Brilio.net - Tren gaya hidup hemat atau istilah kerennya disebut frugal living jadi topik yang ramai dibicarakan belakangan ini. Konsep hidup hemat ini dinilai jadi cara yang tepat dalam mengelola keuangan, di tengah semakin mahalnya berbagai kebutuhan. Pasalnya, frugal living menekankan pentingnya mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan sesaat.

Boomingnya tren frugal living di media sosial, membuat banyak orang akhirnya membagikan gaya hidup hemat versi mereka disertai pencapaiannya. Namun demikian, tak semua kisah mengenai frugal living mendapatkan apresiasi baik dari warganet. Seperti yang dirasakan @chintyamelsan, ibu muda yang pertama kali mempopulerkan tren hidup hemat ini.

Brilio.net melansir unggahannya pada Jumat (4/8), ibu muda ini menuturkan jika sempat jadi hujatan banyak orang karena pencapaiannya yang bisa membeli mobil di usia 25 tahun dan berhasil mengajak keluarganya ke luar negeri. Banyak yang tak percaya jika pencapaian tercapai karena ia menerapkan frugal living dalam kehidupannya.

frugal living beli mobil tapi dihujat © TikTok

foto: TikTok/@chintyamelsan

"Dulu dihujat gara-gara 25 tahun bisa punya penghasilan Rp 30-35 juta sebulan, dan cuma keluarin Rp 5 juta sebulan. Bisa punya mobil di usia muda 25 tahun dan bisa pergi ke luar negeri sekeluarga. Banyak yang nggak percaya kalau itu hasil kerja keras dan tabungan sendiri," tuturnya.

Wanita bernama Chintya Melsan ini mengisahkan awal mula menerapkan frugal living dalam kehidupan rumah tangganya bukan dari kehidupan yang serba ada. Bukan dari keluarga kaya, ia harus bekerja keras untuk bisa mewujudkan impiannya. Sejak gaji kecil, waktu itu di bawah UMR yakni 3,5 juta, ia sudah menerapkan hidup hemat frugal living.

"Gaji 3,5 juta awal nerapin konsep frugal living. Dulu aku nadzar sama alm mama kalau aku akan kasih gaji pertamaku untuk mama. Dan saat itu aku belum full jadi gaji pertamaku masih 3,5 juta," tuturnya.