Brilio.net - Bulan suci Ramadan menjadi momen yang ditunggu oleh umat muslim. Menjalankan ibadah puasa selama 30 hari tentu jadi hal yang dirindukan bagi pemeluk agama Islam. Bulan suci Ramadan juga menjadi momen penting untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Limpahan berkah dan pahala yang bisa di dapatkan selama bulan Ramadan akan sayang jika dilewatkan.

Selama menjalani bulan suci Ramadan, sebaiknya kamu terus semangat dalam mencari pahala. Apalagi ada banyak amalan ibadah yang bisa kamu lakukan. Mulai dari ibadah wajib hingga sunnah akan menjadi ladang pahala berlimpah yang bisa kamu dapatkan. Selain menahan rasa lapar dan haus, ibadah puasa akan semakin lengkap dengan menjalankan ibadah sholat tarawih.

Sholat tarawih adalah ibadah sholat sunnah yang dikerjakan setelah menjalankan sholat Isya selama bulan Ramadan. Sholat yang pada umumnya dikerjakan secara berjamaah di masjid ini hanya kita rasakan selama bulan suci Ramadan saja. Maka akan sayang jika kamu melewatkan ibadah ini. Namun, jika ada situasi tidak memungkinkan untuk melakukan sholat tarawih berjamaah, kamu bisa melakukannya di rumah.

Sebelumnya, kamu perlu memahami terlebih dahulu bagaimana ketentuan pelaksanaan sholat tarawih di rumah, baik dari niat, keutamaan, hingga tata caranya.

Nah, maka dari itu pahami bagaimana tata cara sholat tarawih agar ibadahmu semakin berkah. Berikut ulasan tentang sholat tarawih seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (15/4).

Loading...
2 dari 5 halaman



Keutamaan sholat tarawih.

foto: unsplash.com

Sholat tarawih adalah ibadah sunnah yang hukumnya sunnah muakkad. Biasanya sholat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid atau di mushola.

Dalam pelaksanaan sholat tarawih, tidak hanya menjalankan sholat, namun ada momen tausyiah yang bisa kamu ikuti untuk menimba ilmu dan pahala. Sholat tarawih memiliki keutamaan dalam menjalankannya. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." Dalam hadits ini diberitahukan bahwa sholat tarawih atau qiyam Ramadan yang dilakukan karena niat dan iman dalam mencari pahala dapat diampuni dosa yang ada.

Yang dimaksud dosa yang diampuni dalam hadits ini adalah dosa besar maupun dosa kecil.



Sholat tarawih berjamaah seperti sholat semalam penuh.
Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda:

"Siapa yang sholat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh."

Hal ini berarti umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan sholat tarawih secara berjamaah.

Sholat tarawih biasanya dilakukan sebanyak 11 rakaat, terdiri atas 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.
Setelah melakukan 8 rakaat sholat tarawih, maka kamu dapat melakukan sholat witir 3 rakaat. Sholat witir dapat dilakukan langsung 3 rakaat dengan sekali salam atau 2 rakaat lalu salam dilanjutkan dengan 1 rakaat lagi.

Meski begitu, ada juga yang melakukan sholat tarawih dengan 4 rakaat sekali salam. Dalil untuk jumlah rakaat ini berasal dari perkataan Aisyah radhiyallahu 'anha.

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan sholat 4 rakaat, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya. Kemudian beliau melaksanakan sholat 4 rakaat lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya."

Pernyataan tersebut memiliki kemungkinan 4 rakaat dilakukan sekaligus dengan 1 salam atau bisa juga 4 rakaat yang dilaksanakan dengan 2 rakaat sebanyak 2 kali. Meski begitu, menurut Imam Syafii, penafsiran pertama termasuk zhahir atau umum.

3 dari 5 halaman


Niat sholat tarawih berjamaah.

foto: unsplash.com



Sholat tarawih menjadi ibadah penting yang sayang jika kamu lewatkan dalam bulan Ramadan. Melaksanakan sholat ini juga bisa meningkatkan rasa syukur dengan apa yang sudah kamu terima selama ini.

Menjalani ibadah tarawih juga bisa membuat diri semakin dekat dengan sang khalik. Seperti yang kamu tahu, ibadah sholat tarawih dilakukan secara berjamaah. Maka kamu bisa membaca niat ketika menjalankan sholat tarawih berjamaah sebelum memulai ibadah. Berikut bacaan niat sholat tarawih berjamaah.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALAA.

Artinya:
"Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala."


Niat sholat tarawih sebagai imam.
Menjadi seorang imam, maka kamu menjadi pemimpin dalam jamaahmu. Maka ketika kamu diminta menjadi imam dalam menjalankan sholat tarawih, kamu bisa membaca niat sebagai berikut.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'ALAA.

Artinya:
"Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala."


Niat sholat tarawih sendiri.
Ketika kamu harus menjalankan ibadah sholat tarawih sendiri, maka niat yang kamu bacakan akan berbeda ketika berjamaah. Berikut niat sholat tarawih sendiri yang bisa kamu lakukan.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA.

Artinya:
Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

Bacalah niat sholat tarawih di atas dalam hati bersamaan dengan takbir pertama yang menandai dimulainya ibadah sholat.


Niat sholat tarawih 4 rakaat.
Sebagian orang melakukan sholat tarawih sebanyak 4 rakaat dengan 1 kali salam. Dalil untuk jumlah rakaat ini berasal dari perkataan Aisyah radhiyallahu 'anha.

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan sholat 4 rakaat, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya. Kemudian beliau melaksanakan sholat 4 rakaat lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya."

Pernyataan ini memiliki kemungkinan 4 rakaat dilakukan sekaligus dengan 1 salam atau bisa juga 4 rakaat yang dilaksanakan dengan 2 rakaat sebanyak 2 kali.

Menurut Imam Syafii, penafsiran pertama termasuk zhahir (umum), tetapi Rasulullah SAW sudah memberikan pernyataan langsung mengenai sholat malam.

"Sholat malam adalah dua rakaat dua rakaat."

Karena sholat tarawih termasuk ibadah sholat malam yang diperkuat dengan hadits qauliy (perkataan Nabi), maka penafsiran sholat tarawih 4 rakaat yang dikerjakan 2 rakaat 2 rakaat lebih kuat dasar hukumnya.

Meski begitu, jika ada pihak yang menganggap sholat tarawih 4 rakaat dengan 1 kali salam sah sebenarnya tidak perlu dijadikan perdebatan. Ibadah akan kembali pada keimanan masing-masing individu.

4 dari 5 halaman



Niat sholat tarawih dan witir.

foto: freepik.com



Sholat tarawih juga didampingi dengan pelaksanaan sholat witir. Pada umunya sholat tarawih dikerjakan antara lain 11 rakaat dengan witir dan 23 rakaat dengan witir. Masing-masing dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Karena itu niatnya tetap sholat tarawih 2 rakaat. sholat tarawih idealnya ditutup dengan sholat witir yang jumlah rakaatnya ganjil. Niat sholat witir bervariasi, umumnya 1 rakaat atau 3 rakaat.


Niat sholat witir 1 rakaat salam.
Untuk kamu yang ingin mengerjakan sholat witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat sholat yang bisa dilafalkan.

Ushallii sunnatal witri rok 'atan mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman / imaman) lillaahi ta'alaa.

Artinya:
"Saya niat sholat witir satu rakaat menghadap qiblat menjadi (ma'muman / imaman) karena Allah ta'alaa."


Niat sholat witir 3 rakaat 1 kali salam.
Berikut ini bacaan niat sholat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam.

Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman/imaman) lillaahi ta'alaa.

Artinya:
"Saya berniat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat menjadi (ma'muman/imaman) karena Allah ta'alaa".

5 dari 5 halaman


Tata cara sholat tarawih sendiri di rumah.

foto: istimewa



Untuk kamu yang tidak memiliki halangan, bisa menjalankan sholat tarawih secara berjamaah di masjid atau mushola seperti biasa. Namun ketika harus melakukannya di rumah, kamu bisa mengikuti tata cara sholat tarawih secara sendiri sebagai berikut.
1. Mengucap niat sholat tarawih.
2. Niat di dalam hati saat takbiratul ihram.
3. Mengucap takbir saat takbiratul ihram sambil niat di dalam hati.
4. Membaca ta'awuz dan surah Al-Fatihah, kemudian diikuti salah satu surah dalam Alquran.
5. Rukuk.
6. I'tidal.
7. Sujud pertama.
8. Duduk di antara dua sujud.
9. Bangkit dari duduk, kemudian mengerjakan rakaat yang kedua dengan gerakan yang sama.
10. Salam pada rakaat kedua.
11. Istighfar.

Setelah selesai menjalankan sholat tarawih, maka silahkan melanjutkan sholat witir 3 rakaat yang diikuti 1 salam. Berikut ini lafal bacaan niat sholat witir.

Ushalli sunnatal witri tsalaasa roka'aatain mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala

Artinya:
"Aku niat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."