Brilio.net - Kamu pernah merasa nggak sih, uang gajian atau transferan dari orang tua lewat begitu saja tanpa ada sisa? Jika kamu mengalami hal itu, mungkin sudah saatnya kamu menerapkan gaya hidup bernama frugal living.

Frugal living merupakan sebuah konsep dengan cara menekankan kesadaran alias mindfulness saat mengeluarkan uang. Singkat kata, yakni gaya hidup hemat dengan tujuan mengelola keuangan dengan bijak dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Berbeda dengan pelit, frugal living benar-benar memprioritaskan pengeluarga yang benar-benar penting. Sehingga kamu bisa menghemat uang untuk masa depan. Konsep inilah yang kemudian dianut oleh wanita sekaligus ibu rumah tangga yang satu ini.

Brilio.net menyadur dari akun @chintyamelsan, seorang ibu muda menerapkan frugal living atau hidup hemat di kehidupan rumah tangganya. Dia benar-benar membatasi pengeluaran uang ke hal yang tidak perlu.

frugal living hidup hemat © TikTok

foto: TikTok/@chintyaamelia

"Kalo ga rasain frugal living aku ga akan tau hidup cuma 5jt sebulan," tulisnya di kolom caption, dikutip dari @chintyamelsan.

Beberapa pengeluaran pokok di antaranya belanja kebutuhan sehari-hari dengan pos dana sekitar Rp 200-250 ribu perbulan. Ibu satu anak ini tidak belanja setiap bulan, melainkan 3 bulan, sehingga totalnya sekitar Rp 600 ribu.