Brilio.net - Memiliki komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, Shopee baru saja mengumumkan pembaruan logo, tampilan, dan fitur Shopee Pilih Lokal untuk membantu para pengusaha lokal, termasuk para pengusaha kuliner. Yakni dimana Shopee siap menjadi kawan dari setiap perjalanan pengusaha lokal di 514 kota dan kabupaten di Indonesia. 

Sejalan dengan pembaruan tersebut, ShopeeFood juga meluncurkan kampanye Festival Kuliner Lokal 17.8 untuk mendukung pengusaha kuliner lokal. Mengusung semangat Hari Kemerdekaan tahun ini, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, Festival Kuliner Lokal 17.8 merupakan salah satu bentuk upaya ShopeeFood untuk mendorong kebangkitan usaha kuliner tanah air terutama di masa pasca pandemi. 

Telah berlangsung sejak tanggal 9-17 Agustus, kampanye ini akan menghadirkan beragam promo menarik, seperti Promo Jumbo s/d 100RB, Gratis Ongkir Sepuasnya, dan Diskon Terus s/d 60%. Lebih dari itu, para pengguna ShopeeFood juga dapat menemukan berbagai menu pilihan lokal dengan harga terjangkau di bagian kategori Pilihan Lokal di bawah 17RB yang ada di ShopeeFood. 

Andreas Christiadi selaku Brand Marketing Manager ShopeeFood mengungkapkan jika pihaknya ingin selalu mendukung kemajuan pengusaha kuliner lokal. Maka di momen kemerdekaan tahun ini, Shopee ingin mengambil peran aktif dalam menggerakan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membantu mendorong peningkatan transaksi usaha kuliner lokal.

"Hadirnya beragam promo spesial di Festival Kuliner Lokal 17.8 diharapkan juga dapat membantu memfasilitasi kebutuhan para pengguna untuk menikmati pengalaman jelajah kuliner yang menyenangkan, sembari melestarikan cita rasa khas kuliner nusantara dalam merayakan momen Hari Kemerdekaan," ungkap Andreas Christiadi.

Momen merayakan kemerdekaan bersama keluarga maupun teman di kantor akan semakin seru dengan kegiatan makan bersama loh. Kamu bisa manfaatkan Promo Jumbo s/d 100RB dari ShopeeFood yang cocok untuk pesan makan beramai-ramai. 

Bingung inspirasi makanan yang bisa kamu coba bersama orang-orang terdekatmu? Berikut ini rekomendasi makanan nusantara dari ShopeeFood yang bisa buat kamu merasa sedang berwisata kuliner keliling Indonesia walau hanya dari rumah, telah brilio.net himpun dari siaran pers ShopeeFood, Jumat (12/8).

1. Cicipi kue basah kenyal asal Medan, Bika Ambon.

Festival Kuliner Lokal © istimewa

Foto: Bika Ambon Rica Rico Original

Siapa yang masih mengira jika kue basah berongga kuning ini berasal dari Kota Ambon? Meskipun ada kata Ambon dalam nama makanan ini, kue Bika Ambon ternyata berasal dari Kota Medan, Sumatra Utara, karena kue ini dijual pertama kali di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan. 

Kue Bika Ambon ini sangat cocok jika dijadikan teman minum teh bersama keluarga tercinta sambil menonton film Indonesia favorit. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Medan, kamu dapat memesan Bika Ambon dengan mudah melalui ShopeeFood di Bika Ambon Rica Rico, Bika Ambon BeFond, maupun toko kue lainnya.

2. Nikmati sensasi beragam rasa olahan ikan asal Palembang, Pempek.

Festival Kuliner Lokal © istimewa

Foto: Pempek Kapal Selam Ny. Kamto

Berbahan olahan ikan khas kota Palembang, Pempek menjadi makanan favorit banyak masyarakat Tanah Air sejak dulu. Cita rasanya yang gurih serta dipadukan dengan asam, pedas, manisnya cuko dan segarnya potongan mentimun tentu membuat orang sulit untuk menolak kenikmatan makanan yang awalnya dikenal dengan nama kelesan ini.

Temukan berbagai jenis pempek nikmat di berbagai restoran yang ada di ShopeeFood seperti Pempek Ny. Kamto yang sudah berdiri sejak 1984 hingga Pempek Palembang 08 Asli yang sudah memiliki banyak cabang.

3. Rasakan kuliner lawas asal DKI Jakarta, Asinan Betawi.

Festival Kuliner Lokal © istimewa

Foto: Asinan Sayur Mantap Po Nur

Jika berbicara tentang kuliner khas nusantara, tak lengkap rasanya jika melewatkan membahas Asinan Betawi. Hidangan yang terdiri dari berbagai sayuran segar, tahu, kerupuk dan kuah bumbu kacang ini menjadi salah satu ikon kuliner Batavia yang masih eksis tak lekang oleh waktu. 

Asinan Betawi bisa menjadi kudapan yang dapat dinikmati di waktu senggang bersama keluarga maupun teman-teman. Asinan Betawi yang rasanya nikmat dapat ditemukan dengan mudah dan harga terjangkau di Asinan Po Nur dan Asinan Sayur & Rujak Juhi (Si Buhun).

4. Temukan rasa cinta di setiap gigitan camilan asal Semarang, Lumpia Semarang.

Festival Kuliner Lokal © istimewa

Foto: Lumpia Semarang Goreng Mr Lumpia

Siapa sangka jajanan ini lahir dari kisah cinta seorang perantau Tionghoa dengan seorang perempuan Jawa yang menjual makanan serupa? Tjoa Thay Yoe yang pada saat itu menjual makanan khas Tionghoa yang mirip dengan martabak, bertemu dengan Wasi yang  juga menjual makanan sejenis. Alih-alih bersaing, mereka justru saling bertukar resep sampai akhirnya menikah dan menciptakan Lumpia Semarang yang kita kenal sekarang ini.

Jajanan khas yang terkenal dengan aroma alami rebung ini bisa ditemukan di Mr Lumpia dan Lumpia Oppa Bebek yang ada di ShopeeFood. Jangan lupa nikmati bersama acar dan cabai rawit untuk melengkapi cita rasa Lumpia ini ya!

5. Konsumsi minuman sehat tradisional asal Jawa, Jamu.

Festival Kuliner Lokal © istimewa

Foto: Aneka Jamu Jowo Mbok Wahjuni

Kata Jamu berasal dari bahasa Jawa kuno, yaitu jampi atau usodo yang berarti penyembuhan menggunakan ramuan obat-obatan atau doa-doa. Minuman tradisional yang satu ini sejak dulu telah memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh masyarakat Indonesia. 

Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya industri jamu juga turut berkembang. Jika dulu para penjual jamu harus menggendong jamu sambil berkeliling area perumahan, kini jamu juga dijual secara online. Misalnya, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis jamu dengan khasiat beragam di Jamu Jowo Mbok Wahjuni dan Jamu Gendhong Wong Solo yang ada di ShopeeFood.

6. Coba nikmatnya rasa khas daging lilit asal Bali, Sate Lilit.

Festival Kuliner Lokal © istimewa

Foto: Sate Lilit Halo Bali

Salah satu kuliner asal Bali yang wajib dicoba adalah sate lilit. Makanan yang satu ini juga dikenal sebagai simbol pemersatu masyarakat Bali. Daging yang dililitkan melambangkan masyarakat Bali dan tusuk satenya adalah pemersatu.

Sesuai namanya, sate lilit merupakan campuran daging dengan parutan kelapa, santan, dan beragam rempah yang kemudian dililitkan pada tusukan bambu pipih atau batang sereh, dan dibakar diatas arang. Ingin mencoba kenikmatan sate lilit? Kamu bisa mencoba rekomendasi restoran Bali di ShopeeFood seperti Dibaliin dan Halo Bali, lho.

7. Manjakan lidah dengan kuliner kaya rempah asal Manado, Ayam Woku.

Festival Kuliner Lokal © istimewa

Foto: Ayam Woku Manadong

Bagi penggemar pedas, nggak ada salahnya untuk mencoba Ayam Woku. Makanan khas Manado yang satu ini memiliki cita rasa pedas yang identik dan kaya akan rempah. 

Ayam Woku yang disajikan dengan nasi hangat bisa menjadi inspirasi menu utama yang bisa dicicipi saat makan bersama dengan keluarga besar maupun teman-teman. Bagi kamu yang ingin mencicipi hidangan ala Manado yang satu ini, bisa coba memesannya di Manadong dan juga Lagijo Manado Ricebox melalui ShopeeFood.

Beragam kuliner lokal favoritmu lainnya juga bisa dipesan melalui ShopeeFood loh. Dapatkan juga promo spesial Diskon 100% bagi para pengguna baru Shopee. Promo spesial pengguna baru ini berlaku untuk metode pembayaran Cash on Delivery (COD) dan juga ShopeePay. 

Yuk, rayakan peringatan Hari Kemerdekaan sembari membantu mendorong bangkitnya usaha lokal melalui kampanye ShopeeFood Festival Kuliner Lokal 17.8! Selain itu, Shopee juga menghadirkan kampanye Festival Pilih Lokal 17.8 dimana pengguna dapat mengakses ragam pilihan produk lokal dan menikmati rangkaian penawaran spesial seperti Produk Lokal Di Bawah 77 RB, Gratis Ongkir Se-Indonesia dan Brand Lokal Unggulan Diskon 50%. 

Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan nikmati pengalaman jelajah kuliner dengan ShopeeFood.

(brl/lak)

(brl/lak)