Brilio.net - Zaman sekarang tentu angkutan umum di Indonesia mayoritas beroda empat dan dua saja. Alat transportasi tradisional tanpa mesin sudah mulai dilupakan karena dianggap sudah tak efisien.

Tapi sebelum zaman semodern sekarang, dulu banyak alat transportasi jadi favorit lapisan masyarakat di kota-kota besar Indonesia. Tahukan kamu apa saja kendaraan itu?

Berikut lima kendaraan tradisional unik Indonesia yang kini sudah sangat jarang terlihat di kota-kota besar Indonesia, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (10/9):

1. Delman

5 Angkutan ini dulu jadi favorit masyarakat tapi kini hampir punah

Loading...

Alat transportasi dengan menggunakan kuda ini sampai sekarang masih gampang dijumpai terutama di kota-kota pariwisata. Dulu banyak digunakan masyarakat saat angkot masih jarang sekali di Indonesia. Umumnya delman memiliki roda dua yang terbuat dari kayu, bentuknya memang mirip dengan kereta kencana atau kereta kuda lain.

Bedanya adalah kursi penumpang delman berhadapan dengan jarak yang sangat dekat. Selain itu, kursi penumpang juga dibiarkan terbuka tanpa jendela, hanya beratapkan terpal. Kereta kuda ini masih bisa kamu temukan di beberapa wilayah Indonesia, seperti Yogyakarta, Kuningan, Padang dan Magelang.

2. Helicak

5 Angkutan ini dulu jadi favorit masyarakat tapi kini hampir punah

Helicak merupakan singkatan dari helikopter dan becak. Kenapa dikasih nama Helicak? Karena bentuknya yang mirip dengan helikopter dan becak. Kendaraan unik satu ini mulai beroperasi di Jakarta sekitar Maret 1971 pada saat pemerintahan Gubernur Ali Sadikin.

3. Oplet

5 Angkutan ini dulu jadi favorit masyarakat tapi kini hampir punah

Kalau mendengar nama kendaraan yang satu ini, anak tahun 90-an pasti terbawa memori sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Oplet merupakan kendaraan unik mirip dengan mobil yang bagian belakangnya bisa mengangkut beberapa orang.

Kendaraan ini mempunyai dua bagian, yaitu bagian untuk supir dengan pintu samping, sedangkan bagian belakang untuk penumpang. Lantai dan jendela kendaraan ini terbuat dari kayu. Oplet mulai digunakan pada tahun 1950-an.

4. Bemo

5 Angkutan ini dulu jadi favorit masyarakat tapi kini hampir punah

Bemo alias becak motor ini sangat digemari pada zamannya. Bemo merupakan kendaraan bermotor roda tiga yang biasanya digunakan sebagai angkutan umum. Meskipun nama Bemo dikaitkan dengan becak, namun bemo sebenarnya adalah model bis ukuran supermini. Memang Bemo mulanya beroperasi seperti taksi, namun kemudian dibentuk trayek tertentu khusus trayek pinggiran yang jalurnya tak disentuh oleh bus kota.

5. Becak

5 Angkutan ini dulu jadi favorit masyarakat tapi kini hampir punah

Berbeda dengan kendaraan yang sudah disebutkan di atas, alat transportasi tradisional satu ini masih lumayan bagus eksistensinya. Becak adalah moda transportasi roda tiga yang masih banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia.

Kendaraan ini digerakkan dengan bantuan tenaga manusia. Penumpangnya berada di depan dan pengemudi mengayuh pedal di bagian belakang seperti sepeda.

Becak ini jasanya masih banyak digunakan di Yogyakarta, misalnya. Biasanya becak di kota gudeg itu dipakai oleh para turis mancanegara untuk keliling kota.