Brilio.net - Sholat merupakan kebutuhan umat Islam, sebagai wujud komunikasi antara hamba dengan Tuhannya. Selain sholat fardhu lima waktu, banyak macam ibadah sholat sunah, misalnya sholat tahajud.

Sholat tahajud dalam bahasa Arab disebut sholatun lail yang berarti sholat malam. Yaitu dikerjakan setelah sholat isya hingga menjelang subuh.

Waktu terbaik sholat tahajud

Nah, waktu terbaik sholat tahajud yaitu sepertiga malam terakhir sekitar pukul 01.00 hingga sebelum subuh. Jumlah rakaat dalam sholat tahajud ini minimal 2 rakaat dan paling banyak tidak ada batasan rakaat.

Setelah sholat tahajud ditutup dengan sholat witir 3 rakaat. Doa orang yang sholat tahajud dipercaya dapat diijabah oleh Allah SWT.

Firman Allah mengenai anjuran untuk menjalankan sholat tahajud terdapat pada Alquran surat Al-Isra ayat 79.

"Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS Al-Isra 79)

Setelah selesai melakukan sholat tahajud, lebih baiknya membaca dzikir dan doa setelah sholat tahajud. Seperti apa doanya?

Doa setelah sholat tahajud.

Doa setelah sholat tahajud © 2020 freepik.com

"Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa'atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. Antal muqaddimu, wa antal mu'akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah."

Yang artinya:
"Ya Allah. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji Mu lah yang benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, perkataan Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

Ya Allah! Hanya kepadaMu aku berserah diri, hanya kepadaMu aku beriman, hanya kepadaMu aku bertawakkal hanya kepadaMu aku kembali, hanya denganMu kuhadapi musuhku, dan hanya kepadaMu aku berhukum. Oleh Sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah"

(Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Muslim, Abu Daud dan al-Tirmidzi)

Manfaat sholat tahajud.

Doa setelah sholat tahajud © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis, "Sholat terbaik setelah sholat wajib adalah sholat malam."

Banyak keistimewaan yang didapat setiap muslim apabila mau mengamalkan sholat tahajud. Berikut manfaat dari sholat tahajud:

1. Doa dikabulkan Allah.
Manfaat sholat tahajud yang pertama yaitu dikabulkannya doa-doa oleh Allah SWT. Apalagi bila seseorang melaksanakannya pada waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir.

2. Penghapus dan pencegah dosa.
Selain mendekatkan diri kepada Allah, sholat tahajud juga menghapus dosa yang pernah diperbuat, menolak penyakit, serta pencegah dari dosa. Setiap malamnya selalu mengingat Allah, sehingga selalu terawasi dan mencegah berbuat dosa kembali.

3. Amalan yang akan membantu di akhirat.
Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal dari Allah SWT.

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah." (QS Az Zariyat: 15-18).

4. Jembatan untuk masuk surga.
Manfaat selanjutnya adalah menjadikan sebuah jembatan untuk masuk ke surga. Rasulullah SAW mengatakan kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud. "Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR Ibnu Majah).

5. Menjaga kesehatan rohani.
Mengerjakan sholat tahajud secara rutin dapat menjaga kesehatan rohani. Hal ini sudah jelas ditegaskan oleh Allah SWT dengan mengatakan bahwa orang yang selalu sholat tahajud akan selalu mempunyai sifat yang rendah hati dan ramah dan refleksi ketenangan jiwa di dalam kehidupan sehari-hari.

6. Meningkatkan derajat.
Setiap muslim yang gemar menjalankan sholat tahajud, maka Allah akan mengangkat derajatnya. Sebagaimana Allah berfirman, "Dan pada sebagian malam, dirikanlah sholat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al-Isra:79)