Brilio.net - Seni lukis adalah salah satu kesenian yang mengacu pada bentuk visual yang merupakan susunan atau komposisi dari unsur-unsur atau elemen rupa berupa garis, warna, tekstur, dan bangun. Unsur tersebut pula yang membangun tanda-tanda visual dalam seni lukis. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seni lukis adalah sebuah karya berupa gambar yang diciptakan pada media pensil, pulpen, kuas, dan sebagainya yang membutuhkan keahlian luar biasa. 

Seni lukis juga dapat diartikan sebagai cabang seni rupa hasil imajinasi seniman yang diekspresikan melalui garis, warna, dan tekstur dan dituangkan di dalam kanvas atau bidang dua dimensi lainnya. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai seni lukis, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (10/8).

Pengertian seni lukis

pengertian seni lukis dan tekniknya © berbagai sumber

foto: russn_fckr/Unsplash

Seni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa. Seni lukis dapat didefinisikan sebagai sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Seni lukis menjadi bentuk ekspresi jiwa dan emosi dari pelukisnya. Secara umum, seni lukis merupakan salah satu cabang seni rupa berbentuk dua dimensi yang diwujudkan dalam bidang seperti kanvas, papan, kertas, dan lainnya. Karya dari seni lukis ini disebut dengan lukisan. 

Seni lukis juga merupakan hasil dari imajinasi seorang seniman yang diekspresikan melalui media garis, warna, tekstur, gelap terang, bidang, dan bentuk. Terdapat beberapa definisi seni lukis menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Aristoteles, seni lukis merupakan sesuatu yang menyenangkan dan baik.

2. Sukaryono mendefinisikan seni lukis sebagai sebuah ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seniman yang dikomunikasikan.

3. Myers berpendapat bahwa seni lukis merupakan sebuah nilai intelektual, emosional, simbolis, religius, dan nilai subjektif yang lain.

4. Herbert Read mengemukakan bahwa seni lukis adalah kegiatan rohani yang merefleksikan jasmani dan memiliki daya yang dapat membangkitkan perasaan dan jiwa.

5. M. Adler mendefinisikan seni lukis sebagai sesuatu yang dapat memberikan perasaan kesenangan.

6. Menurut Noryan Bahari, seni lukis adalah suatu bahasa ungkapan pengalaman artistik dan ideologi seseorang.

7. Thomas Munro berpendapat bahwa seni lukis adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

8. Menurut Cleaver, seni lukis adalah suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan membangkitkan pengalaman dalam suatu disiplin.

(brl/pep)