Brilio.net - Sudah bosan dengan perjalanan darat yang memakan waktu lama? Mungkin transportasi ini bisa menjadi solusi bagi kamu untuk memangkas waktu perjalanan.

Hyperloop Transportation Technologies (HTT) berencana menempatkan transportasi tabung karya mereka di Indonesia dengan kontrak awal senilai USD 2,5 juta seperti dikutip brilio.net dari cnbc, Kamis (9/3).

Kontrak awal tersebut berupa studi kelayakan di Jakarta sebagai lokasi proyek pertama yang cocok untuk sistem Hyperloop ini atau tidak. Jika layak, proyek tersebut akan meluas ke daerah-daerah di Jawa lainnya dan Sumatera.

Chairman HTT, Bibop Gresta, mengutarakan alasan melirik Indonesia karena memiliki penduduk yang padat. Hal ini berdasarkan studi yang dirilis TomTom pada awal 2017 yang menempatkan Jakarta pada kota ketiga di dunia dengan lalu-lintas terburuk.

moda transportasi istimewa

Loading...

foto: arch2o.com

Kecepatan tabung buatan Hyperloop tersebut dapat mencapai 750 mil/jam dengan magnet sebagai penggerak. Sebagai perbandingan, Yogyakarta - Jakarta dengan Hyperloop dapat ditempuh dalam waktu 25 menit dibanding dengan pesawat yang memakan waktu 1 jam.

Hadirnya kendaraan ini tentu sangat membantu bagi para pelaku bisnis dan pelancong untuk bepergian ke daerah-daerah di Indonesia. Semoga lekas terealisasi ya.

(mgg/dimas satria putra)