Brilio.net - Indonesia yang kaya akan adat dan budaya memang sudah nggak diragukan lagi. Salah satunya ketika Ramadan tiba, negara kita ini punya kebiasaan-kebiasaan atau tradisi yang unik yang membuat suasana bulan suci ini jadi berbeda dari bulan-bulan biasanya.

Nah kali ini, Senin (13/6) brilio.net udah ngumpulin beberapa kebiasaaan unik orang Indonesia saat bulan Ramadan tiba. Sambil nunggu waktu buka dari pada penasaran seperti apa aja sih? Check them out ya…

1. Ngabuburit.

pureit_kebiasaan puasa © 2016 brilio.net

Foto: Binsar Bakkara/AP/buzzfeed

Yup, ngabuburit atau melakukan berbagai aktivitas selagi menunggu waktu berbuka sudah seperti ritual wajib bagi umat Islam di Indonesia. Ngabuburit bisa meliputi kegiatan relijius seperti mengaji baik sendiri atau berkelompok di masjid, nongkrong bersama teman-teman dan masih banyak lagi. Kegiatan ini sepertinya sudah jadi kebiasaan yang nggak bisa dilepaskan oleh orang Indonesia.

2. Berburu takjil berbuka.

pureit_kebiasaan puasa © 2016 brilio.net

Foto: actual.com

Nah kebiasaan ini memang nggak bisa dilepaskan dari Ramadan di Indonesia. Stan-stan penjaja takjil biasanya ada di mana-mana atau menjamur selama bulan Ramadan. Biasanya para pemburu takjil akan berburu jajanan di pasar takjil atau kadang berburu takjil dari sejumlah komunitas yang sedang bagi-bagi takjil gratis. Eits tapi ingat ya, jangan sampai kamu berlebihan kalau ngambil takjilnya gratisnya!

3. Membangunkan orang sahur.

pureit_kebiasaan puasa © 2016 brilio.net

Foto: mazgasphoto

Kegiatan membangunkan orang sahur ini sudah berlangsung turun termurun dan kini kayaknya sudah jadi tradisi ya. Biasanya sekelompok warga akan membangunkan warga lainnya untuk sahur. Mereka akan berkeliling dengan membawa alat pukul dan berteriak mengucapkan kata-kata misalnya, "Sahur... sahur…" dengan nada yang lantang~

4. Kolak jadi menu wajib buat berbuka.

pureit_kebiasaan puasa © 2016 brilio.net

Foto: resepkoki.co

Kolak memang tetap jadi juaranya makanan khas ala Ramadan. Makanan ini pasti akan kamu jumpai di hampir setiap tempat. Mulai dari pinggir jalan hingga tempat makan restoran berbintang sekalipun. Karena memang sangat populer makanan ini pun mengalami variasi yang cukup beragam seperti kolak biji salak, kolak candil, kolak singkong, kolak sagu mutiara, dan kolak pisang.

5. Buka bersama.

pureit_kebiasaan puasa © 2016 brilio.net

Foto: laraspost

Buka bersama atau yang biasa disingkat bukber oleh orang Indonesia juga nggak bisa lepas dari tradisi berpuasa di bulan Ramadan ini. Mendadak jadwal kita bakal penuh sama agenda buka puasa bersama. Ada buka bersama teman-teman kantor, teman zaman kuliah, bahkan hingga teman-teman SD pun ngadain buka bersama. Buka bersama bukan cuman jadi ajang makan bersama, tapi juga jadi tempat untuk bersilaturrahmi dan reuni bareng teman, kurang unik apa coba orang Indonesia?

Nah buat kamu yang belum punya jadwal buka puasa sendiri, daripada bengong kenapa nggak coba undang teman-teman kamu buat buka puasa di rumah kamu? Selain bisa mempererat hubungan silaturahmi kalian, kamu juga bisa berbagi kebaikan dengan orang lain.

Salah satu persiapan buka bersama yang harus kamu pastikan aman adalah ketersediaan air minum. Biar nggak repot karena harus beli banyak air galon atau merebus air sendiri, kamu kini bisa memanfaatkan teknologi pengubah air kran menjadi air siap minum yang telah teruji klinis, yaitu Pureit. Selain simple, kamu juga hemat karena Pureit tidak perlu listrik. Harganya pun terjangkau. Apalagi bulan Ramadan ini Pureit lagi ada promo DP Rp 65.000 lantas kamu tinggal bayar angsuran per bulan.

Biar lebih yakin, tonton deh video berikut.