Brilio.net - Kekayaan kuliner Indonesia memang nggak ada duanya. Selain masakannya yang kaya akan rempah-rempah, ternyata Indonesia juga memiliki berbagai minuman khas yang unik. Bahkan tiap daerah di negeri ini hampir semuanya memiliki minuman khas yang tidak dapat dijumpai di tempat lain apalagi di luar negeri.

Nah, bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa bisa coba 10 minuman asli Indonesia untuk menu buka puasamu sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (12/6):

1. Sekoteng

foto :wikipedia.org

Sekoteng, minuman yang terdiri dari pacar cina dan potongan roti ini berasal dari Jawa Tengah. Rasanya unik dengan kuah jahe sangat cocok untuk mengembalikan energimu seketika setelah puasa seharian.

2. Minuman Lahang

foto : wikipedia.org

Lahang adalah sebutan untuk bir yang diperoleh dari pohon aren. Minuman ini memiliki rasa manis dan segar tersendiri. Kamu wajib coba ya...

3. Es Selendang Mayang

foto : monster-bego.blogspot.co.id

Es Selendang Mayang adalah minuman asli Betawi. Coba yuk, rasanya yummy.

4. Es Oyen

foto : wikipedia.org

Berasal dari Bandung, Jawa Barat, minuman satu ini pun menjadi salah satu yang digemari masyarakat. Campuran berbagai buah, susu dan sirup bisa jadi pilihan menu bukamu.

5. Limun Sarsaparilla

foto : wikipedia.org

Kamu yang asli Yogyakarta tentu nggak asing dong dengan keberadaan limun sarsaparilla. Ini tuh kayak cola khas Indonesia. Nggak usah ngaku kekinian ya kalau belum nyobain minuman satu ini.

Enak banget ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

6. Wedang Coro

foto : www.cookpad.com

Cuma di Indonesia minuman yang kaya rempah-rempah seperti wedang coro. Kamu bisa coba bikin sendiri lho minuman yang terbuat dari santan, gula merah, serai, jahe, cengkeh, lengkuas, pandan dan kayu manis ini.

7. Wedang Rempah Secang

foto :www.cookpad.com

Minuman dari kapulaga, kayu secang, bunga lawang, gula batu, jahe dan garam ini bisa kamu nikmatin dalam kondisi hangat maupun dingin. Wah segar!

8. Wedang Kembang Tahu

foto : www.cookpad.com

Cobain yuk wedang kembang tahu asli Indonesia ini buat menu biasamu jadi nggak biasa aja. Lezat dan sehat.

9. Es Doger

foto :www.cookpad.com

Nah, ini minuman yang bisa kamu temui diberbagai daerah di Indonesia. Dulunya es doger itu hanya campuran kelapa muda dengan kuah santan dan gula merah. Namun kini variasi es doger semakin banyak bisa dengan tape, ubi atau singkong tergantung selera deh.

10. Es Beras Kencur

foto :www.cookpad.com

Menghilangkan dahaga selama berpuasa seharian bisa dengan es beras kencur ini. Rasanya yang unik dan sehat tentu tidak boleh kamu lewatkan guys. Selamat mencoba ya, eits nyobanya pas buka puasa aja.