).

1. Relawan Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton) membuat instalasi Museum Plastik dari ribuan botol dan bungkus plastik bekas yang disusun unik di sebuah rumah yang berdekatan dengan pinggir kali Wringinanom, Gresik, jawa Timur. Pameran museum plastik ini bertajuk 3F (Fish Fersus Plastik). Ecoton membangun 4 instalasi plastik yang dipamerkan pada awal September lalu.

Instalasi Seni dari Plastik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ecoton.id

2. Karya seni ini merupakan salah satu instalasi seni di pameran ArtJog pada 2019 silam. Karya ini merupakan hasil dari penelitian Mary Magic selama tinggal di Yogyakarta dan terlibat dalam Jogja River Project (JRP). Karya ini berjudul Recombinant Commons Mary yang menampilkan video dan objek yang merepresentasikan lanskap Kali Code yang suriil karena didominasi oleh sampah plastik. Ia juga menggarap sebuah miniatur sungai tersebut dengan bambu, agar-agar dan sampel fungi (jamur) yang menjadi medium persemaian mikro-organisme Kali Code.

Instalasi Seni dari Plastik © 2021 brilio.net

foto: Brilio/Annatiqo

3. Lukisan ini merupakan hasil karya pelukis asal Medan yang beberapa waktu lalu pernah ramai diperbincangkan netizen lantaran hasil lukisan BTS yang dia buat berasal dari limbah plastik. Begitu pula dengan lukisan karakter anime yang dia buat ini yang menggunakan limbah plastik. Pelukis yang memiliki nama asli Edy Surata Ginting ini kemudian dikenal lewat karya-karyanya yang merubah limbah plastik menjadi sebuah lukisan.

Instalasi Seni dari Plastik © 2021 brilio.net

foto: Tiktok/@edy_art_studio

4. Lukisan ini merupakan karya dari Made Banyak, seorang pelukis asal Bali. Menjadi salah satu lukisan di pameran tunggalnya, Made Banyak menggelar pameran seni bertajuk Plasticology. Lukisan-lukisannya terbuat dari media-media sampah plastik. Plasticology merupakan gabungan dari Plastik dan Ekologi dengan gerakan Plasticology Art Project digelar di Galeri Kasisan, Denpasar pada Mei 2021 lalu.

Instalasi Seni dari Plastik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@madebanyak

5. Karya seni ini hasil karya seniman terkenal, Eko Nugroho, yang berjudul Future Fungus. Salah satu bahannya terbuat dari daur ulang plastik. Karya ini dipamerkan di galeri seni kontemporer yang dihadiri oleh seniman-seniman terkemuka di Australia, Asia-Pasifik, dan Asia Timur.

Instalasi Seni dari Plastik © 2021 brilio.net

foto: Ekonugroho

6. Dengan imajinasi dan kreativitas yang tinggi, sampah plastik dapat diubah menjadi sebuah instalasi seni yang menakjubkan. Sebuah karya seni ini merupakan ciptaan Benjamin Von Wong, seorang seniman, aktivis sekaligus fotografer asal Kanada yang terkenal karena instalasi seni lingkungannya dan gaya hiper-realistis. Karya seni ini pernah di buka untuk umum di galeri seni, Singapura.

Instalasi Seni dari Plastik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@vonwong

7. Tidak hanya itu, Von Wong juga mengubah sebuah tempat pembuangan sampah menjadi instalasi seni. Dalam karya seninya tersebut, Von Wong menekankan untuk berhenti terus menerus membuat barang-barang yang dirancang untuk dibuang. Karena cepat atau lambat, manusia akan kehabisan sumber daya, ruang, dan waktu hanya untuk sampah-sampah plastik tersebut.

Instalasi Seni dari Plastik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@vonwong

(brl/far)

(brl/far)