Brilio.net - Sholat merupakan tiang agama. Dalam rukun Islam, sholat ada di urutan kedua setelah syahadat. Sholat dibagi menjadi dua yaitu sholat wajib atau fardhu dan sholat sunah.

Sholat fardhu adalah sholat yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk mengamalkannya. Apabila seorang muslim meninggalkannya, ia akan mendapatkan dosa.

Sedangkan sholat sunah, menurut ilmu fiqih, berarti sholat yang apabila dikerjakan mendapat pahala, namun jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

Terdapat berbagai macam sholat sunah, salah satunya tahajud. Sholat tahajud merupakan sholat sunah yang dikerjakan pada malam hari setelah isya, yang utama sepertiga malam terakhir.

Di mana pada sepertiga malam merupakan waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Pada waktu tersebut para malaikat akan turun ke bumi.

Loading...

Sholat sunah tahajud dilakukan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak tidak ada batasannya.

Dalam suatu hadits, diriwayatkan Aisyah R.A, Rasulullah bersabda:

"Nabi SAW mengerjakan sholat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau, "mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rasulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah?" kemudian Beliau menjawab, "apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?" (HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820)

Dalam hadits tersebut menunjukkan bahwa Rasulullah yang telah dijamin keselamatannya di akhirat, senantiasa menjalankan ibadah sebagai bentuk syukur kepada Allah.

Sholat tahajud juga merupakan salah satu sholat sunah yang istiqamah dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Sholat ini sangat dianjurkan karena keutamaannya.

Allah berfirman dalam Alquran surat Al Isra ayat 79:

Keutamaan sholat tahajud © 2020 brilio.net

Wa minal-laili fa tahajjad bihii naafilatal laka 'asaa ay yab'asaka rabbuka maqaamam mahmudaa

Artinya:

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."

Keutamaan sholat tahajud.

Keutamaan sholat tahajud © 2020 brilio.net

foto: freepik

Seorang muslim yang senantiasa menjalankan sholat tahajud, maka ia akan mendapatkan berbagai keutamaan. Di antaranya:

1. Mendapat jaminan surga.

Seorang muslim yang rutin mengerjakan sholat tahajud dengan penuh keikhlasan, maka ia akan mendapat jaminan surga dari Allah.

2. Menjadi penghapus dosa.

Salah satu keistimewaan sholat tahajud adalah media untuk menghapus dosa-dosa serta mencegah melakukan dosa kembali. Hal tersebut dapat terjadi karena setiap malam dirinya mengingat bahwa Allah adalah Dzat yang maha melihat, sehingga orang tersebut selalu merasa terawasi oleh Allah.

3. Mendapatkan keringanan di akhirat.

Sholat tahajud merupakan amalan saleh yang dapat menyelamatkan di akhirat kelak. Seorang muslim yang secara rutin melaksanakan sholat tahajud akan mendapatkan keringan ketika dihisab di akhirat.

4. Di wajahnya tampak tanda ketakwaan.

Seorang muslim yang terbiasa melakukan sholat tahajud, maka wajahnya akan terlihat bersinar sebagai bentuk tanda ketakwaannya kepada Allah. Hal tersebut terjadi karena sholat tahajud akan menjaga keimanan seseorang.

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Setan mengikat pada ujung kepala salah seorang di antara kalian jika tidur dengan tiga ikatan. Masing-masing ikatan mengatakan: Engkau masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah! Jika ia bangun lantas menyebut nama Allah, maka terlepaslah satu ikatan. Jika ia berwudlu, maka lepaslah ikatan berikutnya. Dan jika ia mengerjakaan sholat, maka terlepaslah satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi giat, demikian juga jiwanya akaan menjadi baik. Jika tidak demikian, maka keesokan harinya ia menjadi kotor jiwanya lagi pemalas." (HR. Muslim 1163).

5. Mendapatkan ridho dan dicintai Allah.

Allah akan cinta dan ridho kepada hamba-Nya yang mau mendekatkankan diri. Dan sholat tahajud merupakan bentuk upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Allah tidak akan pernah membiarkan hamba yang dicintainya kekurangan dalam hal harta ataupun lainnya. Allah yang akan mencukupkan semua kebutuhan hambanya.

6. Doa-doanya akan terkabul.

Diriwayatkan dari Jabir r.a, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya di waktu malam itu terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepada Allah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan memberikannya kepadanya. Waktu itu terdapat pada setiap malam." (HR. Muslim)

Pada saat sepertiga malam malaikat akan turun ke bumi dan memeriksa siapa yang berdoa, maka doanya akan disampaikan kepada Allah. Doa yang dipanjatkan pada waktu-waktu mustajabah akan terkabul.

Salah satu waktu yang mustajabah untuk berdoa yaitu ketika sepertiga malam. Maka dari itu seorang muslim yang melaksanakan sholat tahajud, doa-doanya akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

7. Derajatnya akan diangkat oleh Allah.

Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang melaksanakan sholat tahajud dengan derajat yang mulia serta tempat yang terpuji.

8. Meringankan lamanya berdiri di hari kiamat.

Sholat tahajud akan meringankan lamanya seseorang berdiri di hari kiamat kelak. Hari kiamat merupakan hari akhir dari kehidupan di dunia. Semuanya akan mati dan hancur. Pada hari tersebut tidak ada yang mampu menolong diri seseorang kecuali pertolongan Allah serta amal baik yang telah diperbuat selama hidup di dunia. Maka sholat tahajud akan menolong seorang muslim dan meringankan apa yang dirasakan ketika pada hari kiamat.