Brilio.net - Konon, awak Apollo 11 yang ke bulan pada tahun 1969 mengalami peristiwa ajaib. Ada suara musik aneh yang terdeteksi headset mereka ketika memasuki orbit lunar yang merupakan sisi terjauh bulan. Tak ayal, mereka kebingungan waktu itu untuk melaporkan fenomena ganjil tersebut ke NASA.

Sejauh yang publik tahu, segala sesuatu tentang misi tersebut berjalan lancar. Namun, hampir empat dekade berlalu hingga rekaman yang hilang soal peristiwa itu akhirnya muncul. Rekaman itu mengungkap rahasia yang mengganggu tiga astronot Apollo 11 ini.

Berikut kutipan transkrip rekaman percakapan para astronot itu seperti dikutip brilio.net dari huffington, Senin (22/2). Mereka terlihat terkejut dari kalimat yang diucapkan.

"Kedengarannya seperti, kamu tahu, seperti jenis musik luar angkasa."

"Kau dengar itu? Itu suara siulan? Whooooooooo!"

Loading...

"Yah, yang pasti itu adalah musik aneh!"

Musik aneh itu berlangsung hampir satu jam. Sebelum para astronot kembali kontak dengan bumi, mereka sempat mendiskusikan untuk mengambil tindakan dan melaporkan ke Mission Control.

"Sulit dipercaya! Kau tahu?"

"Bagaimana kalau kita memberitahu Mission Control tentang hal itu?"

"Saya tidak tahu. Kita harus berpikir tentang hal itu."

Transkrip dari misi Apollo 11 ini ternyata tak tersentuh di arsip NASA hingga 2008. Hal itu lantaran menghasilkan perdebatan mengenai sifat dan asal suara aneh yang didengar para astronot tersebut.